Unity adalah kunci penuaian besar-besaran

0
24

“Sungguh, Tuhan Allah tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.” (Amos 3:7)

Segala sesuatu yang terjadi di sepanjang perjalanan gereja kita, tidak tiba-tiba datangnya, melainkan pasti Tuhan sudah memberitahu sebelumnya. Memasuki tahun 2012 Tuhan berbicara, “Tahun 2012 adalah tahun perkenanan Tuhan. Multiplikasi dan promosi terjadi karena perkenanan Tuhan. Mujizat masih ada!”

Untuk mengalami perkenanan Tuhan, kita harus hidup berkenan di hadapan Tuhan. Kalau kita hidup berkenan di hadapan Tuhan, maka kita akan mengalami apa yang disebutkan dalam 1 Korintus 2:9“… Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” … yaitu mereka yang hidupnya berkenan di hadapan Tuhan.

  1. Tanda-tanda akhir jaman

#1 Pencurahan Roh Kudus secara luar biasa

Hari-hari ini Roh Kudus dicurahkan secara luar biasa. Kemuliaan Tuhan akan turun secara luar biasa, seperti Yoel 2:28-32:

  • 3 generasi akan dipakai Tuhan secara luar biasa

Anak-anak, pemuda dan orang tua, yaitu 3 generasi akan dipakai Tuhan secara luar biasa.

  • Terjadinya goncangan-goncangan

Kita lihat bahwa goncangan-goncangan memang sudah mulai terjadi. Itu belum apa-apanya, namun percayalah kita semua akan dilindungi Tuhan!

  • Penuaian jiwa besar-besaran

Akan banyak orang yang berseru kepada Nama Tuhan dan mereka yang berseru kepada Nama Tuhan, mereka akan diselamatkan dan penuaian jiwa besar-besaran terjadi!

#2 Penuaian jiwa besar-besaran

Leslie Kieghl menubuatkan bahwa World Prayer Assembly yang baru saja terjadi di Indonesia pada tanggal 14-18 Mei 2012 merupakan tanda pendahuluan dimulainya revival global yang akan melanda seluruh dunia oleh karena Roh Kudus. Dan kuncinya adalah: UNITY!

Dalam Yohanes 17, Tuhan Yesus berdoa, “Bapa, Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka (yaitu kita semua) menjadi satu (unity), sama seperti Kita adalah satu. Aku di dalam mereka dan Engkau di dalam Aku supaya mereka sempurna menjadi satu, agar dunia tahu (dunia akan percaya), bahwa Engkau yang telah mengutus Aku (sebagai Tuhan dan Juruselamat dunia ini)…”

Saya selalu menerjemahkan hal ini sebagai: “setiap lutut bertelut dan setiap lidah mengaku Yesus adalah Tuhan!” Setiap kali saya memperkatakan ini hati saya bergetar. Apakah ketika mendengar tentang penuaian jiwa beribu-ribu laksa Saudara juga merasakan hal yang sama? Amin!

Kuncinya adalah UNITY! Jadi ke depan ini saya percaya Tuhan akan banyak berbicara kepada kita tentang unity. Dan Tuhan berkata, “Segala sesuatu Aku akan lihat dari kata Unity ini!”

Arti unity ini ada banyak, antara lain:

  • kebersamaan,
  • kepedulian,
  • gereja yang ramah terhadap lingkungan,
  • dan masih banyak lagi aspek lainnya.

Semuanya berbicara tentang unity, ke depan ini aspek-aspeknya akan terus dibukakan satu-persatu nanti. Intinya yang Tuhan mau untuk kita lakukan ke depan ini adalah UNITY! Termasuk keluarga juga harus unity!

Tuhan Yesus berkata, “… Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di sorga.” (Matius 18:19).

Kita bisa lihat di sini, bagaimana peneguhan Tuhan akan The Power of Unity! Haleluya!

Mari kita mulai penuaian jiwa beribu-ribu laksa dari keluarga. Paling tidak suami-istri bergandengan-tangan, “Ayo kita sepakat minta penuaian jiwa beribu-ribu laksa … penuaian jiwa 1 milyar jiwa terjadi!” Saya percaya sesuai dengan janji Tuhan, kalau ada 2 orang saja di dunia ini sepakat meminta apapun juga, Tuhan akan kabulkan. Amin!

  1. Menjadi saksi Yesus

Pesan terakhir Tuhan Yesus sebelum Dia naik ke sorga adalah Kisah Para Rasul 1:8“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Pesan ini ditujukan kepada murid-murid Tuhan Yesus. Kalau Saudara adalah murid, artinya pesan itu juga buat kita semua. Kita semua diminta untuk menjadi saksi Yesus. Amin!

Ciri-ciri saksi Yesus adalah:

#1 Unity

Sebelum Roh Kudus dicurahkan mereka sudah unity. Di kamar loteng semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama; bukan sendiri-sendiri! Hal ini sudah saya sampaikan kepada gereja-gereja dan denominasi-denominasi. Saya ajak mereka, “Mari kita semua saat ini bergandengan-tangan dalam doa, pujian dan penyembahan bersama-sama.” Inilah yang disebut dengan menara doa. Inilah yang juga disebut dengan Restorasi Pondok Daud. Ini juga yang sering kita katakan dengan hidup intim dengan Tuhan!

#2 Berbahasa roh

Pada waktu Roh Kudus dicurahkan, mereka mulai berkata-kata dalam bahasa seperti yang diberikan oleh Roh Kudus untuk mengatakannya. Sebutan ‘mereka’ menggambarkan adanya unity selalu di antara mereka.

Bagi Saudara yang belum berbahasa roh, saya selalu berdoa, “Tuhan berikan kepada anak-anak-Mu kerinduan untuk mengerti akan hal ini”. Mari mintalah kepada Tuhan dan kalau Saudara meminta dengan satu kerinduan, saya percaya Saudara pasti akan diberikan bahasa itu.

Ada seorang ahli otak dari Oral Roberts University yang bernama Clark Peterson yang me-riset otak manusia yang berbahasa roh. Dia menemukan bahwa pada waktu kita berbahasa roh, maka ada bagian dari otak kita yang mengeluarkan bahan kimia yang disebut Hormon Endorfin. Hormon inilah yang ditembakkan ke sistem imunitas tubuh, sehingga imunitas tubuh meningkat hingga 35-40%. Luar biasa! Jadi semakin sering kita berbahasa roh, maka imunitas tubuh itu makin meningkat. Apakah Saudara mau sehat? Mari berbahasa roh!

Yang menarik adalah: bagian otak yang menembakkan hormon Endorfin itu dipicu oleh bagian otak yang lain yang tidak jelas fungsinya. Jadi bagian otak yang memicu kepada bagian otak yang mengeluarkan hormon tersebut hanya berfungsi kalau orang itu berbahasa roh!

#3 Bertekun dalam pengajaran Rasul-Rasul

Setelah Roh Kudus dicurahkan, mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Saya berdoa agar Saudara semua yang ada di sini sebagai saksi Yesus memiliki hati yang lapar dan haus akan kebenaran Firman Tuhan.

“(Berbahagialah orang) … yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.” (Mazmur 1:2-3)

Bayangkan, bahwa apa saja yang diperbuatnya pasti berhasil. Apakah Saudara pernah memikirkan hal itu? Apa saja itu bukan sebagian, bukan sebagian kecil atau sebagian besar, namun apa saja, itu berarti semua yang diperbuatnya pasti berhasil!Amin!

Di tengah-tengah goncangan dan per-saingan yang ketat seperti sekarang ini apa yang harus kita lakukan?

Janji Tuhan berkata bahwa apa saja yang kita perbuat pasti berhasil, tetapi itu adalah bagi mereka yang kesukaannya Firman Tuhan dan yang merenungkannya siang dan malam.

Apa yang harus kita lakukan untuk berhasil?

  • Berdoa bagi kesejahteraan kota

Yeremia 29:7“Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang (tinggal), dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.”

Unity itu berbicara tentang kepedulian, karena itu hari-hari ini ada proyek yang disebut dengan MY HOME; di mana my home adalah lingkungan tempat kita tinggal dan bekerja. Mari doakan lingkungan kita!

  • Mengucap syukur dalam segala situasi

1 Tesalonika 5:18“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

Hari-hari ini, apa pun keadaan kita, enak atau tidak enak biarlah kita tetap mengucap syukur saja. Apakah Saudara difitnah yang jahat, dikata-katai atau digosipkan, biarlah Saudara tetap mengucap syukur. Tidak usah memaki-maki atau membalasnya.

Kadang-kadang fitnahan atau gosip itu sebenarnya adalah promosi! Apakah Saudara berpikir bahwa dipromosi hanya dari hal-hal yang baik? Tentu tidak! Promosi kadang-kadang bisa juga dari hal buruk tersebut. Asalkan kita benar di hadapan Tuhan, maka gosip tersebut akan menjadi promosi! Dan yang Tuhan mau kita lakukan adalah mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi Saudara dan bagi saya. Amin!

#4 Berkumpul memecahkan roti dan berdoa

Dikatakan bahwa mereka selalu berkumpul memecahkan roti dan berdoa. Berkumpul di sini adalah:

  1. Dengan bertekun dan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Ini adalah tentangIbadah Raya kita setiap hari Minggu.
  2. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati sambil memuji Allah. Ini berbicara tentang COOL.

Saudara, jangan menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan. Ada orang yang berkata, “Buat apa setiap Minggu harus pergi ke Gereja. Pokoknya saya percaya Tuhan, saya menonton khotbah di TV, beres!” Itu tidak benar!

Firman Tuhan berkata, “Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.” (Ibrani 10:25).

Pertemuan kita setiap hari Minggu seperti ini sangat penting! Pentingnya di mana? UNITY!

Di mana bisa saling menasehati, tetapi kalau Saudara mau lebih kenal lagi atau lebih dekat lagi, maka Saudara harus bergabung di COOL.

Karena itu jangan ada lagi yang berpikir dan berkata seperti tadi. Tetapi kalau masih ada yang seperti itu, Saudara harus menasihatinya dan beritahu bahwa itu salah karena tidak ada unsur unity-nya. Sedangkan yang Tuhan mau adalah kita unity. Amin!

#5 Berbagi berkat dengan sesama

Dikatakan bahwa semua yang telah menjadi percaya tetap bersatu dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama.Ada yang bertanya, “Apakah setelah menjadi orang Kristen dan masuk di COOL, semua barang saya harus dijual dan dibagi-bagi?”

Kalau begini yang paling senang adalah yang tidak punya uang, sedangkan yang punya uang pasti tidak mau. Yang dimaksudkan di sini bukan seperti itu, melainkan hendaknya karena ada unity, kita tidak bisa melihat dan membiarkan kalau ada seorang Saudara yang hidupnya dalam kekurangan. Sehingga ada, (bukan semua) yang menjual tanah, rumah, dan lain-lain, untuk dibagi-bagikan kepada yang berkekurangan. Itulah yang kita pegang! Dan saya melihat jemaat di tempat ini sudah melakukan hal yang seperti itu.

#6 Rasul-rasul melakukan mujizat dan tanda-tanda

Karena unity maka rasul-rasul (bukan hanya 1 rasul) melakukan mujizat dan tanda-tanda (signs dan wonders).

III. Kesaksian dan nubuatan

#1 Council of Eighteen

Saya baru pulang dari Amerika Serikat untuk mengikuti General Assembly dari Gereja partner kita, Church of God yang sudah 126 tahun berdirinya, dan saat ini sudah eksis di 174 negara. Puji Tuhan saya mewakili kita semua untuk dipilih menjadi anggota Council of Eighteen. Sekali lagi: saya mewakili Saudara, karena tidak mungkin saya sendiri ke sana dan dipilih tanpa Saudara.

Pemilihan dilakukan dengan voting oleh lebih dari 2000 orang yang disebut Ordained Bishop yaitu para pendeta penuh di sana yang memilih, jadi bukan hanya ditunjuk. Council of Eighteen atau Penasehat 18 terdiri dari 18 orang yang bersama-sama dengan 5 orang Executive Committee (seperti Badan Pekerja Harian) akan berkumpul bersama 3 kali setahun yang disebut dengan International Executive Council untuk memutuskan serta mengarahkan kebijaksanaan dari Church of God di seluruh dunia.

Ini semua terjadi oleh perkenanan Tuhan, sebab beberapa orang datang kepada saya dan mengajukan pertanyaan, “Apakah kira-kira Anda bersedia dipilih?” Saya hanya menjawab, “Sudahlah jangan. Saya ini sudah banyak di jaringan-jaringan. Saya juga ada di Global Cabinet Empowered-21 sebagai Co-Chair bersama Ps. Lawrence Khong untuk Asia. Sudah terlalu banyak karena Tuhan membukakan jalan ke bangsa-bangsa begitu banyak. Sudahlah …” Tetapi kalau Saudara melihat cara pemilihannya, itu benar-benar Tuhan yang pilih!

Delapan tahun yang lalu mereka sudah menginginkan saya untuk berada di sana. Mereka sebutkan Gereja kita sebagai “The Largest Church of God in The World!”

Bagaimana caranya? Saya dipersiapkan untuk berkhotbah keliling di Amerika menjelang sidang pemilihan. Saya hanya berpikir, “Wah, gimana ya ini?” sebab saya sendiri sebenarnya tidak terlalu tertarik dengan hal-hal tersebut. Tetapi karena mereka yang meminta akhirnya saya menyetujuinya. Tetapi apa yang terjadi?

Tiba-tiba Ibu Hermin sakit pada matanya karena kena virus, dan harus masuk Rumah Sakit di Perth waktu itu, lalu saya harus menjaganya selama di Rumah Sakit, sehingga saya terhalang untuk memenuhi rencana tersebut. Sejak saat itu saya berkata, “Ini jelas bahwa Tuhan yang tidak menghendaki saya ada di sana.” Tetapi rupanya mereka tetap berdoa dan memang harus tunggu waktu-Nya Tuhan.

Tahun 2012 ini adalah tahun perkenanan Tuhan. Multiplikasi dan promosi terjadi karena perkenanan Tuhan. Mujizat masih ada! Akhirnya saya terpilih sebagai satu-satunya orang Asia yang duduk di Council of Eighteen. Ini memang perkenanan Tuhan untuk kita semua. Saya percaya apa yang Saudara inginkan, mungkin yang sudah lama Saudara doakan, tahun 2012 ini akan menjadi tahun perkenanan buat Saudara.

#2 Nubuatan I

Sehari sebelum pemilihan Council of Eighteen, saya mendapatkan 2 nubuatan ketika melayani di 2 session, yaitu World Mission dan tentang Doa di sana. Waktu itu suasananya begitu luar biasa di mana mereka menangkap Api yang dari sini. Saya lihat bahwa benar apa yang Tuhan janjikan! Pada saat sesi World Mission, setelah saya selesai mengurapi hamba-hamba Tuhan, tiba-tiba seorang hamba Tuhan yang memang terkenal peka mendatangi saya serta memeluk saya dan menangis. Kemudian dia memanggil Tommy Smith seraya berkata, “Tom, ingatkan Ps. Niko … ingatkan terus bahwa dia bukan hanya dibutuhkan di Indonesia. Bukan hanya dibutuhkan di GBI, bukan hanya dibutuhkan di World Mission Church of God, tetapi Church of God, Amerika memerlukan dia!” Saudara, saya tahu bahwa perkataan hamba Tuhan itu adalah satu nubuatan. Dan sekali lagi kalau saya berkata, “saya”, itu artinya kita semua, karena Saudara pun ikut berdoa terus untuk hal ini.

#3 Nubuatan II

Ada seorang wanita berkebangsaan Amerika-Latin yang bahasa Inggrisnya tidak terlalu fasih; mendatangi Tommy Smith untuk menyampaikan bahwa ada nubuatan buat saya. Di atas mimbar wanita itu menyampaikan, “Sebelum saya datang ke tempat ini saya transit di Chicago, yaitu di rumah anak saya. Di sana saya bermimpi dan melihat peta Indonesia. Lalu dia melihat ada ‘nuclear weapon’ yang belum pernah dipakai sebelumnya itu ditembakkan dari Indonesia ke Amerika dan ke bangsa-bangsa!”

Setelah itu dia hanya bertanya-tanya apa maksud mimpinya tersebut, tetapi begitu dia datang dan mengikuti acara ini serta melihat saya naik ke mimbar dan mulai berkhotbah; dia berkata, “Ini orangnya! Ini orangnya!”

Saya tahu bahwa ini adalah nubuatan yang sudah sejak lama Saudara dengar. Kita sudah dengar bahwa Indonesia bagi bangsa-bangsa! Indonesia bagi bangsa-bangsa! Dan saya tahu hari-hari ini saya membutuhkan doa-doa dari Saudara, sebab tanpa dukungan doa dari Saudara, saya bukanlah apa-apa.

  1. Healing Movement Ministry

Enam tahun yang lalu, tepatnya tanggal 8 Agustus 2006 di Bandung adalah pertama kalinya Gereja kita dipakai untuk pelayanan healing. Saya ingat bagaimana pada waktu itu saya tidak bisa khotbah. Dan itu adalah yang pertama kalinya seumur hidup saya mengalami tidak bisa berkhotbah. Ketika itu saya hanya bisa bersaksi tentang Bartimeus, mungkin hanya sekitar 3-5 menit. Tetapi mulai hari itu saya diperlihatkan oleh Tuhan kesembuhan seperti apa yang Tuhan Yesus lakukan! Yang buta melihat, yang lumpuh berjalan, yang tuli mendengar, kanker-tumor yang hilang seketika dan penyakit-penyakit lainnya.

Sampai saat ini, rangkaian crusade itu sudah berjalan selama 6 tahun, dengan jumlah KKR-nya adalah 201 kali. Dan saya diperlihatkan oleh Tuhan di mana ribuan orang sakit yang disembuhkan seketika oleh Tuhan. Yang buta melihat, yang lumpuh berjalan, yang tuli mendengar, kanker-tumor dan penyakit-penyakit lainnya, termasuk penyakit mental yang disembuhkan secara ajaib oleh Tuhan. Haleluya!

#1 Kesaksian KKR di Depok

Bulan Juni yang lalu saya KKR di kota Depok, yaitu di Depok Lama. Nama Depok sendiri adalah singkatan dari De Eerste Protestanste Organisatie Van Kristenen, yang artinya jemaat Kristen yang pertama di Indonesia, ada di kota Depok Lama dan Gereja kita pun ada di sana. Orang Depok Lama itu terdiri dari 12 suku dan pada waktu itu mereka mengadakan KKR bersama-sama dengan kita untuk merayakan ulang tahun yang ke 298. Dan nanti pada ulang tahun yang ke-300 mereka berencana untuk mengadakan KKR kembali. Yang luar biasa pada waktu di Depok itu kita melakukan Healing Movement Crusade (HMC)ke 198!

Malam itu Tuhan menyembuhkan secara luar biasa dan ajaib. Banyak penyakit yang aneh-aneh disembuhkan di sana. Salah satunya ada sepasang suami-istri setengah baya yang naik ke atas panggung. Suaminya adalah anggota DPRD kota Depok dan ternyata istrinya tiba-tiba disembuhkan. Memang ada berbagai macam penyakit yang dideritanya, tetapi ada penyakit yang aneh, yaitu selama 2 tahun istrinya menderita penyakit “lupa suami!” Jadi istrinya itu tidak tahu siapa nama suaminya, bahkan tidak mengenal siapa suaminya itu. Dokter sendiri pusing bagaimana cara untuk menyembuhkan ibu tersebut. Tetapi tiba-tiba malam itu, Dokter di atas segala dokter, Nama-Nya Tuhan Yesus Kristus menyembuhkannya! Seketika itu juga istrinya ingat akan nama suaminya dan mengenal bahwa orang itu adalah suaminya.

#2 Kesaksian KKR di Palu

Dalam KKR di Palu, ada seorang anak umur 4 tahun dibawa naik ke atas panggung. Kemudian anak itu disuruh berlari-lari dan terus-terang saya tidak mengerti mengapa ia disuruh berlari-lari seperti itu. Lalu saya disuruh memegang kepalanya, tetapi saya berkata bahwa sepertinya normal saja. Tahukah Saudara apa yang terjadi? Rupanya setahun yang lalu anak ini datang ke KKR/HMC yang sama dalam keadaan lumpuh. Waktu itu usianya baru 3 tahun dan batok kepalanya itu lunak. Ibunya hanya bisa menangis karena dia selalu dicemooh oleh tetangga-tetangganya. Mereka mengata ngatainya, “Kamu ini dosa apa ya sampai kamu punya anak seperti ini?” Tetapi ketika sudah didoakan, 1 bulan kemudian tiba-tiba anak itu berjalan dan batok kepala yang lunak menjadi keras dan dia menjadi normal seperti anak-anak biasa. Haleluya! Tuhan Yesus itu luar biasa!

Ada juga seorang ibu di Palu yang selama 4 tahun tangannya seperti disilet-silet rasanya, sehingga dia tidak bisa memegang apa-apa; bahkan kakinya pun sudah menderita hal yang sama selama 6 tahun. Ternyata ketika dia masuk ke lapangan tiba-tiba Tuhan sembuhkan dia! Haleluya!

Saudara yang dikasihi Tuhan, rahasia kesembuhan adalah karena UNITY! Enam tahun yang lalu Tuhan berpesan kepada saya, “Kamu akan AKU utus ke kota-kota, kamu kumpulkan gereja-gereja (bukan 1 gereja) di kota itu dan ajak mereka untuk membawa orang-orang sakit, orang miskin, orang yang tidak punya uang untuk ke dokter, orang yang tidak punya pengharapan. Sebab AKU akan menyembuhkan mereka. Dan biayanya kamu bawa sendiri!”

Saudara, kalau biayanya dibawa sendiri itu artinya dari kita semua. Jadi ketika Saudara memberi, maka persembahan Saudara itu dibawa untuk pelayanan healing tersebut. Saya ingat ketika awal-awal pelayanan healing dimulai sementara itu kita pun sedang membangun SICC yang membutuhkan dana yang besar. Tetapi karena kita semua taat melakukan perintah Tuhan, maka Dialah yang mencukupkan semuanya. Tidak pernah kita berhutang atau meminjam karena Tuhanlah yang menyediakan semuanya. Haleluya!

 

Oleh : Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo

Dikutip dari : https://dbr.gbi-bogor.org/wiki/Khotbah:Unity_adalah_kunci_penuaian_besar-besaran

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here