KEMERDEKAAN DALAM KRISTUS

0
30

Galatia 5: 1

“Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.” 

Kemerdekaan di dalam Kristus, itulah status yang dimiliki oleh orang-orang yang telah menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan, karena Krsitus telah memerdekakan dari segala ikatan, kutuk dosa. Rasul Paulus katakan supaya kita sungguh-sungguh merdeka. Kenapa rasul Paulus sampai bicara “supaya kita sungguh-sungguh merdeka”…karena pada saat itu jemaat di Galatia mereka mulai hidup terbelenggu oleh hal-hal agamawi dan tradisi. Ketika kita sudah percaya dalam Tuhan Yesus Kristus bahwa kita benar-benar merdeka, untuk tidak terikat kembali oleh segala hal-hal duniawi, maka kita harus berdiri teguh dan tidak menjadi hamba dosa lagi. Tanpa disadari kita masih dibelenggu dan diperbudak oleh tradisi-tradisi, bisa berupa aturan-aturan dalam organisasi.

Ciri-ciri orang yang mengalami kemerdekaan dalam Kristus (Freedom in Trust), antara lain:

 

  1. Miliki Kemerdekaan Sejati dalam Kristus

Merdeka sejati dalam Kristus, ketika kita lepas dari segala ikatan duniawi, dan hidup menuruti kebenaran Allah, karena itu jaga kekudusan hidup. Merdeka sejati artinya bahwa kita benar-benar merdeka, tidak terganggu oleh hal-hal duniawi, karena itu kita harus bertanggungjawab dengan kemerdekaan yang sudah Tuhan berikan dalam hidup kita, tanggung.

 

  1. Bertanggungjawab atas Kemerdekaan yang sudah diberikan Tuhan dalam hidup kita.

Bagaimana respon dan tindakan kita, ketika mengerti bahwa hidup kita sudah dimerdekakan oleh Tuhan Yesus, yaitu dengan berusaha hidup benar dihadapan Tuhan dan mematikan perbuatan-perbuatan daging, maka hidup kita kudus dan berkenan dihadapan Tuhan.

Kemerdekaan itu bukan berarti kita masih hidup dalam dosa, karena kita harus tahu dan pertahankan bahwa hidup kita sudah mati terhadap dosa. Karena itu ekspresikan Kristus dalam hidup kita melalui pertanggu sehingga kita mengalami kemerdekaan yang sejati, seperti alkitab katakan.

Galatia 5: 13

“Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.”

Orang yang merdeka dalam Kristus tidak hidup dalam kepahitan dan sakit hati, melainkan hidup dalam pemulihan, kemenangan dan berkat Tuhan. Kemerdekaan dalam Kristus akan membuat kita semakin mengasihi Tuhan.

 

  1. Hidup Sebagai Hamba Allah.

1 Petrus 2: 16

“Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah.”

Kemerdekaan yang sejati adalah dimana kita hidup untuk serupa seperti Kristus

Kolose 1: 28

“Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.” 

Menjadi serupa dengan Kristus bisa kita alami karena kita sudah merdeka dalam Kristus, inilah kemerdekaan yang sejati.

Bagaimana supaya kita bisa menjadi serupa dengan Kristus?

  • Disiplin Rohani (1 Kor. 9: 27)

Ayat tersebut menunjukkan perihal disiplinkan diri kita, jadi potensi yang Tuhan berikan dalam hidup kita harus dikembangkan dan latih sehingga memuliakan nama Tuhan.

  • Tinggal Dalam Kristus dan Kristus Tinggal dalam Kita (Yoh. 15: 5)

Tinggal dalam Kristus, karena apa yang dari dalam ini akan memancarkan Kristus, sehingga orang dunia melihat bukan kita lagi melainkan Kristus yang hidup dalam kita

  • Hidup Dalam Kasih Karunia (1 Kor. 15: 10)

Berjalanlah dalam kasih karunia Tuhan bukan karena kekuatan kita, melainkan biarkan Yesus terus bekerja dan memakai serta mengekspresikan melalui kehidupan kita.

“TUHAN YESUS MEMBERKATI”

dikutip dari : http://gbimpi.org/2016/08/17/kemerdekaan-dalam-kristus/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here