YANG MUDA YANG DIPAKAI TUHAN

0
33

1 Samuel 3:1-9

Samuel yang muda itu menjadi pelayan TUHAN di bawah pengawasan Eli.

(1Sam. 3:1)

 

 

Pemuda adalah pemimpin masa depan? Tidak! Pemuda adalah pemimpin masa kini. Lama sekali gereja membiarkan kaum muda menjadi pelengkap dalam pelayanan. Bahkan, suara dan aspirasi kaum muda sering tidak didengar. Pengambilan keputusan didominasi oleh kaum tua. Hasilnya, para pemuda menjauh dari gereja. Mereka menjadi apatis dengan pelayanan dan kehidupan bergereja.

 

 

Pembacaan Alkitab hari ini memperlihatkan bahwa Samuel yang masih muda pun dipakai Tuhan. Hal itu menunjukkan bahwa usia bukan penghalang untuk seseorang berkarya dalam pekerjaan Tuhan. Samuel yang muda dibimbing oleh Eli, seorang imam yang sudah tua. Hal itu memperlihatkan bagaimana sebuah proses regenerasi berlangsung dalam pelayanan. Eli yang tua tidak melihat Samuel yang muda sebagai saingan. Eli justru mempersiapkan Samuel. Bahkan, ketika Samuel harus menyampaikan firman Tuhan kepada Eli berkaitan dengan anak-anaknya, Eli dengan rendah hati mendengar. Eli sadar bahwa kehendak Tuhanlah yang harus didengar dan dilakukan, dan Tuhan dapat menyampaikan kehendakNya melalui siapa saja, termasuk melalui Samuel yang masih muda. Karena itu, Eli tidak meremehkan Samuel, tetapi berserah ke dalam kedaulatan Tuhan. Samuel pun disertai dan diberkati Tuhan dalam pekerjaan-Nya.

 

 

Youth, kisah Samuel dan Eli itu menginspirasi gereja untuk mempersiapkan kaum muda dan melibatkan mereka dalam pelayanan. Sebagaimana Tuhan dulu memakai Samuel dalam kemudaannya, Tuhan pun akan memberdayakan orang muda untuk berkarya di masa kini.

 

Dikutip dari : https://www.ykb-wasiat.org/2017/06/20/yang-muda-yang-dipakai-tuhan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here