Pemuda-i Sebagai Tulang Punggung Negara

0
16

Pemuda ibarat soko guru bagi bangsa dan negaranya. Para pemuda adalah tunas bangsa dan pewaris masa depan bangsa. Begitu pula dengan pemuda dan pemudi Kristen, Alkitab juga menuliskan tentang pemuda, “Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda” (Mazmur 127:4).

Pemuda dan pemudi Kristen adalah anak-anak panah yang berada di tangan pahlawan, siap dibidikkan untuk meraih kemenangan.Dalam sejarah perjuangan bangsa dan negara Indonesia, pemuda mengambil andil yang sangat besar dalam peristiwa menuju kemerdekaan hingga perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan.

Pada tahun 1928, seluruh organisasi pemuda bersatu dan mendeklarasikan satu sumpah yang sampai sekarang kita kenal dengan nama “Sumpah Pemuda”. Para pemuda juga mendesak generasi tua untuk segera memproklamasikan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia.

Peristiwa itu diperingati bangsa kita sebagai peristiwa Rengasdengklok yang puncaknya adalah pada tanggal 17 Agustus 1945, bangsa dan negara kita telah merdeka.Bagi bangsa dan negara Indonesia, pemuda memiliki satu peranan yang sangat penting dan mampu mengadakan gerakan perubahan.

Demikian halnya dengan pemuda Kristen Indonesia. Generasi muda Kristen Indonesia hendaknya dapat menempatkan diri dalam mengisi kemerdekaan. Generasi muda Kristen dituntut untuk dapat mengimplementasikan nilai-nilai kekristenan dalam hidup sehari-hari. Lalu, hal-hal apa saja yang dapat dilakukan pemuda Kristen bagi bangsa dan negara:

  1. Menjadi generasi yang tampil beda.”Janganlah menjadi sama dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaruan akal budimu, sehingga kamu dapat membedakan apa yang menjadi kehendak Allah; apa yang baik, yang berkenan kepada Allah, dan yang sempurna.” (Roma 12:2 — AYT).

Menjadi pemuda Kristen yang berani tampil beda adalah sebuah keharusan. Firman Tuhan menuntut setiap kita untuk tidak serupa dengan dunia, harus berbeda dalam pembaruan akal budi, mampu membedakan kehendak Allah dengan kehendak pribadi, dan melakukan apa yang baik dan yang sempurna.

Nilai-nilai itu dapat kita terapkan dalam komunitas kita. Bersama dengan teman-teman dalam satu komunitas, kita dapat memulai untuk menjadi generasi yang tampil beda, generasi yang meneladani Kristus, dan menjadi generasi yang memberi dampak bagi komunitas yang lain.

  1. Memberi hidup bagi orang lain dan masyarakat.“Kepada mereka telah dinyatakan, bahwa mereka bukan melayani diri mereka sendiri, tetapi melayani kamu dengan segala sesuatu yang telah diberitakan sekarang kepada kamu dengan perantaraan mereka, ….” (1 Petrus 1:12).

 

Pemuda Kristen harus memberikan hidupnya bagi orang lain dan masyarakat. Mengapa? Seorang pemuda yang sudah ditebus oleh Kristus tidak dapat lagi memusatkan pikiran untuk hidupnya sendiri. Setelah diselamatkan, tugas pemuda Kristen adalah menjangkau orang lain, memberikan hidup bagi sesama, seperti yang telah Kristus lakukan bagi kita.

Hidup yang telah ditebus, potensi, idealisme, dan kreativitas yang dimiliki oleh seorang muda harus dipergunakan untuk kemuliaan Allah dan melayani sesama. Satu langkah kecil dapat kita ambil terlebih dahulu. Misalnya, menjelang peringatan hari kemerdekaan Indonesia, kita memberikan diri dan waktu kita untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan di lingkungan kita.

  1. Turut serta dalam program Pemerintah.”Ingatkan mereka agar tunduk kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, taat dan siap dalam setiap perbuatan baik,” (Titus 3:1 — AYT). Pemuda Kristen dapat mengambil peran dalam melakukan program-program pemerintah.

Contoh praktisnya, kita bisa menyuarakan pentingnya pendidikan bagi anak-anak, menyuarakan bahaya merokok dan Narkotika, serta memberikan sosialisasi program Keluarga Berencana. Dengan melakukan hal-hal ini, kita telah membantu menyukseskan program pemerintah dan telah mengisi kemerdekaan dengan positif.

  1. Memiliki sikap kreatif-konstruktif.Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.” (Matius 5:16). Pemuda Kristen yang sudah menerima keselamatan akan memiliki terang Kristus dalam hidup-Nya. Terang itu harus terpancar dari kehidupan kita di tengah-tengah bangsa tercinta.

Pemuda Kristen diharapkan dapat mengimplementasikan terang Kristus dalam hidup sehari-hari dan menjadi karakter dalam kehidupan kita untuk kemuliaan Allah Bapa yang di surga. Apa yang pemuda Kristen lakukan bagi bangsa Indonesia ini sebagai wujud terang Kristus itu?.

Pemuda Kristen adalah tulang punggung bangsa dan negara Indonesia. Dengan menjadi pemuda dan remaja yang berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara, negara ini akan lebih maju. Pemuda bukan hanya sumber daya bagi suatu negara, pemuda adalah potret bangsa ini.

Mereka yang akan memimpin bangsa ini. Oleh karena itu, marilah kita, setiap pemuda dan pemudi Kristen, dapat memulai dari diri kita sendiri untuk menjadi pelaku firman, melayani sesama, terlibat dalam kegiatan sosial, dan menjadi pemuda yang memberi aspirasi demi kemajuan bangsa dan negara kita.

 

Dikutip dari : http://www.beritabethel.com/artikel/detail/1065

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here