Selalu Aman Dalam Lindungan Tuhan

0
12

Semua orang tanpa terkecuali ingin merasa aman tetapi banyak orang ingin merasa aman dengan cara yang salah. Ada yang ingin aman dengan menyewa body guard, ada yang dating pada dukun agar diberi perlindugan karena merasa banyak membencinya dan ingin mencelakakan dia, karena dia ketakuta, ada yang ingin aman dengan membawa jimat, dengan sesuatu menempel pada dirinya, selama itu ada padanya, dia merasa aman tetapi bila tidak, dia ketakutan. Ada yang merasa aman kalo dia punya kekayaan yang saaaangat banyak yang cukup sampai pada keturunan generasi ketiga bahkan ketujuh.

Aman seperti apa yang sesungguhnya diinginkan Tuhan? Saat kita punya tabungan, deposito yang sangat banyak, apa berarti kita aman??

ALLAH ITU BAGI KITA TEMPAT PERLINDUNGAN DAN KEKUATAN, SEBAGAI PENOLONG DALAM KESESAKAN SANGAT TERBUKTI (Mzm 46:2)

Kejadian, cerita-cerita dalam alkitab membuktikan bahwa Allah adalah tempat perlindungan yang tepat.

Musa memimpin kira-kira satu juta manusia keluar dari tanah Mesir, baru sebentar keluar, Musa udah dipojokkan oleh bangsa Israel. Saat itu keadaan sangat genting, Musa dipojokkan!! Musa melihat di ke belakangnya sementara itu ada rombongan tentara Firaun beserta Firaun datang menyerbu lalu dia lihat ke depan, ada bentangan laut teberau yang sangat luas yang mampu menenggelamkan bahkan!! Musa benar-benar terpojok tetapi perlindungan Allah terhadap Musa tepat pada waktunya. Musa berseru, berteriak kepada Tuhan dan Tuhan menjawab dia. Tuhan berkata:” angkatlah tongkatmu dan ulurkanlah tanganmu ke atas laut dan belahlah airnya “ (Kel 14:16). Laut teberau terbelah dan mereka berjalan menyebrang di atas tanah yang kering.

Pertolongan saat kesesakan sungguh terbukti, banyak perlindungan Allah. Daud, banyak menuliskan mazmur yang mengatakan bahwa Allah itu adalah perlindungan.

Saat Daud di Ziklag, saat itu dia dikejar-kejar Saul hendak dibunuh oleh Saul. Daud lari beserta para pengikut-pengikutnya bahkan Daud dan seluruh pengikutnya itu lari meninggalkan anak isrti mereka. Pada waktu mereka kembali ke Ziklag, apa yang terjadi?? Ternyata orang Amalek dating dan menghancurkan kota itu bahkan orang Amalek menangkap seluruh istri dan anank-anak mereka, anak istri Daud dan seluruh anak istri pengikut-pengikutnya. Pengikut-pengkutnya pedih hati, stress, depresi dan hendak melempari Daud dengan batu. Waktu itu Daud saaaaangat terjepit tetapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada Tuhan. Daud ambil baju efod dan dia berseru, berteriak menanyakan TUhan :” haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul? “ dan Tuhan menjawab :” kejarlah, kau akan dapat susul dan melepaskan seluruh tawanan “. ( 1 sam 30:8). 

Daud dan para pengikutnya pun mengejar orang Amalek, menghabisi mereka dan menyelamatkan tawanan-tawanan, anak-anak dan istri mereka.

Daniel, dia dimasukkan ke dalam gua singa dimana singa-singa itu sudah lama tidak diberi makan, sudah sangat kelaparan tetapi Daniel tetap dalam lindungan Tuhan sehingga singa-singa itu menjadi jinak, sedikit pun tidak menyakiti Daniel.

Orang yang berada dalam lindungan Tuhan bukan berarti gak tersentuh masalah seperti Musa, Daud dan Daniel.

Sadrakh, Meshak dan Abednego harus masuk dalam perapian yang saaaangat menyala-nyala, Daniel masuk gua singa, Musa dipojokkan, Daud mau dilempari baru oleh orang-orang yang depresi itu bukan masalah kecil!! Tetapi perlindungan Tuhan selalu tepat pada waktunya. Ini namanya aman dalam lindungan Tuhan. Allah Daud, Allah Musa, Allah Daniel adalah sama, adalah Allah kita juga, perlindunganNYA pun tetap sama, kekuatan kuasaNYA pun tetap sama tidak berubah dan tidak berkurang sedikitpun.

Bagaimana Allah melindungi kita?

ORANG YANG DUDUK DALAM LINDUNGAN YANG MAHA TINGGI DAN YANG BERMALAM DALAM NAUNGAN YANG MAHA KUASA AKAN BERKATA KEPADA TUHAN:”TEMPAT PERLINDUNGANKU DAN KUBU PERTAHANANKU, ALLAHKU YANG KUPERCAYAI”. (Mzm 91:1-2)

1. WAKTU PERLINDUNGAN ALLAH

Allah melindungi bukan hanya pada waktu kamu bekerja, bukan hanya pada waktu kamu beraktifitas tetapi waktu kamu duduk, tidur pun perlindungan Allah kepadamu tetap sangat kuat. Saat kamu bekerja, beraktifitas, tidur sekalipun perlindunganNYA sama kuatnya, pagi, siang ,sore malam tanpa henti.

Orang yang berlindung dengan jimat, selama jimat itu ada padanya, dia tenang tapi kalo ga ada, entah dia lupa atau ketinggalan, dia bisa ketakutan, menjadi gelisah teapi Allah melindungi anak-anakNYA yang bersandar kepadaNYA.

SUNGGUH,DIALAH YANG AKAN MELEPASKAN ENGKAU DARI JERAT PENANGKAP BURUNG, DARI PENYAKIT SAMPAR YANG BUSUK. DENGAN KEPAK-NYA IA AKAN MENUDUNGI ENGKAU, DI BAWAH SAYAP-NYA ENGKAU AKAN BERLINDUNG, KESETIAAN-NYA IALAH PERISAI DAN PAGAR TEMBOK. ENGKAU TAK USAH TAKUT TERHADAP KEDAHSYATAN MALAM, TERHADAP PANAH YANG TERBANG DI WAKTU SIANG (Mzm 91:3-5)

2. DARI APA SAJA KITA DILINDUNGI?

2.1. JERAT PENANGKAP BURUNG
Apa artinya? Pada waktu kecil saya memiliki pengalaman dalam hal menangkap burung .Ada masyarakat yang suka menangkap burung di daerah saya. Kalo mau tangkap burung kutilang, kita kasih lidi itu getah pohon nangka lalu cari umpan. Biasanya umpannya itu kalo gak papaya yang matang ya jangkrik, ini makanan burung kutilang. Lalu jangkrik atau papaya itu diikat dengan benang kecil pendek. Sementara jangkrik itu melompat, burung kutilang akan menangkap, saat ditangkap maka lidi itu akan jatuh melekat pada burung itu dan burung itu ga bisa lari lagi.

Iblis beri kamu umpan agar kamu jatuh dalam dosa. Kalo burung itu sampe makan umpan itu, ditangkap lalu dimasukkan dalam sangkar, terikat, tertawan!!

Kalo kamu sampai tidak mengerti dalam kehidupanmu itu , ini berkat atau umpan, bahaya!!!!!!!! Kamu harus minta hikmat Tuhan supaya tahu apakah ini umpan atau memang berkat TUhan. Umpan iblis itu bermacam-macam.

2.2 PENYAKIT SAMPAR YANG BUSUK

Ini bicara wabah penyakit, penyakit menular. Kita sering bilang:”waaahhh, sekarang kan musim hujan, musim demam, musim flu jadi yaw ajar aja terserang flu or demam”. Bagi orang yang dilindungi Allah, gak peduli musim apa, gak peduli wabah penyakit apa yang sedang kuat menjalar, TUhan sanggup melindungi!! Seandainya jatuh sakit sekalipun maka sakit itu akan dipakai TUhan untuk mempermuliakan namaNYA.

2.3. PANAH YANG TERBANG DI SIANG HARI

Mungkin kamu gak punya musuh tetapi tanpa kamu sadari, ada orang yang gak suka ama kamu, ada orang yang iri , yang ingin menjatuhkan, melengserkan kamu!! Kita bertemu orang-orang berjabat tangan, menyapa dengan ramah dan sukacita tetapi kita gak tahu kalo dia memusuhi kita. Kita bekerja baik-baik tetapi ada orang yang benci, ada orang yang iri. Orang-orang ini dipakai iblis untuk menyerang kita dan terhadap hal ini pun Tuhan menjanjikan perlindungan.

3. BAGAIMANA CARA ALLAH MELINDUNGI KITA?

4 DENGAN KEPAK-NYA IA AKAN MENUDUNGI ENGKAU, DI BAWAH SAYAP-NYA ENGKAU AKAN BERLINDUNG, KESETIAAN-NYA IALAH PERISAI DAN PAGAR TEMBOK. 5 ENGKAU TAK USAH TAKUT TERHADAP KEDAHSYATAN MALAM, TERHADAP PANAH YANG TERBANG DI WAKTU SIANG. 6 TERHADAP PENYAKIT SAMPAR YANG BERJALAN DI DALAM GELAP, TERHADAP PENYAKIT MENULAR YANG MENGAMUK DI WAKTU PETANG. 7 WALAU SERIBU ORANG REBAH DI SISIMU, DAN SEPULUH RIBU DI SEBELAH KANANMU, TETAPI ITU TIDAK AKAN MENIMPAMU. 8 ENGKAU HANYA AKAN MENONTONNYA DENGAN MATAMU SENDIRI DAN MELIHAT PEMBALASAN TERHADAP ORANG-ORANG FASIK. 9 SEBAB TUHAN IALAH TEMPAT PERLINDUNGANMU , YANG MAHA TINGGI TELAH KAU BUAT TEMPAT PERTEDUHANMU, 10 MALAPETAKA TIDAK AKAN MENIMPAMU, DAN TULAH TIDAK AKAN MENDEKAT KEPADA KEMAHMU 11 SEBAB MALAIKAT-MALAIKATNYA AKAN DIPERINTAHKANNYA KEPADAMU UNTUK MENJAGA ENGKAU DI SEGALA JALANMU (Mzm 91:4-11)

3.1 anak rajawali sangat merasa paling amanbukan saat dia berjalan dengan induknya tetapi saat dia berada di bawah kepak sayap induknya. Pada saat kita duduk diam di bawah kepak sayap lindungan Allah, kita akan merasa aman. Anak rajawali ini percaya kalo ada musuh menyerang, induknya ayng akan menyerang musuh itu. Begitu pula Allah akan berperang bagi kita, saat kita diam DIA turun tangan.

3.2 memagari kita dengan kesetianNYA

SEBAB ENGKAU-LAH YANG MEMBERKATI ORANG BENAR YA TUHAN; ENGKAU MEMAGARI DIA DENGAN ANUGRAHMU SEPERTI PERISAI (Mzm 5:13)

Kalo kamu dipagari dengan anugrah Allah? Siapa yang dapat menembus?? Maka kenalilah pelindungmu yang luar biasa itu.

3.3 oleh malaikat-malaikatNYA

SEBAB MALAIKAT-MALAIKATNYA AKAN DIPERINTAHKANNYA KEPADAMU UNTUK MENJAGA ENGKAU DI SEGALA JALANMU

Jangan piker malaikat itu suatu makhluk yang gak tersentuh, malaikat pergi kemana kamu pergi. Kamu ke utara dia ke utara, kamu ke selatan dia ke selatan, kemana kamu pergi dia ikut. Dia diperintahkan Allah untuk melindungimu untuk melayanimu. Demikian kamu begitu berharga di mata-NYA bahkan DIA rela dating ke dunia ini, dihina, disiksa, mati buat kamu. Bukan hanya malaikatNYA sendiri yang datang buat kamu, DIA sendiri pun datang untukmu.

Lalu siapakah orang yang dilindungi oleh Tuhan??

SUNGGUH HATINYA MELEKAT KEPADA-KU (TUHAN), MAKA AKU AKAN MELUPUTKANNYA, AKU AKAN MEMBENTENGINYA SEBAB IA MENGENAL NAMA-KU (Mzm 91:14)

1. HATINYA MELEKAT PADA TUHAN

Tuhan Yesus mati untuk semua manusia. Darah Yesus sangat efektif kalo orang percaya kepada-NYA. Perlindungan Allah itu efektif dan akan lebih efektif apabila anak-anakNYA itu melekat kepada-NYA dan perlindungan itu pun nyata kapan pun dan dimana pun.

JIWAKU MELEKAT KEPADA-MU YA TUHAN, TANGAN KANAN-MU MENOPANG AKU (Mzm 63:9)

Ini ungkapan hati Daud, hatinya, hidupnya melekat kepada TUhan. Di saat mendapat kesesakan, dia bergantung kepada Allah. Saat mengalami kejayaan, segala pujian dan hormat dia kembalikan kepada Allah. Waktu ditegur oleh nabi Natan, Daud gak marah-marah supaya nama baiknya tetap terjaga seperti apa yang dilakukan Saul, dia ga peduli dengan hartanya yang penting adalah hubungannya dengan Tuhan harus tetap terjaga.

Beda dengan Kain, waktu ditegur oleh Tuhan:”Kain, dimana adikmu itu?”, malah jawab Kain:”emang gua penjaga adik gua?”. Kain malah marah-marah ke Tuhan!! Gak mengakui kalo dia membunuh adiknya padahal tangannya masih berlumuran darah adiknya Habel.

Saat Saul ditegur, dimarahi oleh Samuel, Saul malah marah-marah dan menyalahkan orang lain, menyalahkan Samuel yang terlambat member tahu, menyalahkan rakyatnya sendiri.

Yudas yang menyerahkan Yesus, Yudas menaydari kesalahannya, dia melihat Yesus dijatuhi hukuman mati lalu lari mengembalikan uang yang ada padanya sebagai bayaran menyerahkan Yesus tetapi orang-orang Farisi gak peduli lagi. Yudas memang menyesal tetapi tidak bertobat.

Kain dikutuk TUhan, saul ditinggalkan TUhan dan Yudas bunuh diri. Daud pada waktu ditegur Allah , dia menyesal dan apa yang dikatakannya:” aku telah berdosa kepada TUhan, Ya Allah, semua boleh KAU ambil daripadaku, tapi jangan KAU ambil Roh-mu itu daripadaku”. Daud gak minta supaya kekuasaannya jangan hilang, Daud gak minta supaya nama baiknya jangan cemar karena Daud tetap ingin melekat, berhubungan intim dengan TUhan.

2. ORANG YANG MENGENAL NAMA-NYA

Jangan pernah meragukan pelindungmu itu, jangan sangsikan DIA. Kenalilah nama itu, sebab nama itu adalah nama yang berkuasa.

8 DAN DALAM KEADAAN SEBAGAI MANUSIA, DIA TELAH MERENDAHKAN DIRI-NYA DAN TAAT SAMPAI MATI, BAHKAN SAMPAI MATI DI KAYU SALIB. 9 ITULAH SEBABNYA ALLAH SANGAT MENINGGIKAN DIA DAN MENGARUNIAKAN KEPADA-NYA NAMA DI ATAS SEGALA NAMA 10 SUPAYA DALAM NAMA YESUS BERTEKUK LUTUT SEGALA YANG ADA DI ATAS DI LANGIT DAN YANG ADA DI BAWAH BUMI 11 DAN SEGALA LIDAH MENGAKU :”YESUS KRISTUS ADALAH TUHAN, BAGI KEMULIAAN ALLAH BAPA! (Fil 2:8-11)

Mungkin kamu sudah dengar dan ucapkan nama itu berkali-kali bahkan ribuan kali tetapi sadarkah kamu, mengertikah kamu akan kuasa dahsyat dalam nama itu? Nama itu kuat, kuasa yang memulihkan!! Saat kamu berdoa di dalam nama Yesus Kristus, di situ ada kuasa yang dilepaskan. Karena ketaatan Yesus, Allah MENGARUNIAKAN KEPADA-NYA NAMA DI ATAS SEGALA NAMA.

Jadi jangan sebut nama Yesus dengan sia-sia, nama itu punya kuasa.

Orang yang hidup melekat peda Allah dan mengenal nama-NYA akan berkata :

. 7 WALAU SERIBU ORANG REBAH DI SISIMU, DAN SEPULUH RIBU DI SEBELAH KANANMU, TETAPI ITU TIDAK AKAN MENIMPAMU. 8 ENGKAU HANYA AKAN MENONTONNYA DENGAN MATAMU SENDIRI DAN MELIHAT PEMBALASAN TERHADAP ORANG-ORANG FASIK.

Belajar melekat dan bergantung pada Tuhan. Jangan punya pelindung Yesus dan plus yang lain, hanya Tuhan!!!

Dikutip dari : http://martinalova7.blogspot.com/2013/05/aman-dalam-lindungan-tuhan.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here