Punya pacar banyak dalam satu moment dosa atau tidak

0
13

Nah ini ada beberapa renungan yang boleh dijadikan sebagai bahan bagi kaum remaja dan pemuda/i untuk lebih mengenal apa itu makna pacaran dalam Ajaran Kristen.

Coba kita lihat dan baca perjanjian lama kitab Pengkotbah.

Pengkotbah 11 : 9. Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau ke pengadilan.

Yang jadi pertanyaan, apakah yang dimaksud keinginan hati orang muda itu dalam Pengkotbah 11 : 9 ?.

  1. Kekayaan

Kekayaan adalah harta, uang ( yang banyak ), dan itu kenginan hati setiap orang    ( golongan ) bukan hanya orang muda saja. Bahkan kalau kita bertanya pada      anak – anak yang orang tuanya memiki kekayaan, ia akan menjawab ia ingin menjadi orang kaya, karena dengan kekayaan itu ia bisa/dapat membeli mainan atau benda yang diinginkannya. Terlebih – lebih kalau kita bertanya pada anak – anak yang orang tuanya miskin yang makan pun hanya satu kali sehari. Jadi kekayaan  itu bukan hanya keinginan orang muda saja tetapi keinginan semua orang ( golongan ).

  1. Pacar

Pacar adalah teman lawan jenis atau dalam bahasa asing ( Inggris ) boyfriend, girlfriend. Kalau kita bertanya pada anak – anak, apakah mereka ingin punya pacar?. Sebagian dari mereka ada yang tidak tahu apa itu pacar dan untuk apa?. Kalau kita bertanya pada orang tua, apakah mereka ingin punya pacar?. Kita mungkin saja disemprot dengan mengatakan bahwa kita tidak sopan ( Marah ). Jadi punya pacar itu bukan keinginan setiap orang ( golongan ). Tetapi kalau kita bertanya pada setiap orang muda, apakah mereka ingin punya pacar?. Pasti setiap anak muda menjawa “ Ya “ bahkan kalau bisa lebih dari satu ( Cantik, Ganteng, Pintar, Kaya dsb ). Walaupun memang sebagian anak muda ada juga yang menjawab saya ingin terlebih dahulu melanjutkan pendidikan, saya ingin terlebih dahulu mendapatkan pekerjaan ( karir ) dengan maksud untuk mencari kekayaan. Tetapi bukan berarti hati mereka tidak menginginkan pacar dan mungkin saja setelah mereka menamatkan/menyelesaikan pendidikan mereka dan sudah mendapatkan pekerjaan mereka memiliki banyak pacar. Jadi apakah yang dimaksudkan keinginan hati orang muda itu dalam Pengkotbah 11 : 9?, sudah pasti pacar. Jadi apakah punya pacar banyak dalam satu moment (pasang sana sini) itu dosa?.

 

Rangkuman.Coba kita lihat dan kita baca Perjanjian Baru, yaitu surat Paulus ke Timotius.

2 Timotius 2 : 22. Sebab itu jauhilah nafsu orang muda, kejarlah keadilan, kesetiaan, kasih dan damai bersama – sama dengan mereka yang berseru kepada Tuhan dengan hati yang murni.

Dalam kitab ini dikatakan kita harus menjauhi nafsu ( keinginan hati ) orang muda. Jadi punya pacar banyak dalam satu moment (pasang sana sini) itu dosa…??. Sudah pasti itu jelas “dosa” karena dalam kitab 2 Timotius 2 : 22 dikatakan kita harus menjauhi nafsu ( keinginan hati ) orang muda

 

Dikutip dari : http://menatarohani.blogspot.com/2011/08/pacar-kristen-pergaulan-anak-muda.html

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here