PRINSIP-PRINSIP ‘PACARAN’ DI DALAM TUHAN

0
12

Kenapa sih kok pacaran aja musti susah-susah, kan yang penting suka-sama suka? Apalagi soal apa yang kita lakuin kalo lagi duaan, itu kan private banget and jangan sok alim deh! Yang penting kan nggak nyusahin orang laen.

Wah, wah, wah, jangan sewot dulu dong! Tadinya kita-kita juga nggak peduli tuh soal itu, tapi ternyata Firman Tuhan & survey membuktikan, apa yang kita buat selama pacaran bisa panjang akibatnya dalam hidup ini.

Nggak percaya? Gini deh, ini ada satu dari sekian banyak cerita yang dialamin ama temen-temen kita:

Ada satu cewe yang ngaku bahwa dia dari kecil, dari umur kira-kira 4 tahun, udah bisa ngebayangin orang bersetubuh tiap kali dia mau tidur. Padahal waktu itu dia belum pernah liat en denger tentang yang begituan. Dia sangat terganggu dengan bayangan dalam pikirannya (bisa bayangin sendiri akibatnya), yang waktu itu dia nggak tahu dari mana datangnya. Setelah dia denger khotbah tentang bahaya kutuk percabulan akibat sex di luar nikah, dia periksa akte lahirnya, ternyata dia lahir nggak ada 9 bulan setelah ortunya nikah, alias MBA (Marriage By Accident, kecelakaan, bo!). Waktu itu dia bertobat dan berdoa supaya segala kutuk yang turun ke dalam hidupnya karena masa lalunya dipatahkan dari kehidupannya. Tuhan memulihkannya dan dia dibebaskan dari semua bayangan-bayangan yang selama ini mengganggu dia. (cerita nyata diambil dari kesaksian).

 

Yeremia 29:11

Karena itu kita musti merhatiin soal ini, sebab Tuhan punya rencana yang indah dengan setiap kita tanpa terkecuali, tapi kalo kita nggak hidup di dalam Firman Tuhan dan kekudusan maka rencanaNya bisa rusak dalam kita, dan akibatnya bisa panjang! Selain bakal mempengaruhi kita pribadi, juga bakal keluarga kita nantinya.

 

Kenapa Anak Tuhan Tidak ‘Pacaran ala Dunia’?

Ciri-ciri pacaran ‘ala dunia’:

 

  1. Coba-coba.

Sering kita yang masih muda-muda ini nggak sadar bahwa gonta-ganti pasangan itu sebenernya nggak sesuai lho dengan Firman Tuhan. Kenapa? Sebab tiap kali kita putus, pasti ada yang sakit hatinya. Wah, tanpa sadar kita bisa ‘dipake iblis’ tuh buat bikin:

  1. Orang jadi kecewa trus mundur dari Tuhan. Menangin jiwa nggak gampang, ini kita malah ‘dipake’ ngilangin jiwa. Banyak kan yang gitu?
  2. Perpecahan, bayangin kalo mantan kita itu ada di satu Gereja atau persekutuan, wah kan susah tuh. Salah-salah gara-gara itu bisa ada kubu-kubuan di pelayanan kita.
  3. Firman Tuhan juga nggak ada lho bahas tentang pacaran yang model gitu, ada juga tentang pacaran yang serius di dalam Tuhan dan arahnya ke pernikahan (pertunangan).

Apakah berarti anak Tuhan gak pernah atau gak boleh putus? Idealnya sih gitu, tapi kan gak semua yang pernah putus itu motivasinya coba-coba. Tuhan lihat motivasi dan hati kita, karena itu kalo mau pacaran pikir dulu baik-baik, udah siap buat serius belom? Kalo belom mending entar aja daripada bikin orang kecewa. Kalo udah, doa bener-bener supaya Tuhan pertemuin kita ama yang terbaik dari Tuhan, karena kalo cuman dari bagus fisiknya, wah, gak jamin deh.

 

  1. Penuh hawa nafsu.

Waduh, makin ke sini pacarannya banyak yang makin gawat tuh. Survey membuktikan (di amrik sih, tapi kita liat di Indonesia juga gak beda jauh tuh), bahwa ternyata 1 dari 2 anak Tuhan pun pacarannya gak kudus. Bukan hanya sampe hubungan sex, tapi raba-raba juga sebenernya udah gak bener. Kalo kita bener sayang sama pasangan kita dan hormat ama Tuhan, maka kita musti belajar sabar untuk hal-hal yang belom waktunya, kasih itu juga artinya sopan.

Banyak yang nggak sadar bahwa iblis memang berusaha supaya kita terbawa arus dari film-film, ngikutin hawa nafsu, dan gaya hidup yang gak bener. Karena dengan cara itu dia pengen ngerusak hidup dan masa depan kita. Ayo, tingkatin standar kekudusan kita, supaya iblis nggak bisa ngerusak masa depan yang Tuhan udah sediain buat kita.

 

  1. Eksklusif.

Banyak yang kalo udah pacaran, wah, nempel berdua… terus kaya perangko. Kayanya nggak boleh and nggak mau pisah dikit juga. Cemburuannya juga jangan diomong deh. Tapi yang Tuhan mau, kalo kita udah jalan ama pasangan kita jangan kaya gitu, tetep dong bergaul & jadi berkat & terang buat temen yang lain, tetep dong pelayanan ama yang laen. Udah dikasih pasangan ama Tuhan, eh Tuhannya ditinggalin, Tuhan sedih kali ya?

Tuhan nggak mau kita menarik diri dari pergaulan, sebab kalo pacaran kita berdua terus itu malah bahaya, kita bisa lebih mudah jatuh dalam dosa. Dan juga dengan gitu kita pasti mulai merasa terasing dan malas ke Gereja apalagi pelayanan. Wah bisa-bisa kita malah jadi terpisah dari rencana Tuhan kalo gitu, jangan ampe deh kehilangan keselamatan juga.

 

  1. Fokusnya cuman ama tubuh dan jiwa.

Tuhan mau kita gak hanya fokus sama tubuh dan kesenangan-kesenangan jiwa kita aja, tapi pelan-pelan kita musti fokus sama apa yang Tuhan mau buat lewat kalian berdua. Mungkin lewat kalian berdua Tuhan mau memberkati keluarga kalian, atau ada hal-hal lain yang Tuhan mau nyatakan. Fokuslah pada rencana Tuhan, tetaplah fokus untuk menjadi terang bagi sekitar kita. Kan asyik kalo setelah jadian kita malah makin dipake ama Tuhan, keren tuh!

 

Kalo kamu sudah pernah salah gimana? Iblis ingin kita merasa bahwa Tuhan itu jahat dan nggak bisa ngertiin kita, tapi bersyukurlah Tuhan Yesus itu baik.

I Yohanes 1:9

Setelah bertobat, ingat! Bahwa kita sulit bertumbuh kalo nggak punya lingkungan yang mendukung. Karena itu bergabung deh dengan anak-anak muda yang laen yang lagi giat dipake Tuhan.

 

Dikutip dari : http://anakmudanet.blogspot.com/2012/03/prinsip-prinsip-pacaran-di-dalam-tuhan.html

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here