Kuasa Persatuan

0
5

Lukas 11:14-18

Ada satu prinsip tentang persatuan yang diberikan Yesus dalam Lukas 11:14-18. Saat kita bersatu maka ada satu kuasa yang besar dan berkat-berkat yang dilepaskan dari sorga. Di sisi yang lain iblis selalu berusaha menghancurkan apa yang Allah bangun, iblis tidak senang melihat jemaat Tuhan hidup dalam persatuan karena itu kita perlu menjaga persatuan.
Terciptanya persatuan bukanlah hal yang otomatis terjadi, melainkan sebuah proses. Pemimpin jemaat perlu memiliki visi dan kemudian dibagikan kepada semua jemaat sehingga bersatu padu untuk hidup dalam persatuan. Jika kita hidup dengan memiliki visi maka kita tidak akan terpecah-pecah (Ams. 29:18). Visi itu juga yang memampukan kita bertahan menghadapi dan mengatasi tantangan. Visi persatuan akan membangkitkan kerinduan jemaat Tuhan untuk mendedikasikan hati dan jiwa untuk bersatu mencapai tujuan.
Banyak bukti yang diberikan oleh Firman Tuhan dan sejarah dunia bahwa Tuhan memakai seseorang dengan luar biasa dan jika lebih banyak orang bersatu maka karya Tuhan menjadi lebih luar biasa lagi. Daud punya 500 orang yang punya hati dan tujuan yang sama dengannya maka kerajaan Daud menjadi kerajaan yang luar biasa. Percayalah bahwa ada sesuatu yang besar dari Tuhan akan terwujud jika kita hidup dalam persatuan.
Dalam nyanyian Musa ada prinsip bahwa dampak dari persatuan adalah satu kekuatan yang besar untuk mengalahkan musuh (Ul. 32:30). Demikian juga dalam Im. 26:8 dituliskan bahwa ada kekuatan yang besar untuk menghancurkan musuh saat ada persatuan. Jemaat Tuhan akan berdiri kuat dan kuasa maut tidak akan menguasainya saat ada persatuan (Mat. 16:18). Berkat-berkat Tuhan tercurah di dalam komunitas yang bersatu/hidup dalam kerukunan (Mzm 133). Tuhan hadir dan menyatakan KuasaNya saat dua atau tiga orang sepakat/memiliki kesatuan roh dan pikiran (Mat. 18:19-20). Untuk mewujudkan ini semua dalam gereja Tuhan maka kita perlu bersatu dalam iman. Kita perlu punya kerinduan yang dalam untuk mewujudkan persatuan. Kita juga membutuhkan visi dan program yang jelas serta dedikasi yang tinggi untuk mencapai tujuan.
Firman Tuhan memperingatkan kita bahwa akan ada tantangan/godaan yang menyebabkan perpecahan dalam gereja (Rm. 16:17). Hindarilah hal-hal yang menyebabkan terjadinya perpecahan dalam gereja Tuhan sebab kita dipanggil untuk menjadi satu tubuh (1Kor. 12:25). Ada begitu banyak nasihat Firman Tuhan supaya kita bersatu, tetapi banyak orang yang memegahkan diri dan menjalankan kepentingannya sendiri (1Kor. 1:10).
Yesus berdoa secara khusus tentang persatuan (Yoh 17:22). Tuhan mau bekerja dalam segala perkara (persatuan) untuk mendatangkan kebaikan bagi kita (Rm 8:28). Tetapi kebohongan, kritik, dan sungut-sungut adalah hal-hal yang menyebabkan perpecahan (1Kor 11:18). Itu seperti penyakit kanker yang menggerogoti dan membinasakan tubuh Kristus. Berdoalah untuk sebuah persatuan, ciptakan persatuan dan jagalah persatuan dalam tubuh Kristus sebab di dalamnya Tuhan akan bekerja. Kita perlu mengingat kembali bahwa Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus telah memberi teladan tentang persatuan. Penciptaan alam semesta ini juga adalah contoh tentang kesatuan, Allah menciptakan banyak hal dengan tujuan masing-masing namun semuanya ada dalam persatuan.

Ada 4 hal yang berkaitan tentang persatuan, yaitu:
1. Ada perlindungan dalam persatuan.
Saat ada persatuan maka pasti ada perlindungan di dalamya (Ams. 11:14). Iblis berusaha untuk memecah belah dan menghancurkan persatuan.

2. Ada kuasa dalam persatuan.

Paulus memahami strategi iblis untuk memecah belah dan menghancurkan persatuan karena itu kita diminta untuk hidup dalam persatuan. Ada kuasa yang besar saat jemaat Tuhan berkumpul dan bersatu dalam doa (Mat. 18:18; Kisah 1:14).

3. Ada harga yang harus dibayar untuk sebuah persatuan.

Kita diminta untuk memelihara kesatuan roh dalam ikatan damai sejahtera (Efe. 4:3). Seperti sebuah bangunan yang indah perlu dipelihara demikian juga dengan tubuh Kristus. Allah melalui Roh KudusNya yang memulai persatuan dan kitalah yang memelihara/menjaga persatuan. Untuk menjaga persatuan kita diminta untuk mengasihi semua orang termasuk orang-orang yang tidak bisa kita kasihi. Kita harus usahakan/membayar harga untuk mengasihi sebab Allah sudah memberikan kasih itu di hati kita.

4. Ada hati yang terbeban untuk persatuan (Flp 1: 27-28).
Saat kita mengalami kelahiran baru kita menerima roh yang baru dan gereja adalah kumpulan orang-orang yang menerima roh yang baru serta satu pikiran. Kita diminta untuk berdiri teguh dalam satu roh, sehati sejiwa berjuang untuk pemberitaan injil. Perbuatan kita ditentukan oleh pikiran kita, untuk itulah kita perlu punya hati yang terbeban dan pikiran yang sama untuk mewujudkan persatuan. Saat ada persatuan ada pekerjaan Roh Kudus yang besar (Kisah 2:1,46).

Apakah kita rindu melihat karya Roh Kudus? Apakah kita rindu ada terobosan-terobosan dalam segala segi kehidupan kita? Apakah kita mau merasakan kuasa Tuhan? Apakah kita mau menerima berkat-berkat Tuhan? Berdoalah untuk persatuan, usahakanlah terwujudnya persatuan dan peliharalah persatuan. Tuhan Yesus memberkati.

Oleh : Ps. Kindah Greening

Dikutip dari : http://www.gpdilembahdieng.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1377:kuasa-persatuan&catid=43:ringkasan-khotbah&Itemid=160

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here