Menghasilkan Buah Roh Kemurahan

0
12

A little ‘bread’ for our SOUL.

 

Buah Roh yang kelima adalah: KEMURAHAN

 

 

“Buah buah Roh adl kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, KEMURAHAN,…. (Galatia 5:22-23)

 

Kemurahan yg sering kita temukan dlm kehidupan sehari2, adl bentuk kemurahan seperti: memberi sesuatu kpd yg membutuhkan atau menolong org lain dg perbuatan kita. Ini adl sikap baik dari sebuah jiwa.

Namun kemurahan sbg buah dari Roh Kudus, memiliki makna yg lbh mendalam dari sekedar perbuatan memberi atau menolong org lain.

Kita memiliki Allah Bapa & Allah Putra, yg Maha Segala, dan mempunyai sgala anugerah yg sempurna & berlimpah. Namun kita semua tau bhw Allah kita adl Allah yg penuh kasih dan rendah hati.

Anugerah Allah yg sempurna dan berlimpah, Dia berikan secara setia & cuma-cuma, yg membuktikan betapa Allah kita adl Allah yg murah hati. Bahkan kita yang berdosa, diberikanNya seorang Putra yg Maha Kasih untk menebus dosa dan menyelamatkan kita dari kebinasaan.

Seperti yang Tuhan Yesus katakan: ”Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” (Yoh 10:10)

 

“Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga!Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya.”(Matius 7:11)

 

“Mintalah,maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.” (Matius 7:7-8,)

“Dan apa saja yg kamu minta dlm doa dg penuh kepercayaan, kamu akn menerimanya.” (Mat, 21-22)

 

Bahkan Allah kita adalah Allah Sumber Kerahiman, sumber belas kasih dan yang selalu ber-belas kasihan kepada umatNya.

Dan banyak lagi ayat yang menyatakan betapa Allah Bapa dan Allah Putra sungguh murah hati dengan selalu ingin memberikan yang terbaik dalam segala hal untuk kita yang mengasihiNya.

 

Arti kata kemurahan sbg buah dari Roh Kudus ini adalah tindakan yang baik & benar yang kita lakukan untuk orang lain atau untuk melayani Tuhan dengan motivasi karena kita telah menerima kemurahan (keselamatan) dari Tuhan. Shg kita dgn penuh sukacita mau berbagi sgala berkat yang kita terima agar org lain juga merasakan & menerima sgala berkat yg Tuhan berikan.

 

Kemurahan sbg buah Roh Kudus, memampukan kita memiliki hati yg slalu bersedia: memahami, mengampuni, mengalah, rela berkorban, berbagi berkat & anugrah, memberi diri demi kebaikan org lain, rindu untuk selalu bisa memberikan pelayanan untuk Tuhan dan sesama, dg azas kasih dan penuh kerendah hatian. Dgn Roh Kemurahan, kita dapat smakin peka terhadap kebutuhan orang lain; yang pada dasarnya kebutuhan manusia, antara lain mencakup: words of encouragement, sympathy dan forgiveness; yang kita sampaikan berdasar sgala perkataan Allah dalan firman2Nya. Kesemua kemurahan ini diberikan dan dilakukan, hanya untuk kemuliaan Allah saja, sebagai tanda kasih kita kepada Dia yg sudah begitu mengasihi kita.

 

Kemurahan sbg buah Roh Kudus adalah karunia istimewa yang dimiliki oleh kita sebagai anak2 Allah. Seperti dikatakan: ”Banyak orang sudah menjauhkan diri dari Allah; semuanya telah sesat. Tidak seorang pun berbuat yang benar; seorang pun tidak!” (Roma 3:12); dikatakan bahwa bagi semua orang berdosa (di luar jalan Kristus) tidak mungkin dapat melakukan kemurahan ini.

 

Saat berfikir ttg kemurahan, bukanlah berarti sesuatu yg murahan (tdk berharga). ‘Kemurahan merupakan sesuatu yang bernilai tinggi tetapi rela diberikan kepada orang lain’. Dan kemurahan yg kita berikan akn mampu memberikan nilai yg berharga bagi org yg menerimanya; sehingga org lain bisa memandang kemuliaan Allah bersinar dalam diri kita.

Kita perlu mengetahui bahwa Allah penuh dengan kemurahan tetapi kemurahanNya adl hal yg sgt berharga.

Yesus Kristus berkata, “Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya lalu ia berbalik mengoyak kamu”. (Matius 7:6)

Hal ini dimaksudkan bhw Allah beserta firman2Nya adl suci dan kudus. Firman2Nya & berkat2Nya adl pemberian suci yg nyata yg membekali hidup kita kini sampai nanti. Juga segala perbuatan kasih kita (sebagai cerminan teladanNya) adalah benar dan kudus.

Namun Allah tau bhw didunia ini, ada mereka yg tidak mengenal Allah, yg memilih jalan iblis, yg menentang jalan kebenaran Allah krn tidak mau lepas dari hidup yg dikuasai oleh daging dan dosa, yang merasa enggan mendengar atau mengetahui kisah kasih Allah & kebenaranNya krn kenyamanan hidup keberdosaannya merasa diusik, yang tidak suka dengan kebaikan dan berkat yg kita bagikan; karnanya, Yesus mengingatkan kita untuk juga berhati2 terhadap angkatan tsb.

 

Agar kemurahan kita jangan sampai dianggap rendah sehingga membuat mereka menghina kita yg artinya adalah menghina Tuhan. Biarlah dimanapun berada, kita menjadi anak Tuhan yang menyalurkan kemurahan hati dengan tulus, anggun dan ber-martabat walaupun ini tidak mudah.

 

Dikutip dari :

http://kasihtuhan1.blogspot.com/2013/09/buah-roh-yang-kelima-adalah-kemurahan.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here