KEKUATAN PERSATUAN

0
855

Salah satu yang tidak disukai iblis adalah persatuan. Iblis tidak senang melihat anak Tuhan bersatu, hamba-hamba Tuhan bersatu, atau keluarga bersatu. Karena itu, iblis akan mencari dan menemukan cara untuk menciptakan perpecahan dalam kehidupan orang percaya. Mengapa iblis tidak suka dengan kesatuan hati dan kerukunan ??? Karena ia tahu di dalam persatuan, umat Tuhan akan menerima berkat-berkat dari Tuhan (Maz 133:1-3). Iblis adalah pencuri, sebagaimana digambarkan dalam Yoh 10:10 yang berkata, “Pencuri datang hamya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan, Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyai dalam segala kelimpahan.”

Sebagai orang percaya, kita perlu mewaspadai pekerjaan iblis di balik perpecahan yang terjadi. Di dalam perpecahan, iblis dengan mudah dapat memasukkan pengaruh jahatnya. Itu sebabnya rasul Paulus menasihati jemaat di Korintus”Tetapi aku menasihatkn kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan diantara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati berpikir.” Perbedaan pendapat dan ketidakcocokan pasti akan kita temukan, tetapi ketilka kita diperhadapkan dalam kondisi demikian, carilah solusi yang bijaksana. Jangan biarkan kebencian dan amarah menguasai, tetapi kalahkanlah siasat si iblis dengan mencari titik temu yang dapat diterima oleh pihak-pihak yang bermasalah. Ada berkat dan kekuatan di dalam persatuan. Gambarannya dapat kita lihat dalam ilustrasi di bawah ini :

Serombongan merpati terbang untuk mencari makan. Seekor dari merpati tersebut melihat butiran-butiran padi berserakan di sebuah pelataran. Ia pun mengajak teman-temannya menukik kebawah. Ketika mereka sedang asyik memakan padi tersebut, tiba-tiba sebuah jala yang cukup besar jatuh di atas mereka dan merpati-merpati tersebut terperangkap di dalamnya. Sebelum pemburu menangkap mereka, burung-burung merpati tersebut sepakat untuk merentangkan sayapnya dan terbang bersama-sama sambil membawa jala itu naik. Berat rasanya, tetapi dengan bersatu mereka berhasil membawa jala itu terbang. Di sebuah hutan dengan pepohonan yang tinggi mereka terbang dengan jarak berjauhan agar jala itu terentang. Lalu, mereka menukik dan jala itupun tersangkut pada pepohonan. Rombongan merpati itu keluar dari bawah, dan terbebas.

Meskipun cerita di atas hanya cerita ilustrasi belaka, namun ini merupakan gambaran mengenai persatuan. Banyak berkat yang kita dapatkan melalui persatuan. Saat ini jika sedang ada perpecahan diantara kita, upayakanlah pemulihan dan persatuan. Rendahkan diri untuk bisa memaafkan, saling menerima, dan memperbaiki sikap. Jangan biarkan iblis mengambil keuntungan dari ketidak harmonisan satu dengan yang lain.

 

Dikutip dari : http://jumadiklokid.blogspot.com/2011/01/blog-post_2537.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here