Karunia-karunia Roh Kudus dalam Alkitab

0
17

Alkitab sangat jelas mengungkapkan tentang jenis-jenis karunia-karunia Roh Kudus yang diterima oleh setiap orang percaya pada saat menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat secara pribadi. Karunia-karunia Roh Kudus adalah pemberian Roh Kudus kepada setiap orang percaya supaya setiap orang percaya dapat berperan aktif dalam membangun diri dan jemaat atau sesama tubuh Kristus. Perlengkapan rohani berupakarunia-karunia Roh Kudus ini sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan gereja. Di sisi lain, karunia-karunia Roh Kudus itu juga sangat dibutuhkan dalam rangka pemberitaan Injil Kristus atau penjangkauan jiwa-jiwa bagi Kerajaan Allah.

 

Karunia-karunia Roh Kudus dalam Alkitab

Berdasarkan catatan Alkitab, kita menemukan bahwa rasul Paulus sangat serius membicarakan tentang karunia-karunia Roh Kudus kepada jemaat-jemaat yang dilayaninya. Hal ini terlihat dalam tiga suratnya yang ditulis kepada tiga jemaat yang berbeda lokasi, namun memiliki kebutuhan yang sama akan pengertian mereka tentang Roh Kudus dan karunia-karunia yang ada pada mereka. Jemaat-jemaat dimaksud yaitu jemaat di kota Roma; orang Kristen di kota Korintus dan tubuh Kristus yang di daerah Efesus.

 

Memang rasul Paulus tidak memaparkan karunia-karunia Roh Kudus dalam surat-suratnya secara sistematis. Namun, rasul Paulus memberikan tekanan kepada keragaman, keharmonisan, kesatuan dan kerjasama yang solid antara karunia-karunia Roh Kudus yang satu dengan karunia-karunia Roh Kudus yang lain dalam penerapannya kepada pelayanan bagi tubuh Kristus.

Berdasarkan tulisan rasul Paulus kepada tiga jemaat yang berbeda tentang karunia-karunia Roh Kudus, kita akan melihat dalam Roma 12:6-8; 1 Korintus 12:8-10, 28-30 dan Efesus 4:11.

  1. Karunia Roh Kudus untuk menjadi rasul – 1 Korintus 12:28, dan Efesus 4:11.
  2. Karunia Roh Kudus untuk bernubuat – Roma 12:6, 1 Korintus 12:10, 28, Efesus 4:11.
  3. Karunia Roh Kudus untuk mengajar – Roma 12:7, 1 Korintus 12:28, Efesus 4:11 karunia mengajar dan pastoral.
  4. Karunia Roh Kudus untuk memberitakan Injil – Efesus 4:11, bandingkan dengan 2 Timotius 4:5.
  5. Karunia Roh Kudus untuk melayani – Roma 12:7.
  6. Karunia Roh Kudus untuk membagi-bagikan sesuatu dan menunjukkan kemurahan –Roma 12:8.
  7. Karunia Roh Kudus untuk memimpin – Roma 12:8 bandingkan dengan 1 Korintus 12:28.
  8. Karunia Roh Kudus untuk mengusir setan – Roma 12:8.
  9. Karunia Roh Kudus untuk berkata-kata dengan penuh kebijaksanaan – 1 Korintus 12:8.
  10. Karunia Roh Kudus untuk berkuasa – 1 Korintus 12:10.
  11. Karunia Roh Kudus untuk menyembuhkan – 1 korintus 12:9.
  12. Karunia Roh Kudus untuk berbahasa roh – 1 Korintus 12:10,28.
  13. Karunia Roh Kudus untuk menafsirkan bahasa roh – 1 Korintus 12:10, 28.
  14. Karunia Roh Kudus untuk membedakan bermacam-macam roh – 1 Korintus 12:10.Secara lengkap tentang karunia-karunia Roh Kudus, anda dapat membacanya di sini.

 

Bila kita perhatikan dengan saksama tentang paparan rasul Paulus berkaitan dengan karunia-karunia Roh Kudus di atas, kita bisa melihat bahwa susunan dan isinya bervariasi. Hal ini kita bisa mengikuti bagaimana rasul Paulus memandang Roh Kudus yang bertindak dalam otoritas, kedaulatan dan kekuasaan-Nya memberi karunia-karunia tersebut secara bebas dan beraneka ragam.

 

Dalam perspektif tersebut, kita bisa menangkap bahwa maknanya ialah setiap karunia Roh Kudus yang diberikan memiliki kekuatan dan keunikan tersendiri. Kendati demikian, kita tidak boleh memandang satu karunia lebih utama dari karunia yang lainnya. Dan kita juga tidak boleh memperlakukan karunia yang satu lebih baik dari karunia yang lainnya.

 

 

Roh Kudus yang memberikan karunia-karunia Roh Kudus kepada setiap orang bukan berdasarkan kehebatan orang tersebut, namun didasarkan pada otoritas dan kedaulatan Roh Kudus memberikan karunia-karunia itu kepada orang yang dikehendaki-Nya. Namun, bukan berarti bahwa Roh Kudus itu pilih kasih. Tetapi, Dia mengaruniakan itu untuk kepentingan bersama bagi pembangunan tubuh Kristus. Anda juga bisa baca bahan khotbah Kristen ini: MAKNA PENYALIBAN YESUS BAGI KITA.

 

Dikutip dari : https://kumpulankhotbahalkitabiah.blogspot.com/2015/04/karunia-karunia-roh-kudus.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here