2:26 pm - Friday April 20, 2018

Faedah Bahasa Lidah

garamdunia.com

Pada hari Pentakosta terjadi Baptisan Roh Kudus pertama dalam kamar loteng Yerusalem, 120 orang mulai berkata-kata dalam bahasa lidah. Apa faedah bahasa lidah ? Kalau Tuhan memberi pasti ada faedah dan ada maksudnya, bahkan begitu banyak dan penting, misalnya:

  1. TANDA BAPTISAN ROH KUDUS
    A.
    Percaya dan baptisan Roh Kudus itu berbeda Kis 8:6-8,12.
    B.
    Tanda satu2nya baptisan Roh Kudus Kis 2:4,33.
    C.
    Tidak dihentikan Allah sampai pengangkatan 2Tes 2:7.
    D.
    Perlu, tidak boleh dilarang / dihentikan 1Kor 14:5,39.
  2. TANDA ADA ROH KUDUS DI DALAMNYA Kis 2:4, baik dirasa sendiri atau dilihat orang lain, kecuali gejala botol parfum kosong.
  3. TANDA ADA HUBUNGAN BAIK DENGAN ALLAH. 1Tes 5:10; plihara hubungan baik dengan Allah, sumber keselamatan dan pertolongan.
  4. BAHASA DOA Mat 26:40. Bisa berdoa minimal 1 jam dengan betul, punya hidup doa, kekuatan orang beriman dalam segala sikon.
  5. DOA OTOMATIS Rom8:26-27. Sering kita tidak tau harus berdoa untuk apa; doa terus dalam bahasa lidah sampai yakin, ada sejahtera, pasrah pada Roh Kudus dan Bapa, maka Dia akan menyelesaikan semuanya 1Pet 5:7.
  6. BISA BERDOA DALAM ROH 1Kor 14:14, Yoh 4:23-24, bisa mencapai dunia roh, usir iblis dan bicara dengan Allah langsung 1Kor 14:2, hasilnya luar biasa, misalnya Musa, Elia.
  7. PEMBICARAAN DUA ARAH. Bahasa lidah itu doa dari dan ke Allah 1Kor 14:2. Jawaban Allah, kita bisa mengerti kehendakNya, pikiran Allah, kuasa, karunia.
  8. BERISI RAHASIA ALLAH 1Kor 14:2. Unik, hanya Allah yang tahu, rahasia untung, sukses bagi kita, bukan sia2. Biasanya tidak dinyatakanpada kita, atau hanya sebagian, kecuali diperlukan supaya kita berjalan dengan iman, harus percaya dan taat, akhirnya baru tampak. Rencana Allah yang indah sudah disediakan bagi kita Ef 2:10, Yer 29:11, 1Kor 2:6.
    Kalau bingung, berdoa saja dalam Roh sampai Tuhan beri sejahtera seperti Yakub waktu mau bertemu dengan Esaf.
  9. BISA BERDOA NON STOP
    Prinsipnya 1Tes 5:17 seperti dupa dari Mezbah Dupa yang tidak terputus Kel 30:8, Wah 5:8. Ini baru mungkin dilakukan dengan doa bahasa lidah. Ini dilakukan dengan:
    1. Doa bilik Mat 6:6
    2. Doa senantiasa, pakai setiap ada kesempatan 1Kor 14:14,18; Ef 6:18, Jud 20.
    3. Hubungan baik dengan Allah 1 Tes 5:10, Yoh 15:5. Hubungan dengan Tuhan jangan terputus, tetapi lekat dengan Tuhan 1Kor 6:17,kuat.
  10. DOA YANG SEMPURNA Rom 8:26-27 sebab kita tidak bisa berdoa dengan tepat dan betul, tetapi Roh Kudus berdoa untuk kita dengan sempurna, sebab Dia Allah, kita hanya berdoa dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23-24.
    Biasanya kalau Roh Kudus berdoa pada Bapa, juga Tuhan Yesus berdoa syafaat bagi kita, ada konferensi tingkat tertinggi, tingkat ilahi untuk kita.
    Semua dibicarakan secara pribadi dan bersamaan untuk semua umat Tuhan; ini semua karena doadalam bahasa lidah. Setiap kali kita berdoa dalam bahasa lidah dengan betul, maka doa kita naik dalam tingkat ilahi.
  11. DOA SYAFAAT OTOMATIS Rom 8:26-27
    Abraham doa syafaat bagi Lot, Abraham bingung. Andaikata ada bahasa lidah, bisa dengan otomatis dan tepat, sebab Roh Kudus yang mengerjakannya. Kita bisa berdoa lebih baik dengan bahasa lidah, lebih2 dalam saat kritis kita tidak tahu apa yang harus kita doakan, tetapi kita bisa berdoa dalam bahasa lidah, sambil membawa orang2 itu dalam pikiran kita kepada Tuhan (juga untuk diri kita sendiri).
    Doa syafaat otomatis ini bisa untuk:
    1. Orang2 yang perlu didukung dalam doa.
    2. Musuh dengan segala siasat jahat yang kita tidak tahu.
    3. Salah faham dengan seseorang.
    4. Segala problem dari orang2 perlu kita doakan.
  12. BISA MENJADI RUMAH DOA Mat 21:13. Ini kehendak Tuhan supaya hidup kita menjadi rumah khusus untuk doa. Tetap ada semua aktifitas dan pelayanan rohani lainnya, tetapi pusatnya adalah dalam doa non stop 1Tes 5:17, sebab ini jadi nafas hidup rohani kita. Mengapa? Hanya ada dua pilihan, rumah doa atau gua penyamun.
    Tanpa hidup doa, orang kristen akan kalah, jatuh dalam dosa, terseret dalam segala hawa nafsu dan percintaan dunia sehingga jadi gua penyamun, limpah dengan segala perkara dari iblis. Allah bertahta dalam rumah doa ini, indah, untung, Allah menjadi pusat kehidupan kita. Kalau tidak akanjadi gua penyamun seperti gereja Pergamos atau Yerobeam, masih Kristen tetapi jadi gua penyamun.
  13. DOA BERSAMA (PADUAN DOA) DALAM ROH
    Paduan suara, doa bersama dipimpin seseorang itu baik Mat 18:19-20, tetapi terbaik doa bersama dipimpin Roh yang memimpin langsung dalam hati semua orang yang berdoa, sepakat dalam doa dipimpin Roh, misal: Kis 2:4; 12:5, 12; 13:2.
    Sebab itu nikmati doa bersama dalam bahasa lidah, itu indah dihadapan Allah dan hasilnya akan indah.
  14. NYANYI DALAM ROH 1Kor 14:15. Kita bisa menyanyi dengan akal, bisa dengan Roh yaitu dalam bahasa lidah. Nyanyian sebagai korban puji-pujian itu indah Ibr 13:15, Maz 69:31, 32. hasilnya indah Maz 22:4. Apalagi nyanyi dalam Roh, hasilnya lebih indah sebab Roh Kudus sudah ada dalam kita, hadiratNya akan lebih kuat dan nyata seperti Paulus dan Silas yang bisa nyanyi dalam Roh Kis 16:25.
    Paulus nyanyi dalam Roh tidak sama dengan nyanyian biasa (pikiran orang yang menyanyi) tetapi dalam Roh, hatinya juga menyanyi dengan musik hati Ef 5:19, hasilnya lebih besar, kuasa dan mujizat Allah turun.
  15. MENGUATKAN IMAN 1Kor 14:4
    Kita harus hidup dengan iman Roh 1:17. Perlu iman yang besar dan kuat Mat 8:10, 26. Kita menerima janji2 Allah sesuai dengan iman kita Mat 8:13 sehingga kita bisa hidup berkemenangan dengan iman. Sebetulnya orang yang penuh dengan Roh Kudus tidak usah lemah imannya. Kita punya cara untuk menguatkan iman yaitu dengan bahasa lidah. Priksa diri (bereskan) lalu doa dengan bahasa lidah, iman akan jadi kuat dan bisa terus hidupberkemenangan.
    Orang Pentakosta imannya lebih kuat sebab punya dan tahu caranya untuk menguatkan, yaitu dengan bahasa lidah, lebih2 kalau doa minimum 1 jam sehari. Jangan bodoh atua malas atau tertipu, pompa iman dengan doa dalam Roh dan kebenaran.
  16. DIISI DENGAN KUASA ALLAH. Kis 1:8.
    Kita berperang dengan iblis, mutlak perlu kuasa Allah Ef 6:12.
    Untuk mengalahkan keinginan daging dan dunia, serta kekuatan untuk melakukan kehendak Allah; kita bisa mendapatkan limpah dengan berdoa dalam Roh (bahasa lidah) dan kebenaran Kis 1:8, Luk 24:49. Seperti minyak mengalir dari pohon Zaitun lewat pipa2 emas (hidup dalam kesucian) karena dalam reservoar (tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran) menjadi kuat seperti Pelita yang tidak bisa dipadamkan, sebab minyaknya tidak pernah habis Zak 4:12, Wah 11:2. Tekun doa seperti accu yang disetrom.
  17. MEMBUAT PERHENTIAN DALAM JIWA
    Di dalam bahasa lidah ada perhentian jiwa. Yes 28:11-12. Ini sudah dinubuatkan dalam Wasiat Lama dan mengalir begitu indah dan teduh sebagai sungai air hayat dan ini jelas2 tentang bahasa lidah dari Roh Kudus versi Perjanjian Baru Yoh 7:38-39. Orang yang lahir baru dan penuh Roh Kudus sebetulnya tidak perlu gelisah atau stress, depresi dll sebab kalau mau hidup benar dan berdoa terus menerus maka ia mempunyai sungai pribadi yang mengalir terus menerus sampai hidup yang kekal, luar biasa karya Roh Kudus.
  18. MEMBERI PENGHIBURAN. Yoh 14:16.
    Roh Kudus itu Roh Penolong, dalam KJI dll disebut Roh Penghibur. Orang beriman pasti pernah dibiarkan (diizinkan) Tuhan mengalami ber-macam2 pencobaan yang seringkali mendukacitakan hatinya.  Tetapi kita tidak perlu sedih, sebab kita mempunyai Roh Kudus sebagai Penghibur pribadi.
    Roh Kudus tahu jalan keluar yang terbaik sehingga kita bisa menang atas penderitaan itu, tidak sampai jatuh dalam dosa seperti istri Ayub. Roh Kudus memberi hikmat, pimpinan dalam penghiburanNya sehingga kita bisa mengatasi dan keluar dengan kemenangan. Roh Kudus tidak akan meninggalkan kita sendiri, Dia selalu siap menolong kita Yoh 14:18 (Piatu = tanpa penghiburan, KJ). Berdoalah terus dengan bahasa lidah, maka semua fungsi Roh Kudus akan nyata dalam hidup kita.
  19. MEMBERI SUKACITA. Kis 2:13,15.
    Orang Pentakosta terkenal penuh sukacita, nyanyi dengan kebebasan dalam Roh dengan tepuk tangan dan spontan 2Kor 3:17. Orang yang penuh Roh Kudus bersukacita di Gereja dan di rumah2nya, bukan di tempat2 rekreasi.
    Mengapa? Sebab sukacitanya bukan dari luar, tetapi dari dalam, sehingga menjadi sukacita sampai seperti mabuk anggur.
    Selalu ada saldo sukacita Yoh 16:22, Ams 4:23.
  20. BAHASA LIDAH SEBAGAI KARUNIA ROHANI.
    Bahasa lidah itu bisa menjadi tanda dari banyak hal, misalnya:
    1.
    Tanda baptisan Roh Kudus Kis 2:4; 10:46; 19:6.
    2.
    Bahasa doa 1Kor 14:14, Ef 6:18, Jd 20.
    3.
    Salah satu karunia Roh Kudus 1Kor 12:10.
    4.
    Salah satu jawaban dari Tuhan 1Kor 12:28-30.
    5.
    Tanda ada rahasia Allah 1Kor 14:2.
    6.
    Tanda Roh Kudus ada di dalamnya, dll.
    Sebagai karunia (ada ber-macam2 bahasa lidah, macamnya banyak) dan sebagai jawaban, itu perlu diterjemahkan sebab biasanya ini untuk melayani orang lain, atau untuk seluruh jemaat. Pelayanan dengan kata2 dari Roh Kudus itu indah, sebab tepat pada sasaran dan akan jadi. Kadang2 kalau kita tetap dipimpin Roh, meskipun tidak ber-kata2 dengan bahasa lidah, tahu2 kita sudah mengatakan terjemahannya pada orang itu dan itu pasti jadi berkat baginya, sebab Roh Kudus bicara kepadanya. Pesan raja atau presiden itu besar artinya dan dihargai, apalagi pesan Roh Kudus. Sebab itu berdoalah terus (non stop), sebelum, selama dan sesudah pelayanan.
  21. BAHASA LIDAH SEBAGAI JAWATAN DARI TUHAN, 1Kor 12:28-30.
    Ini kurang diajarkan, kurang dimengerti sebab itu kurang dikembangkan.Ini ada dalam daftar jawatan. Jawatan bahasa lidah itu menetap pada seseorang, lebih2 pada pelayanan pribadi, tetapi bisa untuk yang lain. Ini tidak seperti karunia bahasa Roh.
    Fungsinya hampir sama dengan karunia bahasa Roh, tetapi biasanya lebih mahir sebab ini menetap pada orang itu terus menerus seumur hidupnya. Dengan ini orang itu bisa melayani banyak orang dan menjadi berkat.
  22. KUNCI BERJALAN DALAM ROH, Yak 3:3-5.
    Orang yang berjalan dengan Allah itu dituntun Allah, bukan menuntun Allah (= gagal!).
    Bagaimana kita bisa dituntun Allah? Kalau kemudi hidup diserahkan kepadaNya. Ini terjadi kalau kita berbahasa lidah dan mau taat dipimpin Roh terus menerus. Hasilnya hal2 besar Maz 60:14.
    Orang yang tekun berdoa dalam Roh mempunyai kesempatan bisa berjalan dengan Allah dan melakukan hal2 besar dengan Tuhan.
  23. SALURAN KARUNIA-KARUNIA ROH.
    Kalau kita berdoa dalam Roh, Roh Kudus bicara dan kalau kita taati baik2, keluarlah 9 karunia Roh untuk melayani orang2 yang kita layani. Kalau kita berjalan dengan Allah dan berdoa terus dalam bahasa lidah, pada saat yang diperlukan Tuhan memberikan salah satu atau beberapa karunia2 Roh itu untuk melayani. Jadi berdoa dengan bahasa lidah adalah jalan raya karunia2 Roh. Kita harus peka mendengar suara Roh. Dalam bahasa lidah ada rahasia2 Allah 1Kor 14:2, dan itu menjadi sumber segala karunia2 Roh.
  24. METERAI ROH KUDUS, Gal 4:6, Efs 4:30.
    Waktu Roh Kudus masuk (ini baptisan Roh Kudus) –>> kita berseru dengan kata-kata bahasa lidah yang berarti “Bapa”, ini meterai Roh Kudus Ef 4:30.
    Ini tanda pemilikan Kristus Rom 8:9.
    Apa maksud Allah ? Ada harga dan artinya. Yaitu:
    – Sangat indah, ada rencana2 Allah yang besar, yang disediakan bagi umat milikNya yang sudah dimeteraikan.
    – Terpelihara secara ilahi.
  25. TANDA PUTRA ALLAH, Rom 8:14.
    – Orang yang percaya Tuhan Yesus Yoh 1:12, diangkat menjadi anak2 Allah.
    – Dibaptis dalam Roh Ef 7:30, Gal 4:6 – dimeteraikan.
    – Taat dipimpin Roh Rom 8:14, hidup sebagai putra2 Allah, baru nyata faedah dan keindahannya hidup dengan Allah.
    Jangan hanya di Gereja saja berbahasa lidah, di luar tidak dan berjalan sendiri, tidak lagi dipimpin Roh, itu kanak2 rohani, itu tetap hidup sebagai putra manusia.
    Waktu Roh Kudus turun ke dalam seseorang:
    a.
    Taat dengan lidah – ini menjadi meterai Allah, menjadi putra Allah pasif.
    b.
    Taat dengan perbuatan (dipimpin Roh) – menjadi putra Allah aktif.
    Putra Allah pasif (hanya bicara bahasa lidah) – aktif (taat dengan perbuatan, dipimpin Roh).
    Orang yang bisa ber-kata2 dalam bahasa lidah dan taat dipimpin Roh akan tumbuh mulai dari anak2 Allah menjadi putra2 Allah dan lama2 menjadi sama seperti Putra Allah yang sulung Yoh 12:4.
  26. TANDA PEKERJAAN ROH KUDUS VERSI WASIAT BARU, Yoh 7:39.
    Belum datang, belum ada, ditunggu-tunggu, itulah bahasa lidah! Ini tanda pekerjaan Roh Kudus versi Wasiat Baru!
    Untuk apa versi Wasiat Baru?
    1.
    Ini tandanya bahwa Roh Kudus sudah bisa bekerja penuh.
    2.
    Untuk mencapai target Allah yaitu menjadi seperti Kristus.
    3.
    Bisa menghadapi tantangan akhir zaman sehingga lolos dan ikut pengangkatan Luk 21:36.
    Tanpa bahasa lidah, orang beriman tidak bisa tahan, tidak mampu dan tidak bisa masuk dalam rencana Allah (Ingat murid2 tanpa bahasa lidah, berbeda!).
    Bisa berdoa dalam Roh itu untung, bisa pakai kuasa Allah, bisa masuk rencana Allah.
  27. IKUT PENGANGKATAN, 1Tes 4:16.
    Orang yang tidak bisa berbahasa lidah tidak bisa ikut pengangkatan.
    Orang yang bisa berbahasa lidah itu:
    – Roh Kudus ada di dalamnya.
    – Bisa mendengar suara Roh.
    – Pada waktu pengangkatan bisa mendengar suara komando ketiga Oknum Allah – berubah menjadi tubuh kemuliaan, bisa ikut pengangkatan Rom 8:11.
    Sebelum pengangkatan ada Hujan-akhir, semua yang sungguh2 ikut Tuhan semua akan penuh dengan Roh Kudus.
    Kalau sekarang sudah penuh Roh Kudus, bisa diolah lebih dahulu, mencicil, lebih untung. Orang yang tidak penuh Roh Kudus lebih mudah undur dalam arus dunia sehingga ada ke-mungkinan undur dan makin keras hatinya, tidak ikut pengangkatan Luk 21:34- 36.
  28. TANDA BAGI ORANG KAFIR, 1Kor 14:22.
    Bahasa lidah bagi orang kafir dianggap orang gila 1Kor 14:23, tetapi kalau ada tafsirannya itu menjadi kata2 Allah dan bagi mereka itu pasti cocok, berguna, menjadi tanda bagi mereka sehingga seringkali mereka membuka hati.
    Bahasa lidah di sini sama dengan Karunia Roh, harus diterjemahkan.
    Hadapi orang2 kafir, jangan takut, dengan bergantung pada Roh Kudus, dengan bahasa lidah dan tafsirannya, indah! Kerja dengan Roh Kudus itu heran, sebab cara ilahi itu luar biasa, tiada terbatas.
  29. TANDA PENGENAL BAGI ORANG LAIN, Yoh 1:33.
    Bagaimana kita bisa mengenali orang lain apakah ia dari Allah atau dari iblis ?
    1.
    Mat 7:15 lihat buah2nya, baik dalam kehidupan dan pelayanan. Biasanya ini perlu waktu.
    2.
    Bertemu langsung, doa dalam bahasa Roh minta Roh Kudus menyatakan siapa orang ini, dengan karunia2 membedakan Roh.
    3.
    Dalam doa bersama dengan bahasa Roh, kita juga bisa mengenalinya.
    Semua tanda2 Roh Kudus turun ke atasnya, itu meneguhkan.
    * Yohanes mengenali Putra Manusia sebab Roh Kudus langsung bicara kepadanya. Zaman sekarang kita bisa berdoa dalam Roh sampai Roh Kudus memberi kaunia membedakan roh.
    * Petrus mengenali Simon penyihir Kis 8:20- 23.
    * Paul menegur Korintus yang tidak bisa mengenali orang2 yang datang 2Kor 11:4.
    * Kalau belum jelas, terus berdoa dalam Roh.
  30. PEKERJAAN ROH KUDUS LAINNYA Luk 4:18.
    Ada ber-macam2 pekerjaan yang dilakukan Roh Kudus di dalam kita melalu bahasa lidah, baik secara langsung (paling sedikit 30 macam) atau secara tidak langsung (jumlahnya tidak terbatas). Roh Kudus adalah Allah yang maha kuasa dan tidak terbatas.
    – Yoh 16:13 Roh Kudus membukakan akal kita sehingga kita bisa mengerti kebenaran Allah. Kalau rindu, berdoa terus dalam bahasa lidah.
    – Gal 5:22-23 Buah Roh akan nyata dalam hidup kita.
    – Luk 4:18; 24:19 Roh Kudus membuat kita bisa mencelikkan mata yang buta, membebaskan orang yang tertawan dan ber-macam2 mujizat dan tanda2 ajaib lainnya.
    – Segala hal yang dikehendaki oleh Roh, tidak terbatasnya.
    Jadi dalam no 30 ini termasuk segala perkara yang dikehendaki Roh Kudus, dahsyat.

Ditulis oleh Pdt. Jusuf B.S.

Disalin tanpa perubahan dari www.tulang-elisa.org pada tanggal 28-09-2011

Filed in: Diskusi Kekristenan, Santapan Rohani

No comments yet.

Leave a Reply