6:54 am - Tuesday August 14, 2018

Pengetahuan tentang Allah yang Ajaib

garamdunia.com

PENDAHULUAN

Pasal ini menceritakan tentang kekaguman Daud tentang kemahatahuan Allah yang luar biasa. Pengertian ini membuat Daud selalu memeriksa diri (ayat 23-24) dan ini juga yang membuat hidupnya menjadi tulus dan sukses di hadapan Tuhan. Begitu juga setiap orang beriman lain yang bisa mengerti pasal ini dengan baik dan mau memperkenankan Tuhan, maka ia juga akan dapat memiliki satu hidup yang tulus dan berkenan kepada Tuhan, juga sukses2 rohani dan jasmani yang indah seperti Daud. Mintalah pimpinan Roh Kudus untuk bisa mengerti seperti Daud.

MAZMUR 139:1 TUHAN MENGENAL SETIAP ORANG

Dalam Wasiat Lama ibadah itu cara lahiriah, misalnya cuci tangan dan kaki, pakaian, korban domba, sunat, perang dll). Dalam Wasiat Baru ibadah itu lebih ditekankan secara batiniah, dalam hati).

Musik dalam Wasiat Lama mendapat penekanan yang penting, misalnya Maz 149:3; 150:3-5, tetapi di dalam Wasiat Baru hampir2 tidak ada ayat yang menekankan tentang musik seperti dalam Wasiat Lama, yang ada hanya musik hati Ef 5:19.

Musik biasa tetap kita pakai dan itu tidak salah, bahkan indah. Kalau yang bermain itu ada di dalam pengurapan Roh Kudus, maka musik bisa dipakai Tuhan untuk menjamah dan memberkati orang2 yang mendengar dan membuka hatinya.

Gambar: orang menyanyi dengan musik hati

Musik hati itulah sukacita oleh pengurapan Roh Kudus waktu menyanyi, itu menyertai dan mewarnai nyanyian kita di hadapan Allah. Ada orang yanglebih senang menyanyi atau mendengar nyanyian dengan musik, juga Tuhan ingin mendengar nyanyian kita disertai musik, tetapi bukan musik biasa, melainkan musik hati. Orang yang penuh dan dipimpin Roh, akan ada sejahtera dan sukacita ilahi dalam hatinya, maka ia bisa menyanyi dengan sukacita ilahi dalam pengurapan Roh Kudus, inilah musik hati. Semua orang beriman, seharusnya menyanyi seperti ini. Pemimpin musik dan puji2an harus selalu punya musik hati, ini yang indah dan berkenan bagi Tuhan.

Tuhan terus menerus menyelidiki dan mengenal kita satu per satu. Se-olah2 ada monitor untuk setiap orang di dunia ini (lebih2 untuk umat Tuhan) di hadapan hadirat Tuhan. Semua diketahui dan dikontrol oleh Tuhan, bahkan oleh ketiga Pribadi Allah. Pikiran Tuhan Allah itu luar biasa, ia bisa mengenal setiap orang lengkap dari luar sampai dalam hati pikirannya dan ini berlaku untuk semua orang di dunia. 1Sam 16:7.Inilah Allah yang maha tahu, maha kuasa, maha suci yang menguasai seluruh dunia dan setiap orang sampai jumlah rambut2 masing2 juga diketahuiNya Mat 10:30. Sebab itu kita tidak perlu takut atau kuatir, karena tidak ada sesuatupun yang bisa terjadi kebetulan bagi kita, Allah tahu semua dan paling sedikit mengizinkan hal itu terjadi pada kita. Percayalah akan Tuhan dan hadapi semua perkara besar, kecil dengan Tuhan, minta pimpinanNya. Jangan jalan sendiri. Kalau Roh Kudus tinggal di dalam kita dan menyertai kita, kita bisa bebas kuatir dan bebas takut selama kita dipimpin dan dikuasai Roh Kudus.

MAZ 139:2 DUDUK ATAU BERDIRI, SAMPAI PIKIRAN KITA, SEMUA DIKETAHUI ALLAH

Maz 139:2 Engkau mengerti pikiran saya dari jauh. (KJI)

Waktu duduk, tidak bergerak atau berdiri, waktu macet atau berkembang, baik jasmani dan rohani, Tuhan tahu semua keadaan kita, juga sebab2nya, jangan kuatir. Kita yang sering tidak tahu keadaan kita sendiri, tetapi kalau kita mau bertanya pada Tuhan, Dia pasti akan memberitahukannya, asal kita siap untuk taat pada pimpinan atau kehendakNya. Bahkan semua sikon kita dan apa yang akan terjadi pada kita, misalnya kecelakaan, malapetaka, atau apa yang hendak dibuat orang2 lain kepada kita, semua sudah diketahui Tuhan lebih dahulu. Kalau itu sampai terjadi pada kita, itu bukan kebetulan, itu semua terjadi ada sebabnya dan Allah mengizinkannya untuk menjadi kebaikan bagi orang yang cinta Tuhan atau yang mau bertobat dari dosa2nya, misalnya: Nabi Elisa memberitahu raja I-srael, rencana2 penghadangan dari raja Syam (Aram) 2Raj 6:10. Kita sungguh2 ada dalam pantauan dan kontrol Allah dengan sempurna; asal kita mau dipimpinNya, kita aman dalam perlindunganNya bahkan kalau Tuhan izinkan celaka itu datang, itupun akan menjadi kebaikan bagi kita. Rom 8:28.

ENGKAU MENGERTI PIKIRAN SAYA DARI JAUH

Biasanya orang dekat seperti isteri atau suami bisa me-ngira2 pikiran suami atau isterinya. Tetapi Tuhan tahu dari jauh. Dari jauh ini istilah Alkitab artinya bagi kita Tuhan itu se-olah2 jauh, kita tidak melihat Dia tetapi bagi Tuhan, Dia tahu tepat isi pikiran kita. Se-olah2 Dia begitu dekat dengan kita, sampai tahu isi hati dan pikiran kita dengan lengkap dan tepat.

Sebab itu kita harus takut akan Tuhan dimanapun, kapanpun dan dalam hal apapun, Dia tahu segala isi pikiran kita dan gerakan2nya. Hendaklah kita mencocokkan semuanya dengan Firman Tuhan, itu cocok dengan pikiran Kristus. Kalau mulai timbul pikiranbenci, cabul, dendam, sombong dll, langsung buang, jangan sampai mulai merencanakan atau membayangkan yang dosa. Dia tahu dan mengikuti terus dengan dukacita! Berdiri benar di hadirat Tuhan Kej 17:1 itu sampai dalam pikiran dan angan2 kita, juga sampai semua masa lalu kita juga harus dibereskan di hadapan Tuhan, kalau tidak, masa lalu yang tidak dibereskan itu akan ada penuaiannya, akan ada akibat2nyalekas bereskan sebelum timbul apa2, maka rencana Allah yang indah2 termasuk segala berkat jasmani dan rohani akan bebas datang kepada kita, akan jadi dalam hidup kita dan itu yang paling indah. Allah adil dan Ia akan membalas semua yang baik dan yang jahat.

MAZMUR 139:3 TUHAN MEMAHAMI JALAN SAYA JUGA WAKTU BERBARING

Segala cara kerja kita, jalan2 kita dikenalnya dengan teliti dan lengkap tepat. Segala kebiasaan dan kelemahan kita semua diketahuiNya. Sebab itu kalau seorang hendak memakai alasan untuk menyembunyikan sesuatu ia sia2, itu mendustai Allah. Sebab itu sia2 bicara baik2 tetapi hatinya sebaliknya, lebih baik bicara dengan tulus dan benar, Tuhan lebih senang. Memang orang yang tidak percaya, kata2nya akan kasar dan sering menuduh Allah seperti Israel di padang gurun menuduh Allah macam2, tetapi orang yang percaya bisa ber-kata2 dengan iman dan itu baik kepada Allah. Israel menuduh Allah dan kata2 tuduhan itu dibuat Allah betul2 terjadi pada mereka Bil 14:28. Juga panglima raja yang menantang Allah seenaknya dengan logikanya 2Raj 7:2, ia makan buah2 mulutnya.

Jangan berani melawan Allah, bisa celaka 1Kor 10:22. Tetapi kalau kita mohon kemurahanNya, Tuhan penuh dengan kemurahan dan belas kasihan. Bahkan Lot yang jelek itu ketika ia minta kemurahan Tuhan untuk berlindung di Zoar, sekalipun Zoar mau dihancurkan, toh diberi karena kemurahanNya Kej 19:19-20. Juga Tuhan mendengar doa Yunus yang berdosa. Yang bersalah, mintalah ampun lalu jaga hidup dalam kesucian. Apalagi kalau seorang berkenan pada Tuhan, harap kemurahan Allah, pasti Tuhan yang adil memberi lebih banyak kemurahanNya. Jangan kasar, melawan, menantang Allah, bisa celaka, apalagi orang sombong seperti Belsyazar, atau Absalom yang manis mulutnya, tetapi jahat hatinya, celakahlah ia.

MAZMUR 139:4 TUHAN TAHU APA YANG BAKAL KITA KATAKAN

Maz 139:4 Karena belum ada sebuah katapun ……

Belum bicara, Tuhan sudah tahu, apa yang bakal kita katakan, sebab memang Dia maha tahu.  Sebab itu kalau kita minta pertolongan dan pimpinan Roh Kudus, kita bisa merevisi (memperbaiki) kata2 yang masih belum dikatakan, sehingga yang keluar hanya kata2 yang baik dan betul. Biasanya Roh Kudus sudah mengingatkan kita, kalau kita akan mengatakan apa2 yang salah, sejahtera Allah dalam hati kita akan terganggu, sehingga rasanya gelisah, maka kita patut menanyakan kepada Tuhan.

Tuhan tahu akibat dari setiap kata, karena orang akan makan dari kata2 atau buah mulutnya Ams 18:20-21. Bahkan mati hidup itu ada dalam kuasa lidah.

Kalau kata2 kita yang bakal keluar bisa diperbaiki lebih dahulu, itu untung sekali. Berdoalah minta pimpinan Roh Kudus untuk ber-kata2, jangan kata2 kita yang keluar tetapi kata2 dari Roh Kudus yang ditaruh dalam mulut kita Mat 10:19. Kalau seorang bisa ber-kata2 dengan baik seperti ini, maka ia bisa menguasai seluruh hidupnya dan pada waktu itu segala kata2nya tidak bercacat cela, “waktu itu” ia sempurna. Kalau begini terus menerus, maka ia akan cepat tumbuh kepada kesempurnaan yang se- penuh2nya. Yak 3:2,4. Sebab itu pegang lidah, yaitu kemudi hidup ini baik2, maka kapal hidup kita akan jalan dengan selamat, tepat dan sampai pada pelabuhan2 indah yang sudah direncanakan Allah bagi kita, dan di rencana Allah itu pasti besar faedahnya, indah dan mulia.

Gambar lidah = kemudi Yak 3:4

Ingat menguasai hidup kita itu kuncinya ada dalam mulut yaitu menguasai kemudinya yaitu lidah. Minta tolong Roh Kudus untuk menguasai mulut ini (kata2 kita).

Memang tanda dari baptisan Roh Kudus itu justru ada di lidah, kunci hidup kita. Caranya:

  1. Mulut atau lidahnya diserahkan untuk mengeluarkan suara dan
  2. Lidah kita dikuasai Roh Kudus, maka Roh Kudus memimpin lidah kita sehingga keluar suatu bahasa yang disebut bahasa lidah. Mengapa disebut bahasa lidah? Mengapa tidak disebut bahasa pikiran (bahasa atau kata2 yang keluar dari pikiran, hasil pemikiran kita) atau bahasa hati (bahasa atau kata2 yang keluar dari hati atau karena perasaan hati kita), atau bahasa emosi dll.

Bahasa lidah adalah bahasa yang keluar dari lidah itu sendiri karena dikuasai Roh Kudus dan kita tidak mengerti apapun dari kata2 bahasa lidah ini 1Kor 14:2. Tetapi dengan bahasa lidah ini kita berbicara pada Bapa di Surga Rom 8:26-27 dan Bapa mengerti artinya.

Dengan adanya bahasa lidah ini kita selalu ingat untuk ber-kata2 atau berdoa dalam bahasa lidah sebab Roh Kudus yang punya hak untuk terus memegang lidah kita sehingga hidup ini terpelihara dalam jalan Allah. Orang yang tidak mengendalikan lidahnya itu menipu dirinya sendiri dan ibadahnya itu sia2 Yak 1:26. Ini kunci hidup yang amat indah, kalau kita bisa menguasainya.

MAZMUR 139:5 TUHAN MENGEPUNG DAN MELETAKKAN TANGANNYA

Tuhan mengepung bukan dengan maksud jahat. Kalau Tuhan mau menghukum, dari jauhpun Ia mengepung dari muka dan belakang, maksudnya menahan kita maju atau mundur supaya jangan menjadi celaka bagi kita, sebab Dia tahu lebih dahulu. Kadang2 kita terhalang, misalnya kecewa atau marah2, sebab menganggap se-olah2 Tuhan tidak menolong menyingkirkan halangan itu, tetapi sesungguhnya itu untuk menolong kita, menyelamatkan supaya kita mengalami yang terbaik.

Cerita orang yang ketinggalan kereta api, tahu2 kerata api itu mengalami kecelakaan dan karena terhalang, ia diselamatkan. Tuhan tahu tepat apa yang akan dan sudah terjadi, sebab itu selama kita taat dipimpin Roh, Tuhan akan memimpin kita dalam jalanNya yang indah dan semua akan yang terjadi pada kita akan menjadi kebaikan bagi kita, percayalah akan kuasa dan perlindungan Tuhan, asal kita tetap tinggal dalam Dia (dalam kesuciandan taat dipimpin Roh, bukan ber- sungut2 atau hidup dalam dosa). Juga Daud yang mau dibunuh sampai 9x oleh Saul, se-olah2 Tuhan membicarakan Saul, tetapi sesungguhnya Daud dilindungi Tuhan, sekaligus masa2 ini menjadi pengalaman dan pengolahan untuk mendidik Daud tetap mempercayai Tuhan, taat, dan tidak bereaksi dosa.

TANGAN TUHAN DI ATAS KITA, sehingga:

  1. Kalau tangan Tuhan di atas kita Neh 2:8,18, maka apa saja yang kita buat akan beruntung. Sebab itu tinggallah dalam Tuhan dan pertahankan tanganNya atas kita. Allah itu adil, maha suci, sebab itu kita harus tetap suci dan di jalan Tuhan, maka tangan Allah akan tetap di atas kita.
  2. Kalau kita mau berjalan dengan betul sesuai dengan Firman Tuhan, Dia sanggup memimpin dan menyertai kita, maka kita tidak perlu kuatir apapun, sekalipun dalam  pengolahan, semuanya akan menjadi faedah dan keuntungan bagi rohani kita. Ini bukan berarti selalu enak, dipimpin Tuhan itu bisa berarti berjalan di tengah2 bayang2 maut, tetapi tidak kena. Maz 91:7.
  3. Jalan dengan Tuhan itu indah sebab kita akan mengalami rencana Allah yang terindah seperti Abraham, Yusuf, Daud, Daniel, rasul2 dll.

MAZMUR 139:6 PENGETAHUAN ILAHI YANG TERLALU TINGGI

Ini tidak bisa dimengerti dengan pikiran manusiawi, bagaimana cara hidup Allah yang luar biasa, maha tahu, maha kuasa, maha besar dan tetap adil dan baik. Sebab itu kita harus mengenal Allah dan memperkenankanNya dengan hidup benar di hadapan Nya, maka Ia akan menyertai dan memberkati kita senantiasa. Kita harus mencocokkan diri dengan selalu hidup benar dan taat akan FirmanNya di hadapan Allah yang maha tahu. Asal kita tulus mau taat kepadaNya, dengan segenap kemampuan kita, mengasihiNya, Ia akan penuh dengan anugerah, kemurahan dan kasih akan kita. Seperti anak kecil dihadapan orangtuanya, yang tulus, cinta dan taat, sekalipun dalam beberapa hal tidak sanggup, bapaknya akan menolongnya. Begitu Allah akan menolong dan mengisi segala kekurangan dan kelemahan kita asal kita tulus dan benar di hadapanNya. Jangan sembunyi, pura2 atau nyubal (merekayasa), semua akan ketahuan dan Ia akan membuang atau meninggalkan orang yang tidak tulus!

MAZMUR 139:7 TIDAK BISA LARI DARI HADIRATNYA

Kita tidak bisa lari dari Tuhan, sebab Dia menguasai kita. Yunus lari dari hadirat Tuhan Yun 1:3, tetapi ia tidak berdaya, ia tetap dalam kuasa Tuhan dan diserahkan Tuhan kepada ikan. Baru sesudah Yunus bertobat, ia dikeluarkan dari mulut ikan. Sia2 lari dari hadapanNya.

Jangan lari ke-mana2, jangan bohong atau dusta, kemana saja dengan pura2 atau dusta bagaimanapun akan ketahuan. Sebab itu kita harus selalu hidup benar di hadapan Tuhan dengan tulus. Lebih baik mengakui semua de-ngan jujur daripada putar2 atau me-nyalahkan orang lain, menambahi dusta dan siasat, itu akanmenambahi hukuman dan mengurangi hal2 indah yang sudah disediakan Tuhan bagi kita.

MAZMUR 139:8 TUHAN ADA DI SURGA DAN NERAKA

Sekarang Tuhan ada di Surga dan hadiratNya bisa sampai Neraka, Ia tahu tepat keadaan di Neraka. Tetapi sesudah kiamat, Surga Bumi Baru dan tasik api akan terpisah sama sekali 2Tes 1:9.

Sampai sekarang, Abraham di Surga masih bisa komunikasi, ber-cakap2 dengan orang kaya di neraka dengan lancar, tetapi sesudah kiamat tidak ada hubungan lagi, bahkan copot dari pikiran dan hati orang2 di Surga, juga dari Allah Yes 65:17. Tuhan tahu semua tentang siapa saja dengan lengkap, juga kebusukan semua rencana iblis dan setan2 terbuka dan telanjang di hadapan Allah, apalagi manusia Ibr 4:13. Mau lari dan sembunyi di mana saja, sia2.

MAZMUR 139:9-10 DENGAN SAYAP FAJAR KE UJUNG LAUT, TETAP DIPEGANG TUHAN

Fajar itu hanya ada sebentar lalu hilang, tetapi Tuhan bisa mengikutinya. Kemanapun kita pergi, ke tempat2 yang tidak bisa dicapai orang, Dia tetap bisa memimpin dan menyertai kita. Jangan kuatir masuk dalam kasus/ problem yang sulit dan tidak bisa diikuti orang lain. Kadang2 kita masuk dalam problem pribadi dan tidak seorangpun tahu atau bisa tahu, kalau kita benar, jangan takut, tetap hidup benar dan taat dipimpin Roh, maka Tuhan akan menyertai kita, jangan ragu2. Kemana saja kita pergi Dia tahu dan kalau kita benar, Dia akan beserta sampai kesudahan alam. Tuhan sanggup menyertai kita sekalipun orang2 sudah lupa akan kita, asal kita tetap percaya, benar, mau taat akanpimpinanNya, ia akan memimpin kita terus dan Ia pasti bisa membela dan menolong kita.

MAZMUR 139:11-12 KEGELAPAN DAN TERANG SAMA SAJA BAGI TUHAN

Orang lari dalam gelap, maka ia tidak bisa kelihatan lagi, hilang; tetapi di hadapan Tuhan, gelap menjadi terang sekelilingnya. Juga malam di hadapan Tuhan menjadi bersinar seperti siang, sia2 bersembunyi atau lari dari hadapan Tuhan. Suka menyembunyikan sesuatu dari Tuhan itu sifat yang jelek, itu berarti mengelabui dan menipu Tuhan, akibatnya lebih parah. Dengan menyembunyikan dosa, dosanya tambah banyak (sebab tambah dosa dusta, pura2 dll) hukumannya tambah berat. Dia Hakim yang adil, pasti hukuman akan jatuh pada orang berdosa.

Memang hukumannya lambat Pkh 8:11, sebab Ia penuh belas kasihan dan kemurahan, sehingga ia memberi waktu untuk bertobat! Tetapi kalau waktu yang diberikan lewat, tetap keras hati dan tetap mau menipu Allah, hukumannya akan datang, pasti lebih celaka sebab dengan sengaja mau menipu Allah.

Kadang2 kita menghadapi problem2 yang direkayasa, limpah dengan fitnah dan dusta, tetapi dihadapan Allah semua itu jelas seperti terang dan siang. Jangan takut menghadapi problem atau kasus2 demikian, tetap percaya dan harap Tuhan, jangan kita terpancing untuk bereaksi dosa dengan marah, balas mengumpat dan menfitnah, itu bisa mengakibatkan kita jadi ikut bersalah, tetapi serahkan pada Tuhan, tetap hidup benar, tetapi jangan bertindak ngawur, minta pimpinan Tuhan, taati pimpinanNya senantiasa.

Tunggu Tuhan yang bekerja, Allah sanggup 100% membuka perkara yang tersembunyi dan yang dipalsukan, tetapi jangan kita bereaksi atau hidup dalam dosa. Kalau ada dosa bereskan Yak 4:7,8, lalu kembali di pihak Tuhan, dan terus dipimpin Roh. Hal2 seperti ini bisa terjadi di mana2. Dalam pekerjaan, pelayanan, sekolah,pergaulan dll, bahkan dalam keluarga masih mungkin ada problem yang diputarbalikkan. Jangan terpancing untuk bereaksi dosa, tetaplah benar di hadapan Allah, maka Allah yang tahu semua yang tersembunyi akan membela yang benar.

Saul punya banyak alasan dan dusta sampai seluruh tentaranya memihak Saul mau membunuh Daud 9x, tetapi Tuhan tahu yang benar dan sesudah cukup lama (selama ini Daud diolah), akhirnya Tuhan mengangkat Daud. Tuhan tidak langsung melepaskan dan mengangkat Daud, sebab Saul diberi waktu untuk bertobat dan Daud juga perlu dibentuk dan ini menjadi pengolahan bagi Daud. Juga Yusuf, Daniel, Paulus dll. Yacob akhirnyabaru melihat bahwa saudara2 Yusuf begitu busuk, mereka memutarbalikkan kejahatan mereka dan mereka,bisa menutup perkara ini selama kurang lebih 22 tahun, tetapi sebab Yusuf tidak bereaksi dosa, ia dibenarkan dan diangkat Tuhan. Jangan ragu2 akan Allah yang maha tahu, tetap hidup benar, jangan bereaksi dosa, maka pada waktunya (sesudah pengolahan bagi kita cukup, kadang2 cukup lama) Ia akan bertindak melepaskan dan mengangkat kita!

MAZMUR 139:13 SEPERTI DIBENTUK DALAM RAHIM

Seperti bayi dibentuk, semua orang tidak tahu apa2, tahu2 jadi begitu indah. Begitu juga Tuhan bekerja dalam sembunyian, tidak ada orang tahu, tahu2 lahir seorang bayi yang manis, tanpa pertolongan manusia. Allah sanggup menolong orang yang harap Tuhan seperti Yusuf yang dianggap sudah mati, sepenuhnya ditolong Tuhan.

Hadapi setiap kasus dengan Tuhan, Tuhan sanggup menolong dalam persembunyian (tidak ada orang tahu)asal kita benar (atau kalau salah, bertobat sungguh2 seperti Yunus dalam perut ikan) Tuhan bisa menolong tanpa orang lain ikut campur. Semua orang sudah mengira Yunus mati, tetapi tahu2 Allah menyelamatkan nabi yang bertobat ini.

Gambar Yunus dalam perut ikan

Kalau sudah sampai waktunya, tahu2 lahir Yusuf sebagai orang top di Mesir. (berapa lama Tuhan mengolah? Lama? Tuhan tidak pernah salah menghitung waktunya; itu tergantung dari masing2 kita, kalau hidup benar, taat, bisa diolah untuk tingkat yang tinggi2, maka waktunya akan lebih cepat). Hidup benar dan taat di ha-dapan Tuhan itu sangat indah, Dia sanggup mengolah dan mengubah orang yang mau taat dan tetap berkenan pada Tuhan, lewat suatu waktu, tahu2 jadi indah dan mulia.

KESIMPULAN

Allah maha tahu, maha kuasa dan kasih. bertobatlah sungguh2, jangan sembunyi, jangan memakai ber-macam2 alasan atau pura2menipu Allah atau nyubal/ rekayasa. Kalau kita benar, jangan takut, tetaplah berdiri benar dan tetap taat dipimpin Roh, Allah sendirian sanggup menghasilkan Yusuf dalam tempat persembunyiannya sampai akhir keluar menjadi sangat indah; Yunus yang bertobat, sekalipun sendirian dalam perut ikan, Tuhan tahu dan Dia sanggup menolongnya. Tetapi jangan lupa kita harus terus benar dan berkenan pada Allah seperti Yusuf. Tentu bisa bersekutu dalam tubuh Kristus, tolong menolong dengan saudara2 yang lain, itu lebih ringan dan ber-sama2 menghasilkan kekuatan yang besar.Tetapi yang penting, sendiri atau ber- sama2, masing2 kita harus hidup benar dan taat berjalan dengan Tuhan. Hadapi semua kasus dengan cara ini, Tuhan pasti memberi kita kemenangan yang indah2.

Ditulis oleh Pdt. Jusuf B.S.

Disalin tanpa perubahan dari www.tulang-elisa.org pada tanggal 28-09-2011

Filed in: Kotbah, Santapan Rohani

No comments yet.

Leave a Reply