2:05 am - Monday June 25, 2018

Khotbah Petrus tentang Akhir Zaman

garamdunia.com

KIS 2:16 NUBUATAN NABI YOEL 2:28-32

Zaman Petrus sudah disebut akhir zaman sebab tanda-tanda nabi Yoel sudah terjadi. Jadi definisi akhir zaman adalah antara Hujan Awal dan Hujan Akhir, 2000 tahun terakhir di mana Roh Kudus bekerja dengan nyata dalam semua orang yang percaya dan mau menyerah dipimpin Roh. Minggu ke-70 Daniel adalah akhir dari akhir zaman. Ini semua sudah dinubuatkan oleh Yoel yang disuruh Tuhan, Tuhan tidak pernah keliru, sebab umat-Nya harus tahu sebelumnya Amos 3:7 untuk bisa bersedia Mat 21:42-44.

KIS 2:17 ROH KUDUS DICURAHKAN ATAS SEMUA DAGING

Ini membuka babak baru dalam Wasiat Baru, yaitu semua orang yang percaya bisa penuh Roh Kudus. Padahal dalam Wasiat Lama yang baru berakhir hanya 1 atau 2 orang terpenting yang penuh Roh Kudus.

Tetapi mengapa dikatakan Roh Kudus dicurahkan pada semua daging (KJI)? Sebab manusia itu daging jua atau hawa nafsu Maz 78:39, Kej 6:3. Meskipun kita sudah lahir baru (apalagi yang belum) kita tetap ditarik oleh kedagingan atau hawa nafsu yang ada di dalam kita. Sebab meskipun sudah lahir baru (orang dalam sudah menjadi baru dan lengkap seperti Kristus sekalipun dalam bentuk benih), tetapi orang luar kita masih belum ditebus (kita menunggu tebus tubuh Rom 8:23, Ef 4:30 KJI). Jadi orang barupun bisa ditarik oleh hawa nafsunya (dagingnya) untuk menuruti daging padahal kita sudah lahir baru. Sebab itu kita harus mematikan daging ini terus menerus Luk 9:23, Rom 6:6 supaya kita tidak kena tarikannya (juga tarikan dari dunia dan iblis).

Jadi orang lahir baru itu tidak otomatis menjadi suci, tetapi tetap masih harus bergumul (seperti Putra manusia Yesus sendiri juga bergumul di Getsemani) yaitu dengan memilih untuk taat pada Firman Tuhan sekaligus mematikan kehendak daging dalam dirinya.

Orang beriman bisa hidup suci kalau mau sebab sudah lepas dari hukum dosa dan maut, tetapi orang dosa hanya punya satu pilihan yaitu menurut daging karena semua orang berdosa, dikuasai hukum dosa dan maut seperti Rom 7:19, tetapi orang baru sudah merdeka oleh Tuhan Yesus Rom 7:25. Justru dengan penuh Roh Kudus kita mendapat kuasa Kis 1:8. Baptisan Roh Kudus adalah baptisan kuasa, sehingga kita dengan lebih mudah (sebab ada kuasa Roh Kudus) bisa mematikan daging dan dapat mentaati pimpinan Roh Kudus, sehingga Roh Kudus bebas bekerja dalam kita untuk melakukan banyak perkara-perkara besar dan heran Maz 60:14, Zak 4:6.

ANAK-ANAKMU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN AKAN BERNUBUAT

Anak-anak berarti sangat muda, tidak punya pengalaman, semua bisa dipakai, asal mau hidup benar dan taat dipimpin Roh, Roh Kudus yang luar biasa, anak-anak yang dipimpin juga menjadi luar biasa!

Nubuat punya dua arti yaitu:

  1. Karunia Roh 1Kor 12:7-11 atau
  2. Jabatan Ef 4:11. Jabatan hanya bagi orang yang sudah dewasa rohani dan hanya beberapa orang yang menjadi nabi, sangat sedikit, hanya 1 atau 2 orang. Tetapi bernubuat sebagai karunia Roh itu bisa dilakukan setiap orang yang sudah dibaptis dengan Roh Kudus, luar biasa. Bahkan anak-anak juga bisa! Memang ini adalah kehendak Tuhan yang ingin kita semua bernubuat 1Kor 14:1.

Nubuat adalah yang terutama dari karunia-karunia Roh 1Kor 12:7-11, 14:1. Sebab itu seharusnyalah kita terus menerus memakai kata-kata nubuat ini untuk berbicara sehari-hari dan menjawab orang-orang yang datang pada kita dengan kata-kata dari Roh Kudus, sehingga menjadi berkat dan menumbuhkan orang-orang yang kita layani.

Nubuat adalah kata-kata dari Allah yaitu:

  1. Kata-kata yang membangun (baik dalm khotbah, kesaksian, jawaban dan dalam setiap berkata-kata. Ini akan menghasilkan kebangunan rohani yang asli dari Tuhan. Setiap kali orang-orang ini bernubuat, itu akan membangunkan rumah rohani dari orang-orang yang mendengarnya, suatu kebangunan rohani, luar biasa!).
    Pada waktu Yehezkiel disuruh Tuhan bernubuat pada tulang-tulang kering, maka tulang-tulang kering itu bangun! Beberapa kali Yehezkiel bernubuat, akhirnya tulang-tulang kering itu menjadi suatu pasukan tentara Allah yang besar dan kuat. Kalau kita bisa bernubuat, maka Gereja-gereja yang kering bisa berubah menjadi Gereja yang hidup penuh dengan hamba-hamba Tuhan yang penuh Roh Kudus Yeh 37:3-4!. Kata-kata yang penuh dengan kata-kata dari Allah pasti dapat menghidupkan tulang-tulang kering, yaitu orang-orang yang rohaninya kering dan mati. Sebab itu biarlah kata-kata kita selalu digarami dengan Roh Kudus Kol 4:6. (Biasanya nabi-nabi bernubuat tentang yang akan datang dan orang-orang yang dipimpin Roh bernubuat kata-kata seperti ini. Mungkin juga tentang nubuat yang akan datang, sebab Roh Kudus yang ada padanya itu sama, tetapi biasanya nabi-nabi adalah orang yang sudah dewasa, matang rohaninya dan ini adalah jabatan, karunia-karunia Roh bukan jabatan, tetapi untuk semua orang yang dibaptis Roh Kudus.
  2. Nasehat-nasehat yang tepat (kata-kata dari Allah tidak akan sia-sia, selalu berfaedah bahkan sangat tepat, mengena), dan
  3. Penghiburan sehingga orang yang mendengar itu puas, tidak kalah dengan hiburan dunia, bahkan jauh lebih memuaskan dan lebih indah untuk kekal daripada hiburan-hiburan dunia yang mahal dan seketika saja Ams 14:14.

Jadi nubuat itu luar biasa, dengan kata-kata dari Tuhan orang bisa membangun sampai tumbuh, memberi nasehat yang tepat dan memberi hiburan yang bermutu, jauh lebih berfaedah dari acara TV, Video, dll.

Ini bukan dikerjakan oleh hamba-hamba Tuhan yang berpengalaman dan indah-indah atau lulusan sekolah Alkitab (ini tetap berfaedah) tetapi oleh setiap anak-anak kita yang masih muda, yang belum berpengalaman, dan kurang pengertian. Mereka berubah menjadi luar biasa sebab bernubuat. Setiap orang yang penuh Roh Kudus bisa membuat kebangunan rohani pribadi atau massal dan memberi hiburan yang bermutu, memberikan nasehat lebih dari konseling para ahli-ahli yang belajar khusus untuk ini! Sangat indah!

Jadi seorang yang bernubuat itu seperti:

  1. Suatu gedung hiburan.
  2. Kamar praktek psikolog (ini dengan hikmat dan kekuatan manusiawi, tetapi kita dengan pimpinan/ ilham Roh)
  3. Gedung besar di mana ada KKR.

Semua ini bisa dikerjakan dengan kata-kata dari Tuhan yang disampaikan seorang yang penuh dan dipimpin Roh, luar biasa!

Ini bukan saja nanti dalam Hujan Akhir atau Minggu ke-70 Daniel, tetapi mulai sekarang. Sebab itu jangan ragu-ragu membuka mulut menyampaikan nubuat dari Tuhan. Orang yang penuh dan dipimpin Roh (dalam kesucian dan taat) jangan ragu-ragu membuka mulut dengan iman, minta ilham Roh Kudus. Belajar berjalan dalam Roh dan bernubuatlah dengan iman. Jangan bimbang. Sampaikan karunia-karunia Roh dengan iman (orang yang berjalan dalam Roh itu berjalan dengan iman! Sebab berjalan dalam Roh itu sesuai dengan Firman Tuhan Rom 1:17, 2Kor 5:7). Sebab itu tidak heran Tuhan menyuruh kita mengutamakan nubuat 1Kor 14:1!.

Mulailah bernubuat. Caranya tidak terlalu sulit. Titik berat cara bernubuat itu bukan pada tekniknya, tetapi di dalam hidup yang makin mahir dipimpin Roh, sebab itu penuhlah dengan Firman Tuhan dan Roh Kudus serta sehari-hari selalu berjalan dalam Roh, yaitu dengan berdoa senantiasa. Ingat gambar skema doa senantiasa. Belajar terus menerus berdoa dalam bilik Mat 6:6, dalam Roh Yoh 4:23-24, Ef 6:18, Yud 20 dan terus berhubungan yaitu lekat terus dengan Tuhan 1Kor 6:17, 1Tes 5:10. Dengan demikian kita bisa berdoa senantiasa, non-stop kepada Tuhan 1Tes 5:17, dan ini membuat kita mudah berjalan dalam Roh, berjalan dengan Tuhan setiap hari dan setiap saat. Orang seperti ini akan limpah dengan nubuat, sebab bukan hanya hidupnya yang dipimpin Roh, tetapi juga hati dan mulutnya.

Kalau gereja penuh dengan nubuat, itu amat indah dan pertemuan besar bisa dipenuhi dengan pelayanan jabatan, karena pelayanan pribadi, problem dan untuk pertumbuhan sudah dilayani oleh semua anggota-anggota tubuh Kristus bahkan oleh setiap putra-putri orang beriman bisa melayani dengan luar biasa, sebab terus bernubuat!

Ini janji Tuhan, jangan ragu-ragu, Roh Kudus yang sama sudah dicurahkan kepada kita, ada pada kita. Latihlah dengan pelayanan nubuat, sangat indah!

Perhatikan kata-kata dari Tuhan itu tidak kusut atau kacau, tidak bertentangan tetapi selalu cocok dengan Firman Tuhan 1Kor 14:33. Kalau kita penuh dengan Firman Tuhan, kita mudah diteguhkan dan diyakinkan sebab kita tahu kata-kata yang keluar dari mulut kita sesuai dengan Firman Tuhan.

Semua belajar melayani dengan kata-kata nubuat dalam pelayanan pribadi / kelompok / massa. Dalam bernubuat, sebab masih belum mahir, masih bisa salah 1Kor 13:9. Tetapi jangan kecil hati asal tulus! Belajar lagi, dengar suara Roh lebih teliti dan lebih mahir dan jangan lupa untuk belajar makin mahir berjalan dalam Roh, maka pasti nubuat kita juga akan jadi lebih baik.

Kita semua harus berbuah-buah, jangan menjadi carang yang tidak berbuah, itu akan dipotong sehingga kering dan masuk api. Percayalah akan Firman Tuhan, pasti jadi.

ORANG MUDA MELIHAT PENGLIHATAN

Dalam Hujan Awal ada banyak penglihatan. Misalnya Ananias dan Saul Kis 9:12,10; 18:9; 16:9. Juga Petrus mendapat penglihatan supaya tidak ragu-ragu untuk ke rumah Kornelius Kis 10:11,17. Cara-cara ini dipakai terutama untuk hal-hal baru, lebih-lebih untuk tumbuh kepada kesempurnaan, ada banyak hal-hal baru Yos 3:4. Ingat semua ini harus cocok dengan Firman Tuhan, tidak boleh bertentangan, sebab Alkitab adalah alat kontrol untuk mengecek apakah itu betul dari Tuhan atau dari iblis atau manusia. (Tuhan bisa bicara dengan banyak cara. Jalan yang umum adalah lewat Firman Tuhan yang bicara pada kita dan Roh Kudus yang berbicara langsung dalam roh (hati) kita sesuai dengan Firman Tuhan. Tetapi semua cara-cara lain seperti nubuat, peristiwa, mimpi, vision, dll; dalam Minggu ke-70 Daniel semua cara akan limpah dalam Gereja yang mengalami Hujan Akhir).

Kalau vision itu tidak cocok dengan Firman Tuhan, apalagi bertentangan, itu berarti dari iblis, buang, dan usir dalam nama Tuhan Yesus!

Jangan paksakan untuk lihat vision, tetapi ini ada, kalau diharapkan masih boleh, tetapi jangan dibuat-buat! Lebih-lebih dalam hal-hal baru dalam pekerjaan Tuhan. Dalam Minggu ke-70 Daniel akan limpah vision! (Ada banyak tanda-tanda Minggu ke-70 Daniel!). Sebab itu memang seharusnya orang-orang beriman selalu lekat dengan Tuhan 1Kor 6:17 dan selalu ada dalam pekerjaan Bapanya Yoh 5:36; 10:37. Kita wajib selalu melakukan kehendak Bapa, sebab itu tugas utama kita Mat 7:20. Lebih-lebih dalam menghadapi hal-hal yang baru, yang sulit dan tidak masuk akal seperti yang dihadapi Ananias, Petrus, dll. Tuhan bisa memberi penglihatan untuk pimpinan yang tepat.

Orang-orang muda, berarti belum banyak pengalamannya. Tetapi jangan ragu-ragu, asal cocok dengan Firman Tuhan dan Roh Kudus memberi kita peneguhan dalam roh kita Rom 8:16; 9:1.

ORANG TUA-ORANG TUAMU AKAN MIMPI

Ini mimpi dari Tuhan, bukan dari dirinya sendiri (terlalu banyak tidur, kepikiran, dll) atau dari iblis. Juga bukan mimpi-mimpi karena hati penuh dengan nafsu cabul, benci, dendam, dsb sehingga dinajiskan oleh mimpi-mimpinya seperti Yud 1:8.

Mimpi dari Tuhan itu sama seperti nubuat atau penglihatan, bisa memimpin dan memberitakan sesuatu dari Tuhan. Yusuf banyak dipimpin oleh mimpi (ia menghadapi banyak hal-hal baru dan sulit baginya, juga pada akhir zaman ini!) Mat 1:20; 2:12,13,19,22. Tetapi ini juga tidak boleh dipaksakan. Juga isteri Pilatus sebelumnya mendapat mimpi dari Tuhan Mat 27:19.

Dalam Minggu ke-70 Daniel akan ada banyak mimpi-mimpi dari Tuhan.

Beberapa tanda-tanda mimpi dari Tuhan:

  1. Sesuai dengan Firman Tuhan, tidak bertentangan 1Kor 14:33, Ul 13:1.
  2. Roh Kudus meneguhkan bahwa itu dari Tuhan, ada keyakinan dan sejahtera dalam hati Flp 4:7.
  3. Membuat kita ditegakkan dari dosa dan makin kuat, diteguhkan dalam hal-hal yang benar dan suci.
  4. Betul-betul terjadi Ulg 18:22. Jangan takut akan mimpi atau nubuatan-nubuatan dusta yang tidak jadi (tanda-tanda ini juga berlaku untuk vision, nubuat dan tanda-tanda lainnya).

Biasanya orang yang dipimpin Roh dan penuh dengan Firman Tuhan akan lebih mudah  membedakan mimpi dari Tuhan atau diri sendiri dan dari iblis.

Kanak-kanak rohani selalu kacau, sehingga segala mimpi membuatnya takut. Sebab itu jangan tinggal kanak-kanak, selalu kacau Ef 4:14.

Mengapa orang muda melihat penglihatan dan orang tua bermimpi? Tidak ada batas umur yang tegas. Ananias, Paulus, Petrus banyak melihat penglihatan, padahal mereka untuk ukuran kita tidak terlalu muda dan Yusuf (sebelum menikah, biasanya masih muda) selalu mimpi terus. Batas umur di sini tidak disebutkan, tetapi rata-rata kita akan melihat hal ini akan banyak terjadi dalam Hujan-Akhir dalam umur-umur ini, bersiaplah!

KIS 2:18 HAMBA-HAMBA-NYA AKAN MENINGKAT DALAM PELAYANAN

Kalau sebelum Hujan Akhir, hamba-hamba-Nya ini sudah indah meskipun kecil, penuh dengan Firman Tuhan dalam mulutnya Mal 2:7 dan dalam berkata-kata, selalu dalam pimpinan Roh Kudus, maka dalam Hujan-Akhir mereka pasti akan menjadi makin indah.

Yang baru mau bertobat juga akan ikut dalam Hujan-Akhir ini tetapi ia akan mengalami banyak kesukaran sebab hukum-hukum yang berlaku dalam gereja sangat ketat dan keras 1Kor 10:16.

Jangan lupa Hujan-awal untuk pemula tetapi Hujan-Akhir untuk gereja yang sudah matang, siap untuk dituai Ul 11:14. Sebab itu kita harus bersedia dan tumbuh sebanyak mungkin supaya mahir dipimpin Roh dan limpah dengan karunia-karunia Roh, terutama bernubuat dengan tulus supaya kita bisa ikut dalam rencana Allah yang heran, rencana penamatan gereja dalam zaman keemasan yang luar biasa!

Mereka yang tidak bisa tumbuh itu biasanya berkeras hati dalam dosa dan seringkali itu karena tipu daya iblis dan keindahan dunia ini sehingga belum mau bertobat sungguh-sungguh, belum bisa hidup dipimpin Roh. Kalau seorang tidak keras hati, biasanya ia akan tumbuh dengan baik sehingga bisa tinggal dalam Ruangan Suci dan bersedia. Ini orang-orang Halaman atau luar Halaman, sebab itu tidak bisa hidup dalam Ruangan Suci. Jangan keras hati, jangan menunda, jangan terlambat, tetapi mulailah dari sekarang tumbuh menjadi dewasa dan berbuah-buah.

Halaman tidak akan tahan dalam Hujan Akhir dan biasanya tidak bisa atau sulit untuk ikut dalam proyek Allah yang heran itu. Biasanya yang keras hati (Halaman), hanya menonton, tidak mau ikut masuk dalam bahtera Tuhan, dalam proyek rencana akhir zaman yang hebat ini Kis 5:13.

Kita harus bersedia dengan cara hidup terus menerus dalam Ruangan Suci, jangan kembali naik turun ke Halaman. Ini seperti lima gadis bijak, ini baru namanya bersedia dengan sungguh-sungguh, dengan betul. Sehingga waktu datang Minggu ke-70 Daniel, langsung bisa ikut dalam proyek penamatan ilahi. Waktunya sudah singkat, jangan menunda, bersedialah sekarang sebelum terlambat. Waktunya sudah dekat.

Juga kalau Ruangan Suci itu bisa diberi skala 1-100, maka jangan hanya masuk Ruangan Suci, tetapi tumbuh terus sampai ukuran 30, atau 50 bahkan setinggi-tingginya. Orang seperti ini untung, sebab waktu ia masuk Minggu ke-70 Daniel, ia akan tumbuh makin cepat menjadi sempurna. Kalau ukurannya hanya 2 atau 5 saja, ia masih harus bergumul lebih lama untuk tumbuh terus sampai sempurna. Jadi bersedia itu berarti hidup dalam Ruangan Suci dan tumbuh terus dalam ukuran yang setinggi-tingginya.

Yang pura-pura, atau yang palsu, yang tidak tulus, tidak jujur, ada maksud-maksud gelap yang tersembunyi, akan pecah dalam Hujan-Akhir dan diinjak oleh dosa-dosa kekafiran akhir zaman yang sangat hebat bertumbuh dan merajalela Luk 5:37. Tetapi mereka yang memelihara kesucian, yang rendah hati dan mahir pikul salib, hidup sesuai dengan Firman Tuhan seperti Nuh Kej 6:22 akan diurapi dengan sangat kuat dan terus bernubuat lebih dari yang semula.

Jangan berlomba mencari popularitas, nanti tergelincir. Sebab ini berarti meninggikan diri dan akan direndahkan.

Kerjakan baik-baik pelayanan ini karena cinta pada Tuhan, sesuai dengan Firman Tuhan. Keluarkanlah buah-buah yang asli, bukan direkayasa (disubal). Ini memang zaman pengolahan dan ujian akhir dan mereka yang hidup dan berbuah-buah sesuai dengan Firman Tuhan akan bersukacita, sebab dalam pengurapan yang limpah, pelayanannya makin berbuah-buah dan pertumbuhannya makin cepat sehingga banyak orang tumbuh sampai sempurna. Tetapi yang palsu akan pecah. Kerjakan sebaik mungkin dengan berjalan dalam Roh, maka Roh Kudus dan Firman Tuhan akan menyucikan hidup dan pelayanan kita. Lebih baik menjadi Filadelfia *) meskipun kecil daripada besar tetapi menjadi Laodikea **), apalagi Sardis ***), keduanya akan pecah dan bi-nasa atau tertinggal. Tetapi Filadelfia akan tumbuh dengan pesat dan bisa menjadi sempurna.

Foot notes:

*) Filadelfia adalah Gereja yang meskipun kecil tetapi indah, berkenan pada Tuhan, tidak ada salahnya dan Tuhan membukakan pintu baginya untuk terus bertambah-tambah.

**) Laodikea adalah Gereja yang suam, dicampuri dengan perkara-perkara dunaiwi sehingga akhirnya pindah di jalan lebar dan diludahkan Tuhan keluar.

***) Sardis adalah Gereja di jalan lebar dan mati di hadapan Allah, meskipun tampaknya aktif, banyak program-programnya dan terkenal, semua Gereja-gereja ini dilawat Tuhan, tetapi kalau tidak bertobat akan hanyut makin dalam, dalam arus dosa dan tertinggal.

HAMBA-HAMBA TUHAN PEREMPUAN juga akan dipakai dengan heran. Kalau Roh Kudus bekerja dengan kuat, bahkan dalam Wasiat Lama dimana secara jasmani perempuan lebih sulit untuk ikut dalam pelayanan (tidak pernah ada imam perempuan), toh ada perempuan yang muncul seperti Debora, Hulda 2Raj 22:14, 2Taw 34:22 dsb, apalagi dalam Hujan Akhir akan ada banyak perempuan dipakai seperti laki-laki. Ini adalah salah satu tanda Hujan Akhir (dan Minggu ke-70 Daniel) bahwa akan ada banyak perempuan dalam jumlah yang mencolok, dipakai Tuhan dengan heran.

Tanda-tanda lain, semua orang percaya penuh dan dipimpin Roh Kudus, sehingga persekutuan tubuh Kristus betul-betul nyata; juga mimpi, vision, nubuat dan karunia-karunia Roh lainnya limpah.

Pengurapan yang limpah turun ke atas banyak orang termasuk perempuan. Tetapi semua tetap hidup dalam kesucian, bahkan batas-batas kesucian sangat ketat (seperti 1 Timotius 5:2, dll), sampai dalam hati dan hukumannya juga keras. Kewajiban suami-isteri, anak, orang tua, mertua, menantu tetap dijunjung, bahkan lebih dari hari-hari yang lalu. Ini semua tetap perlu persiapan, harus dimulai sekarang yaitu mencocokkan hidup ini dengan Firman Tuhan.

Jangan anggap seperti mi instan, tahu-tahu jadi heran, perlu persediaan yang matang, tetap harus bersedia! Putra manusia Yesus dipersiapkan selama 30 tahun, juga Yohanes Pembaptis, Daud, Daniel, Yusuf, dll.

Orang-orang Gereja akhir zaman ini bukanlah orang-orang yang merusakkan jalannya, hidup semaunya sendiri menuruti hawa nafsunya, istimewa yang sejak muda tidak menuruti keinginan orang-orang muda dalam dosa seperti orang dunia 2Tim 2:22. Beberapa banyak pemuda / pemudi yang cacat, dalam masa mudanya, lebih-lebih dalam berpacaran yang cabul, sehingga belum apa-apa sudah “veteran rohani”.

Peliharalah kesucian hidup bujang, Tuhan pasti memberikan kepuasan pada waktunya dan lebih indah bagi yang hidup dalam kesucian).

Juga perempuan-perempuan yang tunduk kepada orang tuanya dan kemudian tunduk kepada suaminya, adalah persiapan yang betul, bukan isteri yang suka melawan dan tidak mau tunduk (kalau syarat suami: mencintai isterinya sendiri bukan mencintai perempuan lain Ef 5:22-25).

Persiapan-persiapan ini dengan sendirinya ada dalam laki-laki dan perempuan yang cinta Tuhan dan mau hidup suci sesuai dengan Firman Tuhan.

Perempuan yang memberontak, yang tidak bisa menerima pembatasan-pembatasan yang disebutkan dalam Firman Tuhan, itu biasanya tidak mau tunduk pada suaminya dan melawan Firman Tuhan, mereka akan dipakai iblis bukan diurapi Roh Kudus. Nabi-nabi palsu bisa tumbuh dari umat Tuhan, tetapi akan dihajar dengan dahsyat oleh Tuhan Wah 2:20-23. Lebih-lebih dalam Minggu ke-70 Daniel, Gereja di mana-mana sangat tertib kecuali Gereja jalan lebar dan Gereja sesat 2Kor 10:6.

Suami-isteri, juga anggota sidang Tuhan perlu saling menasehati dan saling mendoakan dengan berani dan terus terang, tetapi dengan kasih (speaking truth in love Ef 4:15), supaya jangan jadi keras hati dalam dosa karena kena tipu daya iblis Ibr 3:13. Kalau isteri / suami tidak mau saling menasehati suami / isteri yang salah, istimewa dalam dosa yang dahsyat, maka kutuk dosa itu akan jatuh ke atas seluruh keluarga itu, lebih-lebih kalau sepakat dalam dosa seperti Akhan sekeluarga, Ahab dan Izebel, bahkan imam Eli. Jangan takut bicara seperti Naomi, Elimelekh, tetapi dengan pimpinan dan keberanian dari Roh Kudus, bicara seperti Ayub (sesudah bencana), maka rumah tangganya akan selamat!

KIS 2:19 TANDA-TANDA PADA LANGIT DI ATAS DAN BUMI DI BAWAH

Di langit ada tanda di atas dan inilah tanda dari Gereja yang ajaib dalam zaman keemasan Gereja Wah 12:1. Tanda di bawah ini adalah tanda-tanda pergumulan yang dahsyat dalam dunia, juga di dalam orang-orang Kristen yang undur dari Gereja Kis 5:13, mereka mengalami banyak kesusahan sampai mati.

Jadi kita melihat dalam:

3,5 tahun I

  • Tanda dari atas dari orang-orang yang dipimpin Roh
  • Tanda dari bawah terjadi dalam dunia juga diantara orang-orang yang undur dari Tuhan Kis 5:13.

3,5 tahun II. Ini tanda-tanda bagi orang-orang beriman yang tertinggal. Orang-orang berdosa dan orang beriman yang tidak mau bertobat, tetap undur, menjadi pengikut Antikris dan semua dihukum dengan 3 Meterai, 3 Sangkakala dan 7 Bokor.

TANDA DI ATAS

Adalah Gereja akhir zaman yang penuh dengan pekerjaan 3 Pribadi Allah yaitu berpakaian matahari (hidup suci dan sangat bercahanya dalam zaman keemasan ini, begitu indah dan sukacita), berdiri di atas bulan yaitu Putra Allah atau Firman Tuhan; semua janji-janji Firman Tuhan jadi dengan limpah dan luar biasa dan bermahkotakan 12 bintang (12 suku bangsa Israel menjadi sempurna seperti yang tampak di Yerusalem baru). Ini pekerjaan Roh Kudus yang limpah (Hujan akhir) sehingga rencana Allah digenapkan, mempelai-Nya menjadi sempurna Wah 21:2,9.

Gereja seperti ini betul-betul suatu ajaib, sebab penuh dengan pekerjaan 3 Pribadi Allah dan menjadi sempurna, sangat mulia, seperti Surga di bumi, tetapi peraturan kesucian ketat (seperti peraturan dalam Ruangan Maha Suci, orang yang salah masuk di sini akan mati di tempat). Semua jabatan nyata dengan sempurna, karunia-karunia dan buah Roh, kuasa dan mujizat, tidak ada orang tinggal sakit, uang dimiliki bersama dalam kesucian, juga pelayanan 144.000 orang sempurna itu luar biasa.

TANDA DI BAWAH

Pada waktu ini terjadi hukuman Allah berupa 4 Meterai, 4 Sangkakala, dan orang-orang yang undur dari Tuhan ikut celaka di dalamnya, tetapi mereka yang dipimpin Roh, terlepas tidak kena seperti orang Israel di Mesir waktu 10 bala, orang Mesir kena, tetapi orang Israel tidak kena.

DARAH (merah, kuda merah) limpah kematian karena segala macam dosa dan kejahatan. Begitu mengerikan.

Mereka yang undur (sebab takut kena hukuman dalam hadirat Tuhan Kis 5:13) akhirnya kena hukuman untuk orang dosa, mati dalam dosa dan binasa. Mati dalam hadirat Tuhan dan mati dalam hukuman Tuhan, sama-sama binasa, sebab itu lebih baik bertobat sungguh-sungguh dan selamat bahkan bisa mulia untuk kekal di Surga.

Memang orang yang sudah senang anggur lama, tidak mau melepaskan ikatan-ikatan dosa yang lezat bagi daging, sebab itu susah bertobat Luk 5:39, Pkh 12:1. Akhirnya mereka binasa. Sebab itu jangan plin plan, suam, bercabang hati, minum anggur lama, semua ini akan gugur di akhir zaman dan binasa.

Sekarang harus bertobat dan minum air dari Atas, jangan air dari bawah Kej 1:7, Yoh 4:13-14, jangan minum anggur lama, supaya pada waktu itu, sudah bersedia danhanya melanjutkan untuk meningkat dalam kesucian dan kesukaan ilahi. Bertobat untuk orang yang keras hati dan undur pada saat-saat ini sangat sulit.

API dari Tuhan yaitu hukuman Allah membakar dunia yang jahat seperti zaman Lot, tetapi di sini bukan lagi dengan api dan belerang (itu nanti dalam Neraka) melainkan dengan 3 macam hukuman Allah (Meterai, Sangkakala, Bokor). Orang-orang yang hidup dalam dosa (termasuk orang Kristen yang keras hati) ikut babit (ambil bagian) di sini Wah 18:4. Kalau sekarang tidak keluar, akan celaka dan binasa.

UAP ASAP

Ada dua macam arti, yaitu: hadirat Tuhan seperti di gunung Sinai Kel 19 dan bait Allah Salomo waktu pentahbisan 2Taw atau hukuman Allah seperti dari Neraka Wah 14:11.

Uap asap di sini termasuk hukuman Tuhan Maz 148:8.

Minggu ke-70 Daniel itu seperti Neraka di bumi dan itu sudah mulai dalam 3,5 tahun I bagi orang berdosa dan orang-orang beriman yang undur dari Tuhan, mereka mengalami penderitaan yang dahsyat. Lebih baik pikul salib itu senang dan ringan lagi mulia Mat 11:30, Rom 8:17. Mengapa pilih celaka yang sejati? Salib itu penderitaan yang manis dan akan berubah menjadi kemuliaan kekal.

KIS 2:20 MATAHARI, BULAN DAN BINTANG LENYAP

Ini semua terjadi dalam 3,5 tahun II sesudah pengangkatan. Semua kemuliaan tanda di atas dalam 3,5 tahun I Wah 12:1 sudah tidak ada sama sekali dalam 3,5 tahun II (zaman Antikris), sebab 3 Pribadi Allah dan Gereja sudah diangkat dari dunia (pengangkatan), tinggal orang-orang Kristen yang tertinggal tanpa Allah. Sebelum pengangkatan mereka mungkin hidup benar, penuh Roh Kudus dan Firman Tuhan, tetapi sekarang semua itu sudah tidak ada lagi Wah 12:17.

MATAHARI menjadi gelap, ini berarti tidak ada lagi orang benar dan Allah Bapa sudah tidak ada di dunia, yang ada hanya dosa dan  orang berdosa. Sebagian orang-orang yang tertinggal bertobat kembali tetapi tanpa pertolongan kuasa Allah.

BULAN MENJADI DARAH. Semua yang percaya Tuhan Yesus mati dibunuh menjadi darah. Dalam 3,5 tahun I yang percaya Tuhan Yesus mengalami semua janji-janji Allah (berdiri di atas bulan), tetapi di sini tidak ada janji Allah yang jadi, bahkan orangnya dibunuh Antikris, bulan menjadi darah, bekas orang-orang yang pegang Firman Tuhan jadi darah.

BINTANG-BINTANG BERGUGURAN. Ini disebut dalam Lukas 21:25, Matius 24:29, Markus 13:24, Wahyu 6:12-13 (meterai ke-6 dalam 3,5 tahun II, dalam sangkakala ke-4 baru 1/3 yang gelap). Ini orang-orang yang dahulu penuh Roh Kudus, bahkan bersinar seperti lima gadis bodoh, tetapi kemudian undur, Roh Kudus sudah meninggalkannya dan sekarang ada dalam zaman Antikris (sebagian sudah mati dalam 3,5 tahun I).

Semua mengalami sengsara Antikris yang dahsyat. Ini semua terjadi menjelang kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya yang amat besar dan hebat (TL,TB: mulia, KJV: notable, hanya dipakai satu kali dalam TB. Epiphanes 2016 = terkenal, termashyur).

Sungguh-sungguh kedatangan Tuhan Yesus II ini sangat mengerikan dan hebat sehingga semua orang lari Wah 1:7 dll.

WAH 21:7 DUA BENTUK KESELAMATAN

Yang berseru nama Tuhan selamat. Dalam Yoel 2:32 dijelaskan bahwa ada dua kelompok yang selamat yaitu:

  1. Yang di atas bukit Sion dan di Yerusalem itu luput. Ini orang-orang yang selamat sebelum pengangkatan dengan mengakui nama Tuhan Yesus, seperti zaman kita sekarang.
  2. Di antara orang-orang yang terisa (yang tertinggal) yang dipanggil Tuhan, yaitu orang-orang yang mau bertobat kembali, memenuhi panggilan Tuhan untuk kembali pada-Nya. Mereka bertobat dengan berseru nama Tuhan, selamat, tetapi dibinasakan Antikris Wah 13:7.

Jadi orang-orang yang selamat ada dua macam, sebelum dan sesudah pengangkatan, wai yang selamat diantara yang tertinggal, mereka selamatdengan menumpahkan darahnya dan nasibnya, asal selamat, tidak ada kemuliaan padanya, mereka hanya mendapatkanjubah putih dan daun palem Wah 7:9 (ini sudah untung besar daripada masuk Neraka).

KESIMPULAN

Untuk apa semua ini diberikan? Supaya rencana Allah diselesaikan dan Tuhan boleh segera datang Ulg 11:14. Tanpa Roh Kudus pekerjaan Tuhan tidak bisa dilakukan dan tanpa Hujan Akhir, gereja tidak akan dapat disempurnakan.

Salah satu tanda pasti Minggu ke-70 Daniel adalah Hujan Akhir yang sangat deras di seluruh dunia bersamaan!

Melihat tanda-tanda zaman yang makin dahsyat, itu berarti kita sudah makin dekat! Bersedialah! Orang yang tidak bersedia akan pecah dalam Hujan Akhir, celaka!

Belajar makin mahir berjalan dalam Roh, maka kita akan disucikan, dipersiapkan dan berbuah-buah lebat bagi Bapa Yoh 15:8 dan tentu juga segala kehidupan jasmani akan terpelihara Yoh 15:2 bahkan dengan limpah Yoh 10:10. Jangan kuatir atau ragu-ragu Mat 6:33 carilah dahulu Kerajaan Surga, sebab memang untuk itu kita dipanggil Tuhan.

Ditulis oleh Pdt. Jusuf B.S.

Disalin tanpa perubahan dari www.tulang-elisa.org pada tanggal 26-09-2011

Filed in: Diskusi Kekristenan, Santapan Rohani

No comments yet.

Leave a Reply