2:24 pm - Friday April 20, 2018

Dari Daging dan Tulang-tulang-Nya

garamdunia.com

EFESUS 5:30 SEBAB KITA ADALAH ANGGOTA-ANGGOTA TUBUH-NYA, DARI DAGING-NYA DAN DARI TULANG-TULANG-NYA

Efesus 1:22 Dan Ia (Allah Bapa) sudah menaklukan segala (sesuatu) di bawah kaki-Nya dan menjadikan-Nya Kepala atas segala (sesuatu) bagi gereja

Efesus 1:23 yang adalah tubuh-Nya, kepenuhan-Nya yang memebuhi semua (perkara) di dalam semua (anggota-anggota tubuh-Nya)

TUBUH-NYA

Tubuh Kristus adalah Gereja. Tuhan Yesus adalah kepala Gereja dan sudah menang dengan sempurna di Golgota, luar biasa. Dan Allah Bapa akan menaklukkan segala sesuatu di bawah kaki-Nya itu berarti di bawah tubuh-Nya yaitu Gereja Rom 16:20. Dengan kata lain Gereja akan dibuat sampai menang mutlak (yaitu untuk mereka-mereka yang mau taat akan Firman Tuhan) sehingga Gereja juga akan mengalami kemenangan yang sama seperti yang di zaman Kristus. Ini juga dikatakan dalam Ibrani 2:8; 10:13, Mazmur 110:1; 60:14, Kejadian 3:19, Luk 10:19.

Hal ini sangat penting, sebab itu dikatakan berulang-ulang dalam Firman Tuhan. Gereja Tuhan yaitu tubuh-Nya, pada suatu saat akan juga masuk dalam kesempurnaan, bisa mengalahkan musuh yaitu iblis (dunia dan daging ini) di bawah kaki-Nya, karena Kristus yang menjadi kepala dari Gereja, Kristus yang memberi pimpinan, kekuatan dan kemenangan-Nya bagi Gereja. Bukan Gereja yang kuat, tetapi orang-orang beriman yang taat akan Firman Tuhan, itu menerima kemenangan Kristus bagi dirinya dan dengan kuasa ini menginjak-injak dan mengalahkan iblis Luk 10:19. Ini menjadi sasaran dan target Allah bagi Kristus dan tubuh-Nya, yaitu bagi kita semua. Memang rasa-rasanya terlalu jauh dan terlalu fantastis tetapi Allah yang maha tahu itu tidak pernah salah, Ia merencanakan dengan tepat dan semua akan jadi tepat seperti yang direncanakan Allah.

TUBUH KRISTUS MENJADI KEPENUHAN-NYA

Kristus belum penuh, belum lengkap dari rencana Allah, sampai Gereja atau tubuh-Nya menjadi sama seperti Kristus, menjadi tubuh-Nya yang sempurna, biarlah pekerjaan Kristus selesai dan Ia menghadap kepada Bapa dan menyerahkan semuanya 1Kor 15:26-28. Ini saat terakhir sesudah musuh terakhir dikalahkan yaitu maut, maut tidak lagi berkuasa yaitu saat tebus tubuh dan orang-orang beriman atau Gereja yang menjadi sempurna masuk dalam kemuliaan Allah. Kristus sudah menyelesaikan penebusan dengan sempurna, tetapi rencana Allah belum selesai. Tuhan Yesus duduk di kanan Allah Bapa terus berdoa syafaat bagi Gereja, bagi umat-Nya 1Yoh 2:1, Ibr 7:25 siang malam berdoa syafaat. Tampaknya hanya doa syafaat, tetapi ini pekerjaan yang luar biasa, pelayanan sesudah penggenapan penebusan. Roh Kudus yang sekarang menggantikan kehadiran Kristus dalam dunia, bahkan Roh Kudus tinggal di dalam hati kita Yoh 14:16; 16:7. Ketiga pribadi Allah terus bekerja untuk menumbuhkan dan menyelamatkan umat sampai pada kesempurnaan rencana Allah Gereja adalah kepenuhan dari Kristus, artinya kalau Gereja jadi sempurna, itu karena Kristus bekerja didalamnya, sebab Tuhan Yesus yang membuat Gereja jadi sempurna, Gereja adalah kepenuhan dari Kristus dan Antikris adalah kepenuhan dari iblis. Iblis akan bekerja dalam orang-orang dosa yang menuruti daging, lebih-lebih dalam orang Kristen yang undur, yang sudah tahu melawan Allah itu celaka, berarti hukuman Neraka kekal, tetapi dengan sengaja tetap menuruti daging dan melawan Allah, di dalam orang-orang ini iblis bekerja sampai mereka jadi Antikris. Jadi Antikris adalah kepenuhan dari iblis dan Gereja adalah kepenuhan dari Kristus yang menyucikan, menumbuhkan dan menyempurnakan Gereja.

Yang memenuhi semua (perkara) di dalam semua (anggota-anggota tubuh Kristus)

Tuhan Yesus memenuhi semua yang dibutuhkan Gereja, segala yang diperlukan untuk pertumbuhan rohani dan fasilitas jasmani. Semua sudah disediakan Tuhan lewat penebusan-Nya di Golgota.

Kristus telah melahirkan Gereja pada saat Ia mati di atas Salib, sehingga sekarang timbul orang baru, timbul manusia jenis kedua dari Kristus, seperti Kristus seperti Adam terakhir 1Kor 15:45, 47 dan dalam kelahiran baru ini semua sudah disediakan. Seperti telur kalau tumbuh akan jadi burung yang sempurna seperti induknya, begitu orang yang lahir baru ini dipenuhi semua yang dibutuhkan rohani dan jasmani di dalam Kristus.

Di dalam Firman Tuhan ada segala kebutuhan kita rohani dan jasmani. Sebab itu kita harus mengerti seluruh kebenaran Alkitab, sebab itu kehidupan kita. Semua yang disediakan Allah ada dalam janji Alkitab. Semua bisa kita terima dengan iman. Allah sanggup mencukupi segala yang kita minta berdasar janji Firman Tuhan Ef 3:20, Flp 4:19. Dia akan memenuhi segala kebutuhan kita. Percayalah. Kemenangan atas segala kekuatan musuh pun sudah disediakan Allah Luk 10:19. Ini dikerjakan di dalam semua anggota tubuh Kristus yang mau lekat dan taat dalam tubuh Kristus. Bukan hanya pada Musa, Daniel, Petrus, Paulus, pada setiap orang yang percaya dan lahir baru, ia menjadi anggota tubuh Kristus dan bagi setiap anggota tubuh Kristus, Tuhan akan memenuhinya dengan janji-janji yang dipegangnya. Ini luar biasa. Tuhan Yesus memenuhi semua di dalam semua, semua perkara dalam semua anggota-anggota tubuh Kristus. Dengan demikian orang beriman disediakan dan dilengkapi sampai penuh dan sempurna. Sekarang tergantung dari kita apa mau taat, percaya dan memegang janji-janji-Nya. Memang kita harus menggali, mempelajari semua janji-janji Nya, itu tidak sulit, sebab kalau mau dengan tulus, Roh Kudus menjadi penolong kita, Roh Kudus adalah Allah yang Maha Kuasa, Dia 100% sanggup menolong kita asal kita mau taat kepada-Nya dan Dia juga memberi kekuatan untuk bisa taat.

Anggota-anggota tubuh Kristus

Ada dua ikatan yang kuat dalam anggota-anggota tubuh Kristus yaitu:

  1. Ikatan dengan Kristus. Percaya penuh pada Kristus, ini suatu ikatan yang kuat, sebab setiap orang harus punya ikatan pribadi dengan Kristus Ef 4:16, sebab ini sumber hidup kita. Masing-masing harus menjadi anak Allah, tidak ada cucu Allah. Kita tidak bisa berhubungan dengan Allah dan Tuhan lewat orang tua atau pemimpin-pemimpin kita. Tetapi masing-masing harus punya hubungan dan pengalaman pribadi dengan Tuhan, lekat dengan Dia, istimewa dalam doa siang malam 1Tes 5:10, 17. Ini berarti hubungan dalam kesucian, tetap dalam jalan sempit, sebab suci bagi kita berarti mematikan daging dan juga melakukan kehendak-Nya.
  2. Mengasihi orang-orang suci lainnya yaitu anggota tubuh Kristus lainnya.
    Hubungan dengan Tuhan,
    itu tergantung dari kita sendiri, sebab Tuhan Allah kita sempurna, semua beres, tidak ada kekurangan semua sesuai janji Allah. Tetapi hubungan dengan sesama anggota tubuh Kristus itu penuh dengan problem, sebab sama-sama belum sempurna. Selain kita harus membuat hubungan baik sesuai dengan Firman Tuhan. Misalnya kerjasama untuk melakukan kehendak Allah, saling menguatkan, dll, tetapi juga ada problem antara anggota karena dosa, kesalahan dan tabiat yang jelek. Seringkali hubungan antar anggota ini menjadi halangan besar karena kesalahan-kesalahan dan tabiat yang jelek dan jahat dari masing-masing anggota. Yang satu dalam hal uang, yang lain sombong, yang lain tidak setia, tidak tertib, yang lain mulutnya, masing-masing punya beberapa hal yang salah. Tetapi justru ini mengolah kita semua. Tetapi persekutuan tubuh Kristus ini harus dengan kasih dalam kesucian ilahi 1Yoh 1:17. Tuhan sudah tahu bahwa semua anggota tubuh Kristus belum sempurna, tetapi kalau kita mau menyangkal diri (semua harus Luk 9:23, Rom 6:6) maka dengan saling mengampni kita justru diolah menjadi makin indah. Kita juga harus tulus, supaya setan tidak bekerja di dalam kita, tetapi Roh Kudus saja Ef 4:27. Kalau kita hidup dalam kesucian, maka Roh Kudus bisa bekerja bebas di dalam kita bahkan dengan limpah maka semua kekurangan kita akan diimbangi dan ditutupi oleh pekerjaan Roh Kudus yang luar biasa itu. Asal kita mau taat dipimpin Roh, segala kekurangan dan kelemahan kita ditolong oleh Roh Kudus sehingga kita menjadi penuh, lengkap dan betul seperti Kristus, sebab di dalam Roh Kudus kita bisa taat, bisa mengasihi, mengampuni dan melakukan tugas kita dengan baik. Sebab itu, meskipun anggota-anggota tubuh Kristus itu lemah dan banyak kekurangan, asal mau bersandar dan taat akan Roh Kudus, maka hasilnya Gereja yang penuh dan kemenangan. Kristus yang memenuhi kita, sehingga kita menjadi kepenuhan dari Kristus.

Persekutuan tubuh Kristus yang baik ini besar artinya, kita bisa melakukan kehendak dan rencana Allah dan kalau Gereja bisa bersekutu dengan betul, maka Gereja akan tumbuh dengan cepat menjadi sempurna Yoh 17:23 sehingga menjadi sempurna dalam persekutuan yang betul.

Banyak orang hanya peduli hubungan dengan Kristus dan tidak menghargai hubungan dengan anggota-anggota tubuh Kristus yang lain, sebab melihat begitu banyak kekurangan pada anggota-anggota yang lain. Seringkali juga anggota-anggota tubuh Kristus itu tidak melihat kesalahannya sendiri, hanya bisa melihat kesalahan orang lain Mat 7:2-5.

Memang kita semua anggota-anggota tubuh Kristus belum sempurna. Kalau masing-masing hanya melihat kesalahan orang lain, semua akan masuk dalam perangkap iblis, sehingga saling menuduh, menyalahkan, berkelahi dan berbenci-bencian sehingga jatuh dalam dosa, masuk dalam jerat iblis dan iblis masuk dalam Gereja serta meng-coup tubuh Kristus, dia yang menguasai dan memimpin orang-orang beriman yang saling berkelahi ini.

Seharusnya kita semua dipimpin Roh, sehingga Roh Kudus yang mengisi kekurangan dan kelemahan kita, lalu kita bisa bersekutu dengan manis dalam pimpinan Roh Kudus. Jangan sampai setan yang bekerja dan memimpin umat Tuhan, tetapi Roh Kudus yang seharusnya mempersatukan dan memimpin, inilah persekutuan di dalam Roh 1Kor 12:12, 13. Sebab itu kita harus mengerti faedah persekutuan tubuh Kristus, menghargai dan membangun dengan pertolongan Roh Kudus, maka persekutuan tubuh Kristus yang betul akan menumbuhkan masing-masing anggota tubuh Krsitus dan bersama-sama menjadi kuat sekali Im 26:8 sehingga bersama-sama menang, tumbuh dan bisa melakukan kehendak Tuhan dengan kemenangan yang besar-besar.

Jangan lihat kesalahan masing-masing satu sama lain, tetapi lihatlah indahnya orang yang bisa bersekutu Maz 133:1-3 dan hasil persekutuan tubuh Kristus yang kompak Mat 18:1920 yang mengangkat semua anggota persekutuan naik dalam kemenangan dan kemuliaan Allah yang besar Maz 60:14. Kalau sendiri-sendiri hasil kita kecil, tetapi bersama-sama kita akan melakukan perkara-perkara Allah yang besar. Memang begini rencana Allah bahkan Gereja akan menjadi sempurna di dalam satu persekutuan Yoh 17:21-23. Kita harus melihat hasil yang indah aklau tubuh Kristus bisa bersatu di dalam Roh Kudus, semua kelemahan dan kekurangan-kekuranganya ditutup dan diatasi oleh Roh Kudus, maka kita akan melihat hasil yang indah-indah di dunia sampai kekal, bahkan Gereja akan tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan Allah.

Betul kita belum sempurna, tetapi jangan benci atau tidak suka hati sebab melihat kelemahan dan kesalahan satu sama lain, tetapi ampunilah, tolong, menjadi berkat, angkat saudara-saudara yang lain, supaya kita sendiri jadi kuat dan persekutuan tubuh Kristus tumbuh dengan betul.

KITA ADALAH ANGGOTA-ANGGOTA TUBUH-NYA, DARI DAGING-NYA DAN DARI TULANG-TULANG-NYA (KJV) – tidak ada dalam bahasa Indonesia

Apa artinya?

  1. Ini adalah istilah Alkitab yang menceritakan tentang satu saudara, satu keluarga, dari daging dan tulangnya Kej 29:14, Hak 9:2, 2Sam 5:1; 19:12, 13, 1Taw 11:1. Kita yang asalnya berbeda-beda, oleh kelahiran baru, sama-sama menjadi daging dan tulang tubuh Kristus, artinya kita menjadi sama, sejenis, satu saudara di dalam Tuhan. Di dalam dunia ini ada begitu banyak perbedaan sehingga memecah-mecah kita, uang, suku bangsa, pintar, kedudukan, tabiat, budaya, pekerjaan dll. Kalau kita terus memandang pada perbedaan ini, kita akan terpecah-pecah dan tidak bisa mencapai persekutuan tubuh Kristus yang betul dan jauh dari hasil indah yang sudah direncanakan Tuhan. Belajar melihat dengan cara baru, dengan mata seperti mata Kristus dalam konteks kerajaan Surga 2Kor 5:16-17. Kita sudah menjadi baru. Lihatlah dengan mata Kristus, supaya kita bisa dengan lebih cepat mencapai persekutuan tubuh Kristus dan menjadi kuat, tumbuh kepada rencana kesempurnaan Allah dalam persekutuan tubuh Kristus. Ini penting kita mulai. Jangan memandang dengan cara yang lama, tetapi dengan cara yagn baru. Perbedaan-perbedaan jasmani ini akan membuat kekurangan-kekurangan, kesalahan dan perbedaan-perbedaan itu sangat menonjol dan memecah. Tetapi kalau kita mau melihat dengan cara yang baru, dengan mata Kristus, melihat hasil lahir baru, maka kita akan bisa bersekutu dengan betul dalam kasih dan kesucian Kristus, sehingga hasil-hasil persekutuan tubuh Kristus akan nyata dan bersama-sama kita bisa merasakan kuasa persekutuan tubuh Kristus yang besar.
  2. Mutu yang sama seperti Kristus, seperti Hawa keluar dari Adam, itu dari daging dan tulangnya Kej 2:23, begitu juga Gereja lahir dari Kristus, sebagai orang-orang baru, sebab itu mutunya menjadi sama, bahkan juga semua anggota-anggota tubuh Kristus sama, sebab kita ini dari daging dan tubuh-Nya. Bukan saja sama dengan saudara-saudara kita tetapi juga sama dengan Kristus, kita ini menjadi saudara dan adik-adik-Nya Rom 8:29. Ukuran mutu orang beriman adalah Kristus, kita harus menjadi seperti Kristus yaitu dalam kesucian dan kasih-Nya dan dalam ketaatan-Nya melakukan kehendak Allah sampai mati Flp 2:8.
  3. Tanda-tanda tubuh kemuliaan Luk 24:39. Hantu tidak punya daging dan tulang, tetapi tubuh kemuliaan punya. Kita menjadi sama seperti Kristus dan bersaudara satu sama lain bukan hanya di dunia ini tetapi sampai kekal. Yang kekal itu harus dipelihara baik-baik. Kalau hanya untuk satu kali lalu dibuang, tidak perlu dipertahankan. Tetapi ini untuk kekal. Biar kita sungguh-sungguh memperhatikannya.

KESIMPULAN

Gereja adalah kepenuhan dari Kristus, lain dari Antikris kepenuhan dari iblis. Kristus yang akan memenuhi segala yang kita perlukan di dalam setiap anggota tubuh Kristus dan rencana Allah ini pasti berhasil sampai Gereja menginjak-injak musuh terakhir di bawah kakinya seperti yang sudah dibuat Kristus. Kita ini anggota tubuh Kristus dari daging dan tulang-Nya, kita harus bersekutu baik-baik satu sama lain sebab kita bersaudara dalam Kristus dan juga harus tumbuh seperti Kristus, sebab kita sama seperti Kristus, bahkan bisa tumbuh sampai seperti Kristus. Jangan lihat kelemahan dan perbedaan satu sama lain, biar Roh Kudus menutup dan menolong semuanya itu sehingga kita bisa bersekutu dengan betul, jadi kuat dan tumbuh dalam rencana kesempurnaan Allah yang heran. Mulai dari keluarga, lalu dengan orang-orang sekitar kita sampah tubuh Kristus global.

Filed in: Diskusi Kekristenan, Santapan Rohani

No comments yet.

Leave a Reply