9:18 am - Wednesday January 24, 2018

Bisakah Memperoleh Seluruh Negeri Perjanjian Allah?

garamdunia.com

Israel puas dengan negeri Kanaan yang didapatkan, tetapi Tuhan belum puas, Ia ingin Israel mendapat seluruhnya.

YOSUA 1:3 TEMPAT YANG DIJEJAK, DIDAPAT

Ini luar biasa. Semua tempat yang pernah dijalani, ada tapak kakinya, semua itu diberikan Tuhan kepadanya Yos 14:9, Ul 11:24.  Luar biasa. Ini suatu hukum dan janji ilahi bagi orang-orang yang percaya Bil 14:6-8. Kalau Yusak dan Kaleb menjelajahi dengan iman negeri Perjanjian, sekalipun waktu itu belum menjadi miliknya, baru melihat saja, ternyata, apa yang dilihat, itu semua diberikan Tuhan kepadanya. Ini orang yang menjejakkan kakinya dengan iman, sebab itu ia mendapatkannya.

Tetapi 10 pengintai yang tidak percaya, juga menjelajahi tanah perjanjian, tetapi tidak dapat apa-apa.

Apa artinya bagi kita? Kita boleh menjelajahi negeri perjanjian Tuhan, segala janji-janji Tuhan yang besar, Kalau ini kita lakukan dengan kerinduan dan percaya akan janji Tuhan, maka Tuhan akan mencelikkan mata kita, kita bisa mengerti dan mengenal negeri perjanjian Tuhan, maka apa yang bisa kita mengerti dan bisa kita lihat dengan mata rohani kita, itu juga akan diberikan kepada kita 2Raj 2:10. Luar biasa.

Bagaimana caranya kita menjejakkan kaki kita pada negeri perjanjian Allah? Bagaimana kita tahu bahwa kita akan mendapatkannya?

Kita harus mengerti rahasia janji Firman Allah Mat 13:23. Orang yang mengerti dari Tuhan Mat 13:11), maka ia mengerti yang sesungguhnya, sebab Roh Kudus yang mencelikkannya 1Kor 2:10 dan Roh Kudus yang membawanya sampai ke tempat-tempat kebenaran itu Yoh 16:13. Mengerti itu suatu perkara besar, sebab tidak semua bisa mengerti Luk 10:21, 2Tim 3:5, 2Pet 3:16, Mrk 4:11. Banyak orang sudah mendengar kata-kata yang sama tetapi tidak bisa mengerti dan mereka tergolong orang yang di luar dan tidak punya hak atas janji-janji Allah itu.

Kalau kita bisa mengerti dan yakin itu sudah setengah dari hak milik. Itu berarti kalau kita mau, kita bisa mengalami janji-janji Tuhan yang indah. Tidak sulit sebab Tuhan yang akan memberikannya. Israel masuk Kanaan itu tidak sulit. Memang pernah kalah di Ai karena dosa Akhan, tetapi asal Israel mau, pasti dapat, apalagi bagi Yosua dan Kaleb. Masuklah dalam janji-janji Allah menjelajahi segala janji-janji, injak dengan iman, yang akan datang. Bukan hanya tahu yang akan datang, tetapi sekaligus mendapat meterai atasnya, seperti uang muka. Bahkan sebab Yosua dan Kaleb sudah dapat janji, maka mereka juga luput dari kematian, tidak ikut mati dengan orang-orang Israel di padang gurun. Orang yang mengerti, dan yakin  akan mengalami rencana Allah yang besar itu juga tidak akan mati pada waktu kedatangan-Nya 1Kor 15:51. Ini luar biasa. Jangan takut. Percayalah akan Firman Tuhan. Janji Tuhan itu bukan main-main, tetapi lebih dari janji manusia yang disahkan notaris, (tetapi kita disahkan oleh Allah). Karena orang yang bisa mengerti dan yakin akan janji-janji Allah itu bukan kebetulan, tetapi itu suatu kesempatan untuk memiliki untuk kekal. Meskipun yang masuk Kanaan banyak orang yaitu 12 pengintai tetapi hanya 2 yang yakin dan mereka sungguh mendapatkannya. Banyak orang sudah mendengar tentang janji-janji Allah, juga tentang akhir zaman, dan yang percaya dan yakin akan mengalaminya sebab sudah menjejakkan kakinya di atasnya dengan yakin! Percayalah, mengerti Firman Tuhan dan percaya itu perkara yang sangat besar, lebih dari akte notaris, lebih dari surat tanah, lebih dari semua perjanjian manusia, sebab ini janji Allah dan kita menerima sesuai dengan iman kita Mat 8:13.

YOSUA 1:4 NEGERI PERJANJIAN YANG SANGAT BESAR

Negeri Perjanjian yang dikatakan disini sangat besar. Sesudah Israel mendapat suatu daerah yang besar, itu masih belum selesai Yos 13:1. Batas negeri Perjanjian itu mulai dari padang gurun di Selatan, sampai gunung Libanon, terus ke Utara sampai sungai Ferat dan ke Barat sampai laut Tengah, itu sangat besar.

Ini belum dicapai waktu Yosua, tetapi baru pada zaman Salomo, sesuai dengan janji Tuhan pada Abraham Kej 15:18, Ul 11:24, Bil 34. Ini sangat besar, tidak semua orang bisa mengalaminya. Sebagian hanya mengalami sebagian. Orang yang sempurna mengalami seluruh janji Allah dengan lengkap, luar biasa. Tetapi Allah memang menjanjikan seluruh perjanjian itu. Kita boleh dan berhak untuk mencapainya, asal bisa cocok dengan syaratnya, kita juga akan mendapatkannya. Ini terutama yang kekal tetapi juga yang di dunia ini, Allah sudah menyediakan untuk semua yang bisa percaya.

Pertama-tama kita harus menjejakkan kaki kita ke tempat-tempat itu. Kita harus bisa mengerti dengan segenap hati yaitu dengan yakin, lalu mulai mengerjakannya. Bisa mengerti rencana, janji Allah yang akan datang itu perkara besar, sebab di dalamnya termasuk mewarisinya. Sebab itu belajar baik-baik, kalau yakin itu dari Roh Kudus, belajar terus, jangan dibuang-buang kesempatan yang besar ini. Allah yang memberi hati dan waktu, maka Roh Kudus akan membawa kita menjejakkan kaki iman kita dalam janji Allah yang heran. Belajar dan mengerti itu bukan pekerjaan orang nganggur yang sia-sia. Ini pekerjaan orang yang percaya dan mengerti, rindu dan memberi banyak waktu untuk bisa menjejakkan kakinya dalam segala kebenaran Allah Kis 20:20,27, lebih-lebih dalam janji-janji yang akan datang yang akan dibukakan semua oleh Tuhan Mat 10:26-27, Luk 8:17; 12:2-3. Semua meterai akan dibukakan oleh Allah Dan 12:4, Wah 5:5, Yes 11:9, Hab 2:14. Belajar mengerti itu minta, mengemis kebenaran dari Tuhan dan kalau dapat itu besar harganya, sebab kalau Tuhan yang memberi kita juga akan mendapatkannya.

Seperti bapak menunjukkan coklat kepada anaknya, itu berarti lambat atau cepat akan masuk dalam mulut anaknya. Kalau tidak masuk, bapak tidak akan menunjukkannya. Melihat coklat Allah itu luar biasa, kejarlah, mintalah sungguh-sungguh Mat 7:7-8.

Bagaimana kita bisa dapat hal-hal besar dari Tuhan?

  1. Setia dengan yang kecil Luk 10:16. Kalau seorang tidak setia dengan yang kecil, jangan harap dapat yang besar. Apa saja yang ada dalam tangan kita, sekalipun pelayanan kecil dan tidak dipuji manusia, jangan abaikan, kerjakan baik-baik, nanti akan tumbuh yang lebih besar. Beberapa orang menghinakan pelayanan yang kecil, ia tidak akan mendapat yang lebih besar, baik pelayanan, juga rahasia besar untuk mendapatkan hal-hal yang besar. Jangan hinakan biarpun hanya kecil.
  2. Fondasi harus kuat Mat 7:24-28. Menjadi orang besar dan indah itu tidak mudah. Misalnya orang besar itu dipuji bisa menjadi sombong. Sebab itu kita harus dilatih dalam kerendahan hati. Punya kuasa besar itu juga tidak mudah, bisa menjadi sombong dan menyalahgunakan kekuasaan. Sebab itu kita dilatih untuk jujur, taat, adil pada semua orang, bukan membeda-bedakan orang atau golongan. Latihan ini tidak mudah, kita harus mau dilatih selain bisa menjejakkan kaki di tempat-tempat yang heran itu.
    Biasanya orang yang besar, tanggung jawab uangnya juga besar, sebab itu dalam hal uang juga harus diolah, tidak cinta uang, bisa berpada, bisa memakai uang dengan betul, bisa menyalurkan cocok dengan kehendak Allah. Juga dalam semua hal-hal lain, misalnya tertib, taat, tunduk, rajin, sabar, lemah lembut dan semua karakter lain. Kalau Tuhan mengangkat seseorang dan menaruhnya di tempat tinggi, tetapi belum ada fondasi yang kuat, orang itu akan mudah jatuh. Justru makin tinggi makin banyak kemungkinan dosanya. Sebab itu Yusuf sebelum ditaruh di tempat tinggi ia diolah habis-habisan sehingga semua segi hidupnya siap dengan baik dan waktu di atas, ia tidak berdosa sekalipun sedikit. Biasanya orang-orang ini sampai umur 30 tahun masih diolah terus.
  3. Tekun Rom 12:11. Bukan rajin untuk 1 bulan, tetapi terus menerus, sebab butuh waktu banyak untuk mengolah. Sebetulnya bagi Allah, Ia sanggup dalam 1 hari mengangkat langsung sampai top seperti Yusuf, tetapi problemnya adalah orang itu belum siap. Pengolahan ini butuh waktu cukup panjang, lebih-lebih untuk menjadi pemimpin yang lebih tinggi (biasanya bertahap sambil pelayanan naik terus). Jangan malas seperti Israel, padahal masih ada banyak tanah yang luas yang bisa diambil Yos 13:1.
  4. Jangan tuntut perkara-perkara besar Yer 45:5. Orang yang suka puji akan direndahkan dan gagal terus menerus. Beberapa orang berusaha mimpi perkara-perkara yang besar, dan waktu mengalami perkara-perkara kecil kecewa. Orang seperti ini memang tidak cocok untuk perkara besar, ia akan menjadi sombong dan jatuh dalam banyak dosa!
    Jangan meragukan kemampuan Allah yang tidak terbatas, tetapi selesaikan pengolahan kita sampai lulus, maka fasilitas Tuhan akan membawa kita setinggi mungkin dalam rencana Allah di dunia dan dalam kekekalan.
    Allah selalu siap, sewaktu-waktu ia bisa memberi hal-hal besar, bahkan datang sekarang juga, tetapi kalau itu dilakukan, banyak orang akan jatuh dan binasa. Tuhan sabar akan kita, supaya jangan banyak binasa tetapi banyak yang selamat dan bisa diangkat setinggi-tingginya. Tuhan menunggu kita, bukan kita menunggu Allah, jangan terbalik! Sebab itu tumbuhlah baik-baik dalam rencana Allah dalam segala segi hidup sampai matang sehingga tidak sampai berdosa sekalipun ada banyak kesempatan, bisa menahan diri sendiri, takut akan Allah. Percayalah Allah sangat besar dan bisa mencukupi orang yang paling taat dan sempurna.
    Jangan ragu-ragu, Allah sudah siap, tergantung kita!
  5. Pasti menang terus. Kalau manusia yang menjanjikan ini, kita bisa ragu-ragu sebab manusia terbatas. Tetapi kalau Allah, tidak perlu ragu-ragu, sebab Dia pemenang dari kekal sampai kekal dan di dalam Dia kita juga bisa menjadi “lebih dari pemenang” Rom 8:37. Jangan ragu-ragu akan kuasa dan kemampuan Allah, asal kita mau taat, kita juga akan jadi luar biasa bersama-sama Allah. Semua bisa kita kalahkan tanpa kecuali. Israel pergi perang ke mana-mana saja terus menang, tidak pernah kalah tanpa kecuali. Raja-raja yang besar bagaimanapun kalah semua. Lebih-lebih dalam Minggu ke-70 Daniel, di mana rencana Allah adalah menyempurnakan Gereja, tidak lagi ada kekalahan, semua menang dan Gereja tumbuh dengan sangat cepat kepada kesempurnaan. Sekarang satu demi satu orang mulai mengalami rencana Allah yang besar. Jumlahnya akan makin banyak di mana-mana di seluruh dunia. Baik dalam kesembuhan penyakit, mengusir setan, mujizat, kebutuhan, memenangkan jiwa, tabiat dll, dalam semua segi hidup akan ada kemenangan yang penuh dari Allah. Tidak lagi kalah, tidak lagi ada penyakit yang tidak sembuh, tidak lagi ada kekurangan, semua cukup bahkan limpah, tidak ada problem yang tidak selesai, tidak ada musuh yang tidak hancur, Gereja akan masuk dalam zaman keemasan dari hari-hari yang dekat ini, tidak lama lagi. Bersedialah. Jumlah orang-orang yang menjadi pemenang bahkan lebih dari pemenang akan bertambah-tambah. Masuklah dalam golongan dan rencana Allah ini. Ingat juga, pondasi atau persiapannya harus diselesaikan dahulu. Tanpa pondasi yang teguh, masih ada kejatuhan dan kegagalan, sebab itu sekarang kita harus buat pondasi dalam pimpinan Roh Kudus. Jangan terburu-buru, selesaikan semua dengan baik dan betul, sebab Allah punya jadwal waktu sendiri dan sanggup mempercepat, kalau kita memang sanggup dan tidak sampai gugur.

Pada segala hari umur hidupmu, ini berarti sampai mati tidak jatuh, tidak kalah, tidak gugur, tetap setia bahkan terus meningkat sampai puncaknya. Dahulu hanya Musa, Yosua, Daud, Samuel dll. Sekarang juga masih hanya beberapa yang dipakai Tuhan dengan heran dan setia sampai akhir, tetapi jumlahnya akan makin banyak.

Ini menjadi tanda akhir zaman. Akan ada makin banyak orang-orang yang indah di hadapan Allah. Dalam dunia makin banyak orang jahat dan keji dalam segala macam dosa, tetapi dalam Gereja akan makin banyak orang-orang yang suci dan mulia, kuat dan indah sampai seumur hidupnya. Dalam Minggu ke-70 Daniel jumlahnya maksimal, sebab semua yang setia di dalam Gereja akhir zaman tidak akan mati tetapi setia dan tumbuh sampai puncak-puncaknya, sebagian menjadi sempurna, luar biasa. Jangan takut. Dalam Perjanjian Baru, menjelang kedatangan Tuhan itu jauh lebih indah daripada waktu Yusak dan Kaleb masuk negeri perjanjian. Kita akan mengalami hal-hal yang paling top sebab kita masuk dalam puncak rencana Allah yang tertinggi!

Tuhan tidak akan meninggalkan, tidak akan membiarkan. Ini janji yang betul-betul digenapkan sampai Yosua mati, mereka tidak pernah kalah dan sungguh-sungguh masuk dalam negeri perjanjian, luar biasa! Kita juga akan masuk dalam negeri perjanjian yaitu Surga yang kekal, masuk dalam pengangkatan bahkan beberapa menjadi sempurna.

Memang akan ada banyak kasus-kasus yang dahsyat seperti biasanya untuk pengolahan, apalagi untuk menjadi sempurna tentu ujiannya tingkat tinggi, tetapi jangan takut, Tuhan tidak akan meninggalkan atau membiarkan. Kita pasti menang dan tidak mati dalam rencana akhir zaman ini 1Kor 15:51. Ini rencana yang ajaib dan paling top. Sekarang masa kesulitan, dosa dan kejahatan itu terus meningkat, jangan takut, hadapi, tetapi jangan sendirian, melainkan dengan Allah terus menerus. Dengan Allah pasti menang; jangan sampai digoda atau dipancing sehingga keluar dari hubungan baik dengan Allah, sebab lepas dengan Allah berarti malapetaka dan binasa.

YOSUA 1:5 JADILAH KUAT

Sebetulnya tidak sulit ikut rencana Allah, sebab Dia maha kuasa, pasti sukses 100%, tidak mungkin gagal atau batal, sebab itu asal kita tidak tertipu, tergoda oleh tipu daya setan, maka dengan Allah semua akan sungguh-sungguh indah, pasti kita akan berhasil. Tuhan sudah memastikan Yosua akan membawa masuk Israel ke Kanaan. Dahulu Tuhan menyuruh Musa, tetapi batal sebab Musa salah sedikit dan orang Israel salah banyak sehingga tidak bisa masuk. Tetapi sekarang Tuhan berkata pasti masuk. Juga pada akhir zaman ini, pasti masuk kerajaan Surga yang mulia, Allah tidak membedakan orang, semua orang Israel bisa masuk Kanaan. Asal kita menjadi kuat atau menguatkan diri. Percayalah akan janji Allah, setiap orang percaya pasti bisa masuk rencana Allah, kalau mau. Tidak tergantung dari keadaan manusiawi (pintar bodoh, kaya miskin, orang biasa atau terhormat dll) asal mau percaya dan siap untuk masuk rencana Allah, dengan Tuhan pasti bisa.

KESIMPULAN

Kita punya kesempatan besar, sebab:

  1. Kita ini anak-anak Allah, Allah punya maksud yang besar dalam setiap anak-anak-Nya.
  2. Kita hidup di akhir rencana Allah untuk masuk negeri perjanjian ilahi yaitu pengangkatan dan Surga. Pada saat terakhir ini Tuhan akan mengadakan perkara-perkara besar jasmani dan rohani bagi Gereja-Nya, sebab Gereja akan disempurnakan. Kita lahir di akhir zaman ini bukan kebetulan tetapi punya kesempatan untuk masuk dalam rencana top Allah. Pakai dua kesempatan besar ini.

Jangan takut atau ragu, tetapi perlu kesungguhan hati.

Jangan lupa yang besar itu dimulai dengan setia dari yang kecil. Sebab itu:

  1. Jalani semua rencana Allah yang heran-heran itu lintang dan bujurnya Kej 13:17. Tangkap pengertian dari Roh Kudus dengan yakin, kita akan mengalaminya.
  2. Buat pondasi kuat dalam segala segi hidup, setia dari yang kecil, sampai matang di hadapan Tuhan, lekas siap di hadapan Tuhan, sebab Tuhan sudah lama siap tinggal menunggu kita; Majulah terus dalam pimpinan Roh dan dengan kuat gagah-Nya, maka kita pasti menang. Terus tumbuh memperkenankan Tuhan, Allah punya rencana yang indah-indah untuk setiap orang yang mau taat kepada-Nya.
Filed in: Kiat Sukses

No comments yet.

Leave a Reply