2:38 pm - Friday April 20, 2018

Game Online, Menyita Hidup Anak Muda

Garamdunia.com

BAGI kita, Facebook  bukan  lagi barang asing. Peminatnya terus mening-kat. Facebook umumnya diguna-kan sebagai sarana menjalin interaksi sosial.  Namun  kini sebagian besar anak muda banyak menggunakan jejaring sosial ini  untuk bermain game online. Memang beberapa game online yang banyak diminati bisa diakses tidak hanya lewat facebook saja, akan tetapi facebook sepertinya berusaha memberikan banyak jawaban bagi para penggila game di berbagai penjuru dunia.  ”Permainan game ini tidak seperti dalam arti tradisional. Ini lebih seperti hiburan. Game ini mendatangkan pemain game baru dari demografi yang tidak diduga. Game menjadi mesin uang yang potensial,” ujar Net Jacobsson, mantan eksekutif Facebook yang akan meluncurkan perusahaan game Play-Hopper.

Game online tampaknya memberikan daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Jadi tidak heran jika banyak anak muda yang rela berlama-lama di warnet untuk menikmati berbagai jenis permainan game yang ada. Dari hasil pantauan kami di beberapa warnet yang ada di Jakarta, seorang penikmat game yang biasa disebut gamers dapat duduk di depan layar computer selama lima samapai tujuh jam ketika sedang bermain game online. Tidak perduli berapa banyak waktu, uang dan tenaga yang terkuras demi melakukan hobi yang memang tampak menghibur ini. Beberapa diantaranya bahkan seolah candu untuk terus bermain game online setiap harinya. Beberapa pelajar ditemukan bolos sekolah dan sedang asik bermain game online.
Awalnya para penikmatnya memang melakukan kegiatan ini hanya sebagai pengisi waktu luang saja. Sayangnya sebagian besar di antaranya terseret dalam sebuah rutinitas yang tentu bisa memberikan dampak kurang positif ini. Di satu sisi memang penikmatnya akan terhibur, namun di sisi lain penikmatnya bisa saja kehilangan banyak waktu yang semestinya menjadi prioritas utamanya seperti sekolah, kuliah bahkan bekerja. Hal ini mengingat beberapa orang yang asyik menikmati game online akan terbius dalam permainan hingga lupa waktu.
Beberapa jenis game online yang banyak diminati antara lain, FarmVille, Zynga Poker,  Point Blank, Dota, RF online, Rohan Online, Luna online, SEAL online, serta beberapa game lain yang cukup popouler dikalangan penikmat game online.    Beberapa orang gamers  mengakui bahwa mereka memang menge-tahui dampak buruk dari kebiasaan mereka tersebut, namun tidak mengetahui bagaimana lepas dari kecanduan  permainan yang mem-bius tersebut.
Sebagian lagi justru membantah bahwa bermain game online memberikan dampak buruk bagi mereka. Salah satunya adalah pemuda yang biasa disapa “Brink” oleh teman-temannya. Menurut-nya, selain menghilangkan penat, game online bisa memberikan keuntungan tersendiri baginya. Ia adalah seorang penikmat game online poker di facebook. Menurutnya, jika ia bermain sabar dan telaten, ia bisa menghasilkan banyak chips dari poker. Chips ini nantinya bisa dijual kepada pecandu game poker lainnya yang ingin main namun tidak memiliki chips.
Sebuah pernyataan yang menarik memang, terlebih ketika pria bertubuh kurus ini mengaku pernah menjual chips sampai puluhan juta rupiah.

Brink mungkin adalah salah satu contoh gamers yang berhasil menjadikan hobinya sebagai pemasukan yang menguntung-kan. Sayangnya tidak banyak yang semujur dia. Beberapa di antaranya justru menjadi pembeli chips. Jika seorang penikmat game juga harus merogoh kocek untuk membeli chips tentu akan semakin banyak pengeluaran. Hal ini juga berlaku untuk beberapa game yang memang sering dijadikan ajang jual beli bagi sesama gamers.
Yang jelas, dampak bagi kesehatan juga kurang menguntungkan. Terkena paparan cahaya radiasi komputer dapat merusak saraf mata dan otak. Kesehatan jantung menurun akibat bergadang 24 jam bermain game online. Ginjal dan lambung juga terpengaruh akibat banyak duduk, kurang minum, lupa makan karena keasyikan main. Berat badan menurun karena lupa makan, atau bisa juga bertambah karena banyak ngemil dan kurang olahraga. Mudah lelah ketika melakukan aktivitas fisik, kesehatan tubuh menurun akibat kurang olahraga.
Lantas bagaimana caranya untuk berhenti jika sudah terlanjur manjadi penikmat game online tentu perlu diperhatikan. Cara yang paling penting dilakukan adalah seorang pecandu game harus benar-benar niat untuk menghentikan hobinya tersebut. Selain itu perlu memperbanyak kegiatan yang tidak berhubungan dengan computer, seperti olah raga, bekerja, dan membiasakan pola tidur yang sesuai.
Jenda Munthe

Filed in: Youth

No comments yet.

Leave a Reply