6:25 pm - Monday December 18, 2017

Soul Surfer

Garamdunia.com

Soul Surfer adalah kisah yang inspiratif dan memiliki pesan sangat kuat tentang seorang peselancar remaja bernama Bethany Hamilton. Film ini diangkat dari kisah nyata dalam buku biografi Bethany berjudul “Soul Surfer: A True Story of Faith, Family, and Fighting to Get Back on the Board.”

Bethany (AnnaSophia Robb), seperti kata ibunya adalah “putri duyung,” yang terlahir untuk berselancar. Dia berselancar sejak usia dini di depan rumah orangtuanya di pulau Kauai di Hawaii. Bakatnya yang luar biasa berkembang cepat didukung ayahnya Tom (Dennis Quaid) dan ibunya Cheri (Helen Hunt), juga dua saudaranya Noah dan Timothy.

Film dibuka dengan musik gereja yang indah dalam keceriaan kehidupan Kristiani di sebuah tenda di pantai. Bethany baru saja memenangkan kompetisi surfing mengalahkan sahabatnya, Alana (Lorraine Nicholson, putri aktor kawakan Jack Nicholson) dan pesaingnya, Malia Birch. Untuk itu, sponsor mulai mendekati Alana dan Bethany untuk masa depan karir berselancar mereka. Bethany pun memutuskan untuk tidak pergi mengikuti ‘mission trip’ sehingga mengecewakan Sara Hill (Carrie Underwood), yang menjadi pemimpin kelompok.

Tepat pada hari Halloween (tahun 2003), Bethany sedang berselancar dengan Alana dan keluarga Alana dekat pantai yang terpencil. Tanpa diduga, secara tiba-tiba seekor ikan hiu harimau sepanjang 14-kaki menggigit lengan kiri Bethany.

Ayah Alana, Holt, dimainkan oleh Kevin Sorbo, dan anggota lain dari keluarga Bethany segera menuju ke rumah sakit. Setiap orang dengan sungguh-sungguh berdoa bagi keselamatan Bethany. Dan ajaibnya, meski kehilangan 60% darah, ia selamat. Tetapi kini Bethany harus hidup tanpa lengan kirinya.

Ketika Bethany meninggalkan rumah sakit, dia menemukan kehidupan telah berubah drastis dan tidak mungkin dikembalikan lagi. Dalam kegelapan jiwanya, Bethany diingatkan suatu ayat yang mengatakan bahwa ‘segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku’ (Filipi 4:13).

Lebih dari setahun setelah serangan hiu, Bethany bergabung dengan Sarah dalam perjalanan misi yang disponsori World Vision, ke suatu daerah di Thailand usai tsunami besar pada Desember 2004. Di sana, ia belajar bahwa Tuhan memakai segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia. Bethany pulang ke rumah dengan tekad dan semangat baru untuk menjadi peselancar juara lagi.

Soul Surfer mengungkapkan perjuangan Bethany untuk bangkit kembali dari keterpurukan dan bagaimana ia bergumul dengan pertanyaan tentang masa depannya. Film ini mengajukan pertanyaan teologis yang mendalam, “mengapa hal-hal yang buruk terjadi pada orang baik?” Bethany menemukan jawabannya.

Meski hanya memiliki satu lengan, kini Bethany menjadi salah satu peselancar wanita profesional top di dunia. Awal tahun 2011, ia berada di peringkat 25 teratas. Iman, keberanian, dan ketekunan menjadi dasar dari kisah yang luar biasa ini. (Hartono Tj)

Pemain: AnnaSophia Robb, Dennis Quaid, Helen Hunt, Craig T. Nelson, Kevin Sorbo, Jeremy Sumpter, Lorraine Nicholson, Carrie Underwood, Ross Thomas
Genre: Drama
Sutradara: Sean McNamara
Naskah: Sean McNamara, Deborah Schwartz, Douglas Schwartz, Michael Berk, Matt R. Allen, Caleb Wilson, Brad Gann
Produser: Sean McNamara, David Brookwell, Douglas Schwartz, Dutch Hofstetter
Distributor: Affirm Films, Sony Pictures Entertainment
Durasi: 106 minutes
Rilis: 8 April 2011

Filed in: Movie

No comments yet.

Leave a Reply