2:32 pm - Friday April 20, 2018

Osama Tewas, Teroris Incar Kelompok Minoritas

garamdunia.com

Kekhawatiran dan kewaspadaan akan adanya “aksi balasan” dari jaringan teroris internasional Al-Qaeda terkait terbunuhnya pimpinan tertinggi Osama bin Laden di Afghanistan Senin lalu oleh pasukan Amerika Serikat (AS) memang telah di perhitungkan sebelumnya oleh beberapa pemimpin tinggi negara-negara didunia. Namun dampak kongkrit apakah yang kemungkinan akan terjadi ?Dilansir Inilah.com Senin (2/5), pengamat intelejen Dynno Chresbon menyebutkan ada implikasi penting atas tewasnya Osama bin Laden. Dia menyebutkan meninggalnya Osama bin Laden akan menimbulkan resistensi di lingkar dalam Al-Qaeda. “Akan menimbulkan friksi internal di ring satu dan dua Osama bin Laden. Dampaknya aksi teror secara global tidak solid,” ujarnya.

Dirinya melanjutkan bahwa peranan Osama sebagai pemersatu di antara jaringan teror berdampak soliditas gerakan terorisme internasional akan memudar. Namun aksi teror justru akan bergeser di wilayah domestik. Dampak dari perubahan orientasi sasaran teror ini, sudah terlihat akhir-akhir ini. Aksi teror justru ditujukan bukan pada simbol barat dan asing melainkan kepada Kepolisian, Kristen, Ahmadiyah, termasuk Syiah.

“Sasaran teror bukan lagi kepada simbol Barat, namun ditujukan kepada kelompok minoritas seperti Kristen, Ahmadiyah dan Syiah’ Aksi teror ini akan memilih mundur seperti aksi 1970-an. Jadi nanti yang diserang domestik, bukan lagi konsiprasi internasional,” ungkapnya.

Pergeseran target aksi teror ini dinilai tidak terlepas dari konstelasi di internal para penggiat teror yang tidak lagi seirama dengan Osama. Menurut Dynno kelompok ini berporos di Yordania dan Iraq dengan sebutan Salafi Jihad. Selain karena paham terorisme berkembang secara global, persoalan keadilan serta perekonomian, yang tidak merata akan menjadi pemantik aksi terorisme di berbagai negara.

Filed in: Berita, Hukum & Kriminal

No comments yet.

Leave a Reply