3:34 pm - Thursday August 16, 6096

4000-an Polisi Sampai 3 Ring Amankan KTT ASEAN

Garamduni.co

KTT ASEAN yang ke-18 akan segera berlangsung di Jakarta Cnvention Center (JCC) yang akan dimulai pada tanggal 4 Mei besok sampai 8 Mei 2011. Di tengah kemelut dunia mengenai perang, intoleransi antar umat beragama, dan juga kematian Osama yang begitu mengundang perhatian, KTT Asean ini tentunya diharapkan berlangsung dengan aman terkendali.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, sebanyak 4.385 personel polisi akan mengamankan jalannya acara KTT Asean ini. “Pengamanan dimulai tanggal 3 karena akan ada pertemuan antar menteri sampai tanggal 6,” ujar Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Kombes Sujarno saat dihubungi.

Sujarno mengungkapkan ada tiga ring pengamanan KTT Asean. Ring pertama untuk tamu VVIP dan kepala negara yang akan dijaga oleh paspampres. Ring kedua dan ring ketiga dijaga oleh Polri dan TNI. Beberapa titik yang akan diamankan antara lain bandara, hotel tempat menginap, dan tempat berlangsungnya acara.

KTT ini akan dihadiri oleh 10 kepala negara anggota yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. KTT ini membahas dampak dari perkembangan di negara-negara Timur Tengah terhadap ASEAN, karena sewaktu-waktu dapat merugikan masa depan negara-negara ASEAN dalam hal kepentingan bilateral dengan negara Timur Tengah. Dalam KTT itu dapat dirancang keputusan mengirimkan tim pencari fakta. Tim tersebut akan melihat langsung kondisi di negara-negara Timur Tengah tersebut.

Filed in: Berita, Berita Umum, Politik & Ekonomi

No comments yet.

Leave a Reply