6:18 pm - Monday December 18, 2017

Wow, Emosi Anda Bisa Terbaca Oleh Aplikasi Canggih Ini

Sekarang dalam suatu percakapan, tidak ada lagi yang salah kaprah karena mengira seseorang di ujung sana sedang marah, misalnya. Pasalnya, tercipta sebuah aplikasi canggih yang dipresentasikan developer bernama Susana Hernandez Munoz di Portugal ini bisa mendeteksi emosi seseorang melalui analisa percakapan.

Aplikasi yang bernama RFuzzy ini masuk ke dalam ajang First International Conference on Fuzzy Computation yang dihelat di Madeira, Portugal. Susana memperlihatkan bahwa aplikasi yang diciptakannya mampu mengidentifikasi emosi yang tersembunyi dalam ekspresi bicara sehingga dapat diketahui apakah si pembicara sedang sedih, bahagian atau gugup.

Selain digunakan untuk mendeteksi emosi dalam percakapan manusia, RFuzzy juga telah digunakan untuk meningkatkan kecerdasan robot. Contohnya, RFuzzy diterapkan pada robot yang bertarung di ajang liga sepak bola dunia atau RoboCupSoccer. Di sini, RFuzzy dapat berperan penting dalam analisa percakapan maupun tingkat kecerdasan emosional para robot pesepak bola.

“Aplikasi ini diterapkan dalam pemrograman bahasa bernama Prolog. Prolog sendiri beroperasi dengan sesuatu yang disebut fuzzy logic dan sering digunakan untuk aplikasi kecerdasan tiruan dan sistem ahli,” papar Susana dalam presentasinya seperti yang dikutip oleh detikinet dari Science Daily, Kamis (25/11). Mekanisme logis RFuzzy akan memberikan beberapa interpretasi ke komputer. Komputer akan membuat keputusan berdasarkan sederet aturan logika yang digunakan sebagai parameter pengukuran yang meliputi volume suara, tingkat nada, kecepatan, dan sebagainya sehingga akan keluar hasil tertentu sesuai dengan emosi si pembicara. Dasyat bukan?

Filed in: Berita, Tekhnologi

No comments yet.

Leave a Reply