6:25 pm - Monday December 18, 2017

Dengan MicroSD Canggih, Ponsel Tak Bisa Disadap Lagi

Dengan MicroSD Canggih, Ponsel Tak Bisa Disadap Lagi
Ternyata MicroSD yang kita pakai buat penyimpanan memori di telepon genggam kita, bisa disadap orang. Namun, Anda tidak perlu kuatir. Kartu microSD kini tak hanya berfungsi sebagai penyimpan data. Perusahaan teknologi asal Jerman, Giesecke & Devrient (G&D) memperkenalkan kartu microSD untuk ponsel yang bisa mencegah terjadinya penyadapan.

Nama kartu microSD ini adalah Mobil Secure Card VE 2.0, dimana VE merupakan kependekan dari Voice Edition. Alat ini memang sengaja dirancangn untuk penggunaan di ponsel dan smartphone serta menyasar pasar secure voice. Dalam kartu microSD ini berisi cryptocontroller yang berfungsi mengenkrip (mengamankan dengan cara mengubahnya menjadi bahasa komputer) percakapan ponsel sehingga pengguna dapat berbicara dengan aman.

Ketika seseorang melakukan percakapan dengan menggunakan telepon yang dipasang alat ini, maka alat cryptocard ini akan berhubungan dengan keamanan standar dari Common Criteria EAL 5+ dan juga karena Secure Voice Card menggunakan dua faktor yaitu pengguna harus mengkonfirmasikan kembali identitas mereka dan juga PIN yang mereka gunakan, sehingga keamanannya terjaga. Semakin panjang algoritma enkripsinya, semakin sulit di-crack.

“Karena 521 bit yang digunakan oleh kartu ini, Mobile Security Card VE 2.0 menjamin keaslian yang kuat dan sebagai hasil ditawarkan level keamanan yang tinggi. Pasaran tidak pernah melihat sesuatu yang seperti ini,” kata Marcus Rosin, Manager Direktur dari G&D SFS.

Mobile Secure Card VE 2.0 yang dijadwalkan bakal memasuki pasar di kuartal pertama 2011 ini memiliki memori sebesar 2GB dan mendukung ponsel dengan OS Windows Mobile, Blackberry, Symbian, Android, dan Linux Mobile. Mengenai harga yang ditawarkan, belum diketahui dengan pasti

Filed in: Berita, Tekhnologi

No comments yet.

Leave a Reply