Yesusku Hebat

0
33

Kisah Yesus dielu-elukan di Yerusalem terjadi pada masa raya Paskah, dimana banyak orang berkumpul untuk berziarah dan menyembelih domba sebagai korban. Dalam kerumunan banyak orang dari berbagai tempat itulah Yesus memasuki kota Yerusalem dengan menunggang keledai muda. Karena belum pernah ditunggangi, keledai ini mendukung maksud suci Tuhan Yesus. Mengapa Yesus naik keledai, bukan kuda yang gagah perkasa? Di situlah menariknya, karena kuda adalah hewan tunggangan untuk perang, sedangkan keledai adalah hewan tunggangan untuk berdamai. Jadi, ketika Yesus disambut dengan seruan “Hosana…hosana…” sebagai raja, Dia menampilkan diri-Nya sebagai raja damai, yang melakukan cara-cara penuh damai bukan perbuatan menghancurkan, penuh hukuman ataupun balas dendam.

Peristiwa ini mengajak kita untuk meneladan Yesus Sang Raja Damai untuk menyikapi hidup dengan cara yang damai juga. Kehadiran kita seharusnya mendamaikan dan selalu menciptakan keadaan damai.

PERSIAPAN CERITA
Sebaiknya ada 1 orang yang diajak bermain peran, dengan memakai jubah / kain putih. (bisa salah satu pamong, atau remaja atau anak2 sendiri). Disiapkan daun palem untuk masing-masing anak. Alangkah baiknya jika ibadah dilakukan outdoor, di laur ruangan.

CERITA
Adik-adik.. pernah melihat kunjungan presiden? Bagaimana suasananya? Menurut adik-adik orang-orang yang dikunjungi itu senang atau sedih ketika Presiden datang? Pasti senang sekali ya..ada yang melambaikan tangan, ada yang melambaikan bendera…rame dan meriah ya.. (perlihatkan gambar atau video kunjungan presiden).

Suasana meriah juga pernah terjadi di Yerusalem ketika Tuhan Yesus datang ke kota itu dengan mengendarai keledai. Mengapa keledai? Karena ini hewan tunggangan untuk berdamai. Berbeda dengan kuda yanga dalah hewan tunggangan untuk berperang. Semua orang berbahagia menyambut Yesus yang melakukan banyak perbuatan damai dengan menyembuhkan, membantu dan mengajar banyak orang. Kemeriahan kedatangan Yesus masuk ke Yerusalem itu ditunjukkan dengan orang-orang yang menghamparkan pakaian di jalan dan menyebarkan ranting hijau… serta mengatakan “Hosana..hosana… diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan” (anak-anak diminta untuk mempraktekkan, pemeran Yesus masuk.. ranting-ranting dilambaikan dan diletakkan di lantai sembari berseru “Hosana…hosana…”

Mengapa Yesus disambut meriah di kota Yerusalem? Karena Yesus yang baik telah berbuat baik kepada banyak orang. Contohnya : menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati, memberi makan banyak orang dan banyak mujizat Tuhan lain yang dilihat banyak orang.

Siapa yang pernah sakit terus sembuh? Siapa yang selalu sehat? Siapa yang bisa makan dan kenyang? Itu semua karena kebaikan Tuhan Yesus yang memberkati kita. Jadi, adik-adik yang hebat.. mari terus memuji Tuhan Yesus atas kebaikan-Nya.vMari menjadi anak-anak Tuhan yang hebat dengan selalu berdamai dengan semua orang.

Dikutip dari : https://gkjw.or.id/tiar-balita/yesusku-hebat/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here