Seperti Anak Panah di Tangan Tuhan

0
19

Mazmur 127: 1-5
“ Seperti anak-anak panah ditangan pahlawan,demikianlah anak-anak pada masa muda.” (ay.4)

Alkitab jelaskan bahwa Tuhan kita adalah pahlawan yang memberi kemenangan ( Zefanya 3:17).

Sesungguhnya Tuhan memiliki rencana yang mulia untuk anak-anak muda Kristen yang sudah menyerahkan hidupnya kepada Dia. Tuhan ingin memakai anak-anak muda sebagai alat-Nya untuk menggenapi rencana-Nya di bumi.Tuhan mau anak-anak muda mendapat kemenangan dari segala dosa dan keinginan daging. Tetapi ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh anak-anak muda agar mereka menang dalam hidupnya dan dipakai Tuhan seperti yang dikatakan di ayat 4 bahwa ”seperti anak-anak panah ditangan pahlawan ( Tuhan),demikianlah anak-anak pada masa muda.”

  1. Harus dapat diarahkan.

Jika anak-anak muda mau dipakai Tuhan dan mendapatkan kemenangan yang luar biasa dari Tuhan, mereka harus mau diarahkan atau mau dididik dan diajar. Kegagalan banyak anak-anak muda selalu dimulai saat mereka tidak mau diajar atau diarahkan oleh orang-orang yang lebih tua, rohani dan dipakai Tuhan. Seperti anak panah yang sudah tidak bisa semaunya melesat kemana ia mau tetapi harus mau diarahkan oleh sang pemanah seharusnyalah anak-anak muda memiliki sikap hati yang sama bahwa hidup mereka sudah di tangan Tuhan dan diarahkan sesuai dengan yang Tuhan kehendaki.

  1. Harus berada di tangan yang tepat.

Jika anak-anak muda berada di tangan Tuhan, sesungguhnya mereka sudah berada di tangan yang tepat. Alkitab katakan bahwa tangan Tuhanlah yang memberi kemenangan. Jika anak muda ada di tangan Tuhan pasti mereka akan mengalami hidup yang berkemenangan yang datangnya dari Tuhan. Kemenangan yang memampukan anak muda menang dari segala dosa, menang dari hawa nafsu, menang dari godaan dunia dan sebagainya.

  1. Harus selalu siap diasah.

Seringkali sang pemanah harus mengasah anak panahnya agar lebih tajam dan runcing dengan maksud agar bisa menembus sasaran yang paling kuat dan merobek isi yang ada didalam sasaran tersebut. Tuhan harus mengasah anak-anak muda untuk menjadi lebih kuat,lebih siap, lebih tajam untuk mengalahkan iblis dan dosa.Tuhan mengasah anak muda dengan mengijinkan mereka menghadapi tekanan, senggolan antar mereka, godaan dan bahkan masalah-masalah untuk mengasah dan memurnikan iman percaya mereka kepada Tuhan. Jangan takut dan alergi melewati didikan dan pemurnian yang datang dari Tuhan.

Tuhan bukanlah sekedar pahlawan, tetapi pahlawan yang memberi kemenangan.Tuhan menginginkan anak-anak muda-Nya bangkit dan menjadi tentara serta mendapatkan kemenangan yang gilang-gemilang untuk menjadi saksi Tuhan bagi dunia ini.
By His Grace for me always,

Seperti dalam film-film kartun ataupun petualangan si pemanah hebat Robin Hood yang tidak pernah meleset tembakannya. Dalam kitab Mazmur 127 ayat 4 berbunyi ‘seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda’.

Sebagai anak anak Allah mau tidak mau suatu tanggung jawab telah ada di punggung kita yaitu menjadi anak-anak Tuhan yang menjadi teladan yang baik bagi semua orang, menjadi terang dimanapun dan berani tampil beda. Setidaknya anak panah yang siap diluncurkan terdiri dari 3 bagian penting yaitu  batang panah, ujung panah yang runcing, dan bulu.

  1. Batang panah ini dibuat dari alang-alang (bukan alang-alang di sekitar Ubaya lho!) yang dibersihkan, diluruskan,  disisik dengan sebilah pisau tajam, dan tentunya pasti sakit sekali untuk dibersihkan seperti itu.

Hal ini berbicara mengenai pembentukan anak-anak Allah yang bermula dari alang-alang yang tidak berguna dan penuh rintangan untuk menggenapi tujuan Allah, Tuhan Yesus membentuk, membersihkan dosa dosa kita agar dapat dipakai olah- Nya walaupun itu sangat sakit bagi daging kita. Tapi, percayalah sobat! Semua pembentukan Allah untuk kita adalah yang terbaik untuk mengubahkan kita, Dialah sumber segala kekuatan, dan Dialah yang akan menguatkan kita (Fil 4:13).

  1. Ujung panah yang runcing ini digunakan sebagai sarana untuk menancapkan panah ini pada sasaran.

Panah tanpa ujung panah tidak akan dapat berguna bagi si pemanah. Ujung yang runcing ini berbicara mengenai talenta, karunia, kemampuan yang sudah Yesus berikan kepada masing-masing kita untuk menggenapi rencana-Nya, anak panah yang mampu mengenai sasaran Allah.
Kawan, apakah  talentamu? jangan sampai kita melalaikan talenta dan kepercayaan Tuhan kepada kita. Apa yang bisa kita perbuat untuk kemuliaan Tuhan, lakukan dengan sungguh sungguh dan sukacita. Masih ingat akan perumpamaan hamba hamba yang diberikan talenta oleh tuannya? (Lukas 25:1-30) bukankah hamba yang tidak mengembangkan talentanya dikatakan jahat dan malas? berhati-hatilah akan kepercayaan Tuhan Yesus yang sudah diberikan pada kita.

  1. Bulu yang ada di pangkal panah ini digunakan untuk menyeimbangkan anak panah saat akan diluncurkan.

Peranan Roh Kudus sangatlah penting sebagai penyetabil kehidupan rohani kita. Janganlah kita menjadi anak Tuhan yang terombang ambing mengikuti jaman yang tidak tentu ini, bulu ini haruslah stabil agar tepat pada sasaran yang diinginkan. Perjalanan kita iring Dia seringkali diwarnai juga oleh penderitaan dan ujian, tetapi janganlah kita jatuh bangun dalam dosa. Kadang begitu bersemangat dalam pelayanan seakan dialah yang paling kuat, kemudian jatuh dan tidak berdaya apa apa. Kita sudah mati bagi dosa dan kita hidup bagi Yesus (Roma 5 :11).
Ada beberapa dosa yang merintangi pembuatan anak panah kita ini, pertama adalah dosa pemberontakan. Suatu usaha untuk tidak mau taat akan otoritas pemimpin rohani kita, memberontak dan menuruti keinginan sendiri, termasuk memberontak terhadap Tuhan. Kelembutan hati adalah faktor mutlak untuk dibentuk oleh Penjunan kita. Dosa yang kedua adalah sebaliknya yaitu dosa rendah diri. Rasa rendah diri yang menganggap kita tidak mampu berbuat apa-apa akan menghalangi rencana Allah dalam kita. Begini tidak mau, begitu tidak bisa, dan selalu menuding orang lain untuk melakukannya. Seringkali kita melakukannya bukan ? Marilah kita hindari dosa dosa itu, melangkahlah dengan berani, kamu bisa melakukannya dan ingat! janganlah memberontak!!

Bagaimana juga anak panah diluncurkan tanpa hadirnya pahlawan ? Pahlawan adalah orang orang yang bertanggung jawab sebagai pemimpin yang memiliki otoritas untuk mengarahkan kemana anak panah akan diluncurkan sesuai visi dan sasarannya. Selain menjadi anak panah, pahlawan ini sangatlah penting untuk peka akan suara Allah, kemana ia akan mengarahkan anak panah itu. Diperlukan pahlawan-pahlawan yang militan dan seorang pemimpin yang dipercaya untuk melakukan tugas ini.

Hai kawan-kawan muda !! Jadilah anak panah yang benar benar mampu diluncurkan kemanapun dan dimanapun Allah inginkan !!!!

Dikutip dari : http://www.jamesmuaja.com/seperti-anak-panah-di-tangan-tuhan/

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here